Langkah 1 | Langkah 2 | Langkah 3 | Langkah 4 | Langkah 5 | Langkah 6 | Langkah 7 | Langkah 8 | Langkah 9 |
---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Pilih Kebijakan/Program/Kegiatan yang akan dianalisis | Data Pembuka Wawasan | Isu Gender | Kebijakan dan Rencana Ke Depan | Pengukuran Hasil | ||||
Faktor Kesenjangan | Sebab Kesenjangan Internal | Sebab Kesenjangan Eksternal | Reformulasi Tujuan | Rencana Aksi | Data Dasar (Base-line) | Indikator Gender | ||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 |
Program:
1.01.02 Program Pengelolaan Pendidikan
Kegiatan:
1.01.02.2.01 Pengelolaan Pendidikan Sekolah Dasar
Sub Kegiatan:
1.01.02.2.01.28 Pembinaan Kelembagaan dan Manajemen Sekolah
Tujuan Sub Kegiatan:
Meningkatkanya Mutu Kelembagaan dan Managemen Sekolah Dasar |
Data Umum:
Jumlah kepala SD/MI: L: 463 (58,39%) P: 330 (41,61%)
Akses :
Adanya kesamaan
akses untuk
mendapatkan
peningkatan dan
pemetaan mutu
kelembagaan Sekolah
Dasar
L: 463 (58,39%)
P: 330 (41,61%)
Partisipasi :
Jumlah kepala SD/MI
yang mengikuti
peningkatan dan
pemetaan mutu
kelembagaan Sekolah
Dasar
L: 463 (58,39%)
P: 330 (41,61%)
Kontrol :
Pejabat pengampu
kegiatan
Eselon II :
L : 1
P : 0
Eselon III :
L : 0
P : 1
Eselon IV :
L : 0
P : 1
Manfaat :
Agar Lembaga
Pendidikan dapat
meningkatkan mutunya
sesuai dengan Standar
Nasional Pendidikan
L: 463 (58,39%)
P: 330 (41,61%)
|
Akses:
Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan peningkatan dan pemetaan mutu kelembagaan Sekolah Dasar L: 463 (58,39%) P: 330 (41,61%)
Partisipasi:
Proporsi jumlah kepala SD/MI laki-laki lebih besar daripada kepala SD/MI perempuan
Kontrol:
Pejabat pengawas subkegiatan Pembinaan Kelembagaan dan Manajemen Sekolah didominasi oleh perempuan.
Manfaat:
Agar Lembaga Pendidikan dapat meningkatkan mutunya sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan |
1. Masih adanya SDM di PD terkait yang belum memahami konsep gender 2. Belum terciptanya budaya organisasi yang ramah terhadap salah satu gender | Mayoritas kepala SD/MI adalah laki-laki, karena dianggap lebih mampu menjadi top leader di sekolah. | Memantau pelaksanaan Pembinaan Kelembagaan dan Manajemen Sekolah yang responsive gender | Sosialisasi Pembinaan Kelembagaan dan Manajemen Sekolah | Data pelaksanaan Peningkatan dan Pemetaan Mutu Kelembagaan Sekolah Dasar sebagai berikut: L: 463 (58,39%) P: 330 (41,61%) |
Output:
Output Jumlah lembaga yang mendapatkan Peningkatan dan Pemetaan Mutu Kelembagaan Sekolah Dasar 260 lembaga
Outcome:
Outcome Ketepatan waktu pelayanan perizinan bidang pendidikan 100% |