Langkah 1 | Langkah 2 | Langkah 3 | Langkah 4 | Langkah 5 | Langkah 6 | Langkah 7 | Langkah 8 | Langkah 9 |
---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Pilih Kebijakan/Program/Kegiatan yang akan dianalisis | Data Pembuka Wawasan | Isu Gender | Kebijakan dan Rencana Ke Depan | Pengukuran Hasil | ||||
Faktor Kesenjangan | Sebab Kesenjangan Internal | Sebab Kesenjangan Eksternal | Reformulasi Tujuan | Rencana Aksi | Data Dasar (Base-line) | Indikator Gender | ||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 |
Program:
1.01.02 Program Pengelolaan Pendidikan
Kegiatan:
1.01.02.2.02 Pengelolaan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama
Sub Kegiatan:
1.01.02.2.03.18 Pengelolaan Dana BOP PAUD
Tujuan Sub Kegiatan:
Untuk meningkatkan layanan pendidikan dan membantu pembiayaan penyelenggaraan pendidikan anak usia din |
Data Umum:
Jumlah Siswa PAUD: L: 40.302 (51,03%) P: 38.669 (48,97%)
Adanya
kesamaan akses
Jumlah lembaga
yang
mendapatkan
penyediaan
bantuan
operasional
penyelenggaraan
PAUD yang
dibiayai dari Dana
Alokasi Khusus
(DAK) Non Fisik
L: 40.302
(51,03%)
P: 38.669 (48,97%)
Jumlah Siswa
PAUD :
L: 40.302
(51,03%)
P: 38.669
(48,97%)
Kontrol :
Pejabat
pengampu
kegiatan
Eselon II :
L : 1
P : 0
Eselon III :
L : 1
P : 0
Eselon IV :
L : 1
P : 0
Jumlah lembaga
yang
mendapatkan
penyediaan
bantuan
operasional
penyelenggaraan
PAUD yang dibiayai dari Dana
Alokasi Khusus
(DAK) Non Fisik
L: 40.302
(51,03%)
P: 38.669
(48,97%
|
Akses:
Adanya kesamaan akses Jumlah lembaga yang mendapatkan penyediaan bantuan operasional penyelenggaraan PAUD yang dibiayai dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik L: 40.302 (51,03%) P: 38.669 (48,97%)
Partisipasi:
Proporsi jumlah Siswa PAUD laki-laki lebih besar daripada jumlah Siswa PAUD perempuan
Kontrol:
Pejabat pengawas subkegiatan Pengelolaan Dana BOP PAUD didominasi oleh laki-laki.
Manfaat:
Lembaga PAUD yang mendapatkan bantuan operasional dari pemerintah pusat |
1. Masih adanya SDM di PD terkait yang belum memahami konsep gender 2. Belum terciptanya budaya organisasi yang ramah terhadap salah satu gende | Mayoritas Siswa PAUD adalah laki-laki, karena dianggap lebih mampu berpartisipasi di sekolah. | Untuk meningkatkan layanan pendidikan dan membantu pembiayaan penyelenggara an pendidikan anak usia dini yang responsif gender | Berdasarkan Permendikbud No. 15 Tahun 2021 , maka pemberian bantuan operasional kepada sekolah dilakukan dengan tahapan : a. memiliki nomor pokok sekolah nasional yang terdata pada Dapodik; b. mengisi dan melakukan pemutakhiran Dapodik sesuai dengan kondisi riil di Satuan Pendidikan; c. memiliki jumlah Peserta Didik paling sedikit 9 (sembilan) Peserta Didik d. bukan merupakan satuan pendidikan kerja sama | Data Jumlah Siswa PAUD yang mendapatkan penyediaan bantuan operasional penyelenggar aan PAUD: L: 40.302 (51,03%) P: 38.669 (48,97%) |
Output:
Jumlah lembaga yang mendapatkan penyediaan bantuan operasional penyelenggaraa n PAUD yang dibiayai dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik 2.592 lembaga
Outcome:
Persentase lembaga PAUD berkualitas: 83,33% |