Gender Analysis Pathway
Dinas Pendidikan

Langkah 1 Langkah 2 Langkah 3 Langkah 4 Langkah 5 Langkah 6 Langkah 7 Langkah 8 Langkah 9
Pilih Kebijakan/Program/Kegiatan yang akan dianalisis Data Pembuka Wawasan Isu Gender Kebijakan dan Rencana Ke Depan Pengukuran Hasil
Faktor Kesenjangan Sebab Kesenjangan Internal Sebab Kesenjangan Eksternal Reformulasi Tujuan Rencana Aksi Data Dasar (Base-line) Indikator Gender
1 2 3 4 5 6 7 8 9
Program:
1.01.02 Program Pengelolaan Pendidikan
Kegiatan:
1.01.02.2.03 Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Sub Kegiatan:
1.01.02.2.03.17 Pembinaan Kelembagaan dan Manajemen PAUD
Tujuan Sub Kegiatan:
-Untuk melakukan pembinaan terhadap lembaga PAUD -Mendorong PAUD agar meningkatkan mutu/ kualitasnya
Data Umum:
Jumlah kepala TK L: 15 (1,19%) P: 1.248 (98,81%)
Adanya kesamaan akses untuk mengikuti pembinaan kelembagaan dan manajemen PAUD. L: 15 (1,19%) P: 1.248 (98,81%)
Jumlah kepala TK yang mengikuti pembinaan kelembagaan dan manajemen PAUD. L: 15 (1,19%) P: 1.248 (98,81%)
Pejabat pengampu kegiatan Eselon II : L : 1 P : 0 Eselon III : L : 1 P : 0 Eselon IV : L : 1 P : 0
Jumlah kepala TK yang mendapatkan pembinaan kelembagaan dan manajemen PAUD L: 15 (1,19%) P: 1.248 (98,81%)
Akses:
Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan pembinaan kelembagaan dan manajemen PAUD. L: 15 (1,19%) P: 1.248 (98,81%)
Partisipasi:
Proporsi jumlah kepala TK perempuan lebih besar daripada kepala TK laki-laki
Kontrol:
Pejabat pengawas subkegiatan Pembinaan Kelembagaan dan Manajemen PAUD didominasi oleh lakilak
Manfaat:
Pembinaan kelembagaan dan manajemen PAUD yang berkualitas
1. Masih adanya SDM di PD terkait yang belum memahami konsep gender 2. Belum terciptanya budaya organisasi yang ramah terhadap salah satu gender Mayoritas kepala TK adalah perempuan, karena dianggap lebih mampu mengayomi peserta didik usia dini Pembinaan kelembagaan dan manajemen PAUD yang berkualitas 1. Pendampingan Satuan PAUD untuk Akreditasi, Dapodik, Profil, Pengisian Aplikasi PAUD 2. Pelayanan Perijinan 3. Mendukung program kerja bunda PAUD Kota Surabaya meliputi kegiatan: a. Pengukuhan Bunda PAUD Kecamatan dan Kelurahan b. Peresmian Graha Bunda PAUD, Teacher Learning Center dan Launching PAUD Percontohan c. Penyusunan Grand Design PAUD HI d. Sosialisasi kebijakan pemerintah daerah terkait penyelenggara an, dasar hukum PAUDHI atau gugus tugas PAUDHI e. Peningkatan kapasitas penyelenggara an PAUDHI di satuan PAUD f. Kelas Inspirasi Bunda PAUD g. Bunda PAUD Mendongeng h. Bunda PAUD Menyapa (Roadshow) PPDB PAUD HI Percontohan i. Pelatihan Komputer Bagi Tenaga Pendidik PPT (PAUD) j. Pelatihan Penanganan Inklusi bagi Tenaga Pendidik PAUD k.Pendampinga n Satuan PAUD untuk Akreditasi, Dapodik, Profil, Pengisian Aplikasi PAUD l. Awarding PAUD HI Berprestasi dan Apresiasi Bunda PAUD Tk. Kota Surabaya m. Proses Pembelajaran di PPT melalui model tutorial pembuatan video Data pelaksanaa n pembinaan kelembagaa n dan manajemen PAUD sebagai berikut: L: 15 (1,19%) P: 1.248 (98,81%)
Output:
Jumlah Lembaga yang mendapatkan Pembinaan Kelembagaan dan manajemen PAUD 878 lembaga
Outcome:
Persentase lembaga PAUD berkualitas 83,33%