Gender Analysis Pathway
Dinas Pendidikan

Langkah 1 Langkah 2 Langkah 3 Langkah 4 Langkah 5 Langkah 6 Langkah 7 Langkah 8 Langkah 9
Pilih Kebijakan/Program/Kegiatan yang akan dianalisis Data Pembuka Wawasan Isu Gender Kebijakan dan Rencana Ke Depan Pengukuran Hasil
Faktor Kesenjangan Sebab Kesenjangan Internal Sebab Kesenjangan Eksternal Reformulasi Tujuan Rencana Aksi Data Dasar (Base-line) Indikator Gender
1 2 3 4 5 6 7 8 9
Program:
1.01.02 Program Pengelolaan Pendidikan
Kegiatan:
1.01.02.2.03 Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Sub Kegiatan:
1.01.02.2.03.11 Penyediaan Biaya Personil Peserta Didik PAUD
Tujuan Sub Kegiatan:
mendorong sekolah untuk memenuhi standar nasional pendidikan sebagaimana diamanatkan dalam peraturan perundangundangan
Data Umum:
Jumlah Siswa PAUD: L: 40.302 (51,03%) P: 38.669 (48,97%)
Adanya kesamaan akses jumlah lembaga yang mendapatkan Biaya personil Peserta Didik PAUD L: 40.302 (51,03%) P: 38.669 (48,97%)
Jumlah Siswa PAUD: L: 40.302 (51,03%) P: 38.669 (48,97%)
Pejabat pengampu kegiatan Eselon II :L : 1 P : 0 Eselon III : L : 1 P : 0 Eselon IV : L : 1 P : 0
jumlah lembaga yang mendapatkan Biaya personil Peserta Didik PAUD L: 40.302 (51,03%) P: 38.669 (48,97%)
Akses:
Adanya kesamaan akses untuk jumlah lembaga yang mendapatkan Biaya personil Peserta Didik PAUD L: 40.302 (51,03%) P: 38.669 (48,97%)
Partisipasi:
Proporsi jumlah lembaga yang mendapatkan Biaya personil Peserta Didik PAUD
Kontrol:
Pejabat pengawas subkegiatan Penyediaan Biaya Personil Peserta Didik PAUD didominasi oleh laki-laki
Manfaat:
Mencukupi kebutuhan biaya operasional satuan pendidikan PAUD dan meringankan beban masyarakat terhadap pembiayaan pendidikan
1. Masih adanya SDM di PD terkait yang belum memahami konsep gender 2. Belum terciptanya budaya organisasi yang ramah terhadap salah satu gender Mayoritas Siswa PAUD adalah laki-laki, karena dianggap lebih mampu berpartisipasi di sekolah. Pemerataan dan perluasan akses pendidikan di kota Surabaya dan evaluasi yang responsive gender Biaya non personalia digunakan untuk : a. biaya alat tulis sekolah (ATS); b. biaya bahan dan alat habis pakai (BAHP); c. pemeliharaan dan perbaikan ringan; d. biaya transport; e. biaya konsumsi; f. biaya pembinaan siswa/ekstrakuri kuler; g. biaya pelaporan; h. biaya peningkatan mutu pendidik dan tenagakependidi kan; i. biaya pengembangan kurikulum; j. pembelian/ pengadaan sarana dan prasaranapemb elajaran; k. biaya daya dan jasa; Data Jumlah Siswa PAUD yang mendapatkan Biaya Personil Peserta Didik PAUD : L: 40.302 (51,03%) P: 38.669 (48,97%)
Output:
Jumlah Lembaga yang mendapatkan Biaya personil Peserta Didik PAUD 2 lembaga
Outcome:
Presentase lembaga PAUD berkualitas : 83.33%