Gender Analysis Pathway
Dinas Pendidikan

Langkah 1 Langkah 2 Langkah 3 Langkah 4 Langkah 5 Langkah 6 Langkah 7 Langkah 8 Langkah 9
Pilih Kebijakan/Program/Kegiatan yang akan dianalisis Data Pembuka Wawasan Isu Gender Kebijakan dan Rencana Ke Depan Pengukuran Hasil
Faktor Kesenjangan Sebab Kesenjangan Internal Sebab Kesenjangan Eksternal Reformulasi Tujuan Rencana Aksi Data Dasar (Base-line) Indikator Gender
1 2 3 4 5 6 7 8 9
Program:
Program Pengelolaan Pendidikan
Kegiatan:
1.01.02.2.01.27 Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Sekolah Dasar
Sub Kegiatan:
1.01.02.2.01.27 Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Sekolah Dasar
Tujuan Sub Kegiatan:
Tujuan pelaksanaan Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Sekolah Dasar adalah Tersedianya Guru (Pendidik) dan Tenaga Kependidikan yang diharapkan dengan kualifikasi dan kemampuannya dapat melaksanakan pekerjaan dengan baik dan berkualitas.sesua i dengan Undang-undang Sisdiknas No 20 tahun 2003 yang menyatakan bahwa Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan dan akhlak yang mulia.
Data Umum:
Jumlah GTK yang mengikuti kegiatan Pengembanga n Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Sekolah Dasar di Kota Surabaya : L : 3.106 (26,64%) P : 8.553 (73,36%)
Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan informasi tentang Pengembanga n Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Sekolah Dasar L : 3.106 (26,64%) P : 8.553 (73,36%)
Jumlah GTK yang mengikuti kegiatan Pengembanga n Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Sekolah Dasar: Laki-laki: 3.106 (26,64%) Perempuan: : 8.553 (73,36%)
Pejabat pengampu kegiatan Eselon II : L : 1 P : 0 Eselon III : L : 0 P : 1 Eselon IV : L : 0 P : 1
Tersedianya GTK yang mengikuti kegiatan Pengembanga n Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Sekolah Dasar L : 3.106 (26,64%) P : 8.553 (73,36%)
Akses:
Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan informasi tentang Fasilitasi Pengembanga n Guru dan Tenaga Kependidikan. Namun jumlah GTK perempuan yang mengikuti kegiatan Fasilitasi Pengembangan Guru dan Tenaga Kependidikan masih rendah. Laki-laki: (26,64%) Perempuan: (73,36%)
Partisipasi:
Proporsi Jumlah GTK yang mengikuti kegiatan Pengembanga n Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Sekolah Dasar lebih rendah laki-laki daripada perempuan.
Kontrol:
Pejabat pengawas Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Sekolah Dasar didominasi oleh perempuan
Manfaat:
Proporsi GTK perempuan yang mengikuti kegiatan Pengembanga n Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Sekolah Dasar masih rendah
1. Adanya keterbatasan kuantitas dan kualitas SDM perihal Pembangunan pengarusutam aan Gender 2. Adanya keterbatasan anggaran. Adanya anggapan di masyarakat bahwa profesi guru diminati kaum perempuan, sehingga jumlah guru perempuan lebih banyak daripada laki- laki. Meningkatkan kualitas Pendidikan. Pengembang an Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Sekolah Dasar berupa : 1. Pengembang an Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru SD 2.Pengemba ngan Keprofesian Berkelanjutan bagi Pengawas SD 3.Pengemba ngan Keprofesian Berkelanjutan bagi Kepala SD 4. Penguatan Tim Penilai Angka Kredit. Penyelengga raan Pendidikan dan Pelatihan, narasumber yang menyampaik an materi adalah dari guru dan kepala sekolah yang telah mengikuti TOT, akademisi Perguruan Tinggi dan praktisi/pakar Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan informasi tentang Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Sekolah Dasar L : 3.106 (26,64%) P : 8.553 (73,36%) Jumlah GTK yang mengikuti kegiatan Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Sekolah Dasar: Laki-laki: 3.106 (26,64%) Perempuan: 8.553 (73,36%) Tersedianya GTK yang mengikuti kegiatan Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Sekolah Dasar L : 3.106 (26,64%) P : 8.553 (73,36%)
Output:
Output Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan informasi Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Sekolah Dasar Laki-laki dari 3.106 (26,64%) menjadi 3.126 (26,72%) Perempuan dari 8.553 (73,36%) menjadi 8.573 (73,28%) Meningkatnya GTK yang mengikuti kegiatan Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Sekolah Dasar: Laki-laki dari 3.106 (26,64%) menjadi 3.126 (26,72%) Perempuan dari 8.553 (73,36%) menjadi 8.573 (73,28%)
Outcome:
Tersedianya GTK yang mengikuti kegiatan Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Sekolah Dasar Laki-laki dari 3.106 (26,64%) menjadi 3.126 (26,72%) Perempuan dari 8.553 (73,36%) menjadi 8.573 (73,28%)