Gender Analysis Pathway
Dinas Pendidikan

Langkah 1 Langkah 2 Langkah 3 Langkah 4 Langkah 5 Langkah 6 Langkah 7 Langkah 8 Langkah 9
Pilih Kebijakan/Program/Kegiatan yang akan dianalisis Data Pembuka Wawasan Isu Gender Kebijakan dan Rencana Ke Depan Pengukuran Hasil
Faktor Kesenjangan Sebab Kesenjangan Internal Sebab Kesenjangan Eksternal Reformulasi Tujuan Rencana Aksi Data Dasar (Base-line) Indikator Gender
1 2 3 4 5 6 7 8 9
Program:
Program Pengelolaan Pendidikan
Kegiatan:
1.01.02.2.03.16 Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan PAUD
Sub Kegiatan:
1.01.02.2.03.16 Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan PAUD
Tujuan Sub Kegiatan:
Memberikan apresiasi serta menunjang kegiatan pelayanan kepada masyarakat, warga pelayan masyarakat diberikan Biaya Jasa Pelayanan.
Data Umum:
Jumlah pendidik penerima jaspel PAUD di Kota Surabaya: L: 7.844 (99,12%) P: 70 (0,88%)
Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan informasi tentang Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan PAUD: L: 7.844 (99,12%) P: 70 (0,88%)
Jumlah pendidik penerima jaspel PAUD Laki-laki: 7.844 (99,12%) Siswa Perempuan: 70 (0,88%)
Pejabat pengampu kegiatan Eselon II : L : 1 P : 0 Eselon III : L : 0 P : 1 Eselon IV : L : 0 P : 1
Tersedianya pendidik PAUD yang mampu meningkatkan kualitas belajar mengajar di tingkat PAUD L: 7.844 (99,12%) P: 70 (0,88%)
Akses:
Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan informasi tentang Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan PAUD. Namun jumlah pendidik perempuan penerima jaspel PAUD lebih rendah. Laki-laki: 0,88% Perempuan: 99,12%
Partisipasi:
Proporsi jumlah Pendidik penerima jaspel PAUD lebih rendah laki-laki daripada perempuan.
Kontrol:
Pejabat pengawas Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan PAUD didominasi oleh perempuan
Manfaat:
Proporsi Pendidik PAUD laki-laki yang mendapatkan tambahan penghasilan masih rendah
1. Adanya keterbatasan kuantitas dan kualitas SDM perihal Pembangunan pengarusutam aan Gender 2. Adanya keterbatasan anggaran. Adanya persepsi masyarakat bahwa bunda PAUD identik dengan perempuan. Meningkatkan kualitas Pendidikan Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan PAUD berupa 1. Diberikan per triwulan 2. Pemberian Jasa Pelayanan ini di berikan kepada pendidik PAUD meliputi : a. Pendidik TK/KB/TPA : di berikan sebesar 300.000/ bulan b. Pendidik PPT (SPS) : di berikan sebesar 500.000/bulan c. Pendidik TK yang menempati balai RW di berikan 500.000/ bulan 3. Diberikan pada satuan pendidikan yang mempuyai ijin operasional yang masih aktif Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan informasi tentang Pengembang an Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan PAUD P: 7.844 (99,12%) L: 70 (0,88%) Jumlah pendidik penerima jaspel PAUD di Kota Surabaya: Perempuan: 7.844 (99,12%) Laki-laki: 70 (0,88%) Tersedianya pendidik PAUD yang mampu meningkatkan kualitas belajar mengajar di tingkat PAUD di Kota Surabaya P: 7.844 (99,12%) L: 70 (0,88%)
Output:
Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan informasi tentang Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan PAUD Perempuan dari 7.844 (99,12%) menjadi 8.844 (99,10%) Laki-laki dari 70 (0,88%) menjadi 80 (0.90%) Meningkatnya jumlah pendidik penerima jaspel PAUD Perempuan dari 7.844 (99,12%) menjadi 8.844 (99,10%) Laki-laki dari 70 (0,88%) menjadi 80 (0.90%)
Outcome:
Tersedianya pendidik PAUD yang mampu meningkatkan kualitas belajar mengajar di tingkat PAUD di Kota Surabaya Laki-laki dari 7.844 (99,12%) menjadi 8.844 (99,10%) Perempuan dari 70 (0,88%) menjadi 80 (0.90%)