Gender Analysis Pathway
Dinas Pendidikan

Langkah 1 Langkah 2 Langkah 3 Langkah 4 Langkah 5 Langkah 6 Langkah 7 Langkah 8 Langkah 9
Pilih Kebijakan/Program/Kegiatan yang akan dianalisis Data Pembuka Wawasan Isu Gender Kebijakan dan Rencana Ke Depan Pengukuran Hasil
Faktor Kesenjangan Sebab Kesenjangan Internal Sebab Kesenjangan Eksternal Reformulasi Tujuan Rencana Aksi Data Dasar (Base-line) Indikator Gender
1 2 3 4 5 6 7 8 9
Program:
Program: 1.01.02 Program Pengelolaan Pendidikan
Kegiatan:
1.01.02.2.03 Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Sub Kegiatan:
1.01.02.2.03.13 Penyelenggaraan Proses Belajar PAUD
Tujuan Sub Kegiatan:
Guna meningkatkan kompetensi dan menambah wawasan Pendidik PAUD dalam menjalankan tugasnya
Data Umum:
Jumlah penerima jaspel pendidik PAUD L: 66 (0,84%) P: 7.747 (99,16%)
Akses : Jumlah pendidik yang mendapatkan jaspel pendidik PAUD L: 66 (0,84%) P: 7.747 (99,16%)
Partisipasi : Jumlah pendidik yang berpartisipasi mendapatkan jaspel pendidik PAUD L: 66 (0,84%) P: 7.747 (99,16%)
Kontrol : Pejabat pengampu kegiatan Eselon II : L : 1 P : 0 Eselon III : L : 1 P : 0 Eselon IV : L : 0 P : 1
Jumlah pendidik yang mendapatkan reward berupa jaspel pendidik PAUD L: 66 (0,84%) P: 7.747 (99,16%)
Akses:
Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan jaspel pendidik PAUD L: 66 (0,84%) P: 7.747 (99,16%)
Partisipasi:
Jumlah pendidik PAUD perempuan lebih banyak yang berpartisipasi mendapatkan jaspel dibandingkan pendidik PAUD laki-laki
Kontrol:
Pejabat pengawas subkegiatan Penyelenggaraan Proses Belajar PAUD didominasi oleh laki-laki
Manfaat:
Guna meningkatkan kompetensi dan menambah wawasan Pendidik PAUD dalam menjalankan tugasnya
1. Masih adanya SDM di PD terkait yang belum memahami konsep gender 2. Belum terciptanya budaya organisasi yang ramah terhadap salah satu gender Mayoritas pendidik PAUD adalah perempuan, sebab perempuan lebih sabar dan ulet dan bisa mengayomi peserta didik usia dini Meningkatkan kompetensi dan menambah wawasan Pendidik PAUD baik bagi pendidik laki-laki maupun perempuan 1. Verifikasi Faktual dan monitoring evaluasi Jasa Pelayanan Tenaga Pendidik PAUD 2. Pencairan jaspel pendidik PAUD Data penerima jaspel pendidik PAUD sebagai berikut: L: 66 (0,84%) P: 7.747 (99,16%)
Output:
Jumlah Lembaga PAUD yang menyelenggarak an proses belajar PAUD 1.335 lembaga
Outcome:
Persentase lembaga PAUD berkualitas 83,33%