Gender Analysis Pathway
Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata

Langkah 1 Langkah 2 Langkah 3 Langkah 4 Langkah 5 Langkah 6 Langkah 7 Langkah 8 Langkah 9
Pilih Kebijakan/Program/Kegiatan yang akan dianalisis Data Pembuka Wawasan Isu Gender Kebijakan dan Rencana Ke Depan Pengukuran Hasil
Faktor Kesenjangan Sebab Kesenjangan Internal Sebab Kesenjangan Eksternal Reformulasi Tujuan Rencana Aksi Data Dasar (Base-line) Indikator Gender
1 2 3 4 5 6 7 8 9
Program:
Pemasaran Pariwisata
Kegiatan:
Peningkatan Promosi dan Event Wisata
Sub Kegiatan:
Fasilitasi Kegiatan Pemasaran Pariwisata Baik Dalam dan Luar Negeri Pariwisata Kabupaten/Kota
Tujuan Sub Kegiatan:
1. Pengenalan dan promosi potensi pariwisata, seni budaya , serta sejarah Kota Surabaya. 2. Pengembangan pengetahuan untuk sadar wisata, seni budaya dan sejarah Kota Surabaya khususnya bagi generasi muda Surabaya
Data Umum:
Proyeksi Penduduk Kota Surabaya Tahu 2020 rentang usia 15-24 tahun (data BPS Kota Surabaya) L : 253.103 orang P : 265.182 orang
-
-
-
-
Akses:
Jumlah peserta yang mendaftar: L : 58 orang (27,49%) P : 153 orang (72,51%)
Partisipasi:
Peserta yang lolos seleksi (sampai tahap akhir): L : 15 orang (50%) P : 15 orang (50%) Peserta yang tidak lolos seleksi (sampai tahap akhir) L : 43 orang (23,76%) P : 138 (76,24%)
Kontrol:
Pejabat pengampu yang melakukan pengawasan : Eselon II : L : 0 P : 1 Eselon III: L : 0 P : 1 Eselon IV : L : 0 P :1
Manfaat:
Tersedianya SDM Cak dan Ning yang berkompeten untuk mempromosikan potensi pariwisata, seni budaya, serta sejarah Kota Surabaya L : 15 orang (50%) P : 15 orang (50%)
Tidak adanya media KIE tentang konsep Gender 1. Perempuan lebih menyukai mengikuti kontes daripada laki-laki 2. Adanya anggapan di masyarakat bahwa konteks tidak penting untuk laki-laki 1. Meningkatnya pemahaman promosi potensi pariwisata, seni budayaserta sejarah Kota Surabaya baik laki-laki maupun perempuan 2. Meningkatnya pengetahuan untuk sadar wisata, seni budaya dan sejarah Kota Surabaya baik laki-laki maupun perempuan 1. Meningkatkan informasi terkait pemilihan duta wisata 2. Meningkatkan kapasitas duta wisata yang akan dikirim untuk event pariwisata 3. sosialisasi tentang kegiatan Cak dan Ning 4. Roadshow ditempat publik 5. Aktivitas sosial pada masyarakat Jumlah peserta yang mendaftar : L : 58 orang (27,49%) P : 153orang (72, 51%) Peserta yang lolos seleksi tahap I: L : 15 orang (50%) P : 15 orang (50%) Peserta yang tidak lolos seleksi (sampai tahap akhir): L : 43 orang (23,76%) P : 138 orang (76,24%) Tersedianya SDM Cak Ning yang berkompeten untuk mempromosikan pariwisata Kota Surabaya: L : 15 orang (50%) P : 15 orang (50%)
Output:
Meningkatnya jumlah peserta yang mendaftar : Laki-laki dari 58 orang (27,49%) menjadi 68 orang (28,33%) Perempuan dari 153 orang (72,51%) menjadi 172 orang (71,67%)
Outcome:
Tercapaianya SDM Cak dan Ning yang berkompeten untuk mempromosikan potensi pariwisata, seni budaya serta sejarah kota surabaya