Gender Analysis Pathway
Dinas Pendidikan

Langkah 1 Langkah 2 Langkah 3 Langkah 4 Langkah 5 Langkah 6 Langkah 7 Langkah 8 Langkah 9
Pilih Kebijakan/Program/Kegiatan yang akan dianalisis Data Pembuka Wawasan Isu Gender Kebijakan dan Rencana Ke Depan Pengukuran Hasil
Faktor Kesenjangan Sebab Kesenjangan Internal Sebab Kesenjangan Eksternal Reformulasi Tujuan Rencana Aksi Data Dasar (Base-line) Indikator Gender
1 2 3 4 5 6 7 8 9
Program:
Program Pengelolaan Aplikasi Informatika
Kegiatan:
2.16.03.2.02.07 Pengembangan Aplikasi dan Proses Bisnis Pemerintahan Berbasis Elektronik
Sub Kegiatan:
2.16.03.2.02.07 Pengembangan Aplikasi dan Proses Bisnis Pemerintahan Berbasis Elektronik
Tujuan Sub Kegiatan:
1. Melaksanakan PPDB sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2021 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru pada Taman Kanak- Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, dan Sekolah Menengah Kejuruan 2. Melaksanakan kegiatan fasilitasi manajemen sesuai dengan tupoksi sungram
Data Umum:
Data Umum Jumlah yang terdaftar PPDB di Kota Surabaya : L : 21.083 (51,34%) P : 19.980 ( 48,66%)
Adanya kesamaan akses jumlah yang terdaftar PPDB di Kota Surabaya L : 21.083 (51,34%) P : 19.980 ( 48,66%)
Jumlah siswa yang mengikuti PPDB : Siswa Laki-laki: L : 21.083 (51,34%) Siswa Perempuan: P : 19.980 ( 48,66%)
Pejabat pengampu kegiatan Eselon II : L : 1 P : 0 Eselon III : L : 0 P : 1 Eselon IV : L : 1 P : 0
Tersedianya jumlah siswa yang terdaftar PPDB di Kota Surabaya L : 21.083 (51,34%) P : 19.980 ( 48,66%)
Akses:
Adanya kesamaan akses jumlah yang terdaftar PPDB. Namun jumlah siswa perempuan penerima biaya Pendidikan masih rendah. Laki-laki: (51,34%) Perempuan: (48,66%)
Partisipasi:
Proporsi jumlah siswa yang mengikuti PPDB lebih rendah perempuan daripada laki-laki.
Kontrol:
Pejabat pengawas kegiatan Pengembangan Aplikasi dan Proses Bisnis Pemerintahan Berbasis Elektronik didominasi oleh laki-laki
Manfaat:
Proporsi siswa perempuan yang mendapatkan pemerataan aksesbilitas dan kualitas pendidikan formal masih rendah Tersedianya siswa yang mampu melanjutkan ke jenjang Pendidikan selanjutnya
Adanya keterbatasan kuantitas dan kualitas SDM perihal Pembangunan pengarusutama an Gender 1. Adanya keterbatasan anggaran. 2. Mempertimba ngkan peraturan yang ada mengenai sistem PPDB 1. Adanya persepsi masyara kat bahwa Pendidik an untuk perempu an kurang penting. 2. Adanya anggapan di masyarakat tentang pencari nafkah utama didominasi laki- laki. Meningkatkan kualitas Pendidikan Pengembangan Aplikasi dan Proses Bisnis Pemerintahan Berbasis Elektronik berupa: 1. PPDB 2. Sosialisasi kegiatan PPDB 3. Sosialisasi aset 4. Sosialisasi keuangan 5. Sosialisasi profil sekolah dan dapodik Adanya kesamaan akses jumlah siswa yang terdaftar PPDB. Namun jumlah siswa perempuan yang terdaftar masih rendah. L : 21.083 (51,34%) P : 19.980 ( 48,66%) Jumlah siswa siswa yang mengikuti PPDB: Siswa Laki-laki: 21.083 (51,34%) Siswa Perempuan: 19.980 ( 48,66%) Tersedianya jumlah siswa yang terdaftar PPDB L : 21.083 (51,34%) P : 19.980 ( 48,66%) Atau Tersedianya Jumlah siswa siswa yang mengikuti PPDB L : 21.083 (51,34%) P : 19.980 ( 48,66%)
Output:
Adanya kesamaan akses jumlah siswa yang terdaftar PPDB Laki-laki dari 21.083 (51,34%) Menjadi 21.183 (51,34%) Perempuan dari 19.980 ( 48,66%) menjadi 20.080 (48,66%) Meningkatny a jumlah siswa yang mengikuti PPDB: Laki-laki dari 21.083 (51,34%) Menjadi 21.183 (51,34%) Perempuan dari 19.980 ( 48,66%) menjadi 20.080 (48,66%)
Outcome:
Tersedianya siswa yang mengikuti PPDB di Kota Surabaya Laki-laki dari 21.083 (51,34%) Menjadi 21.183 (51,34%) Perempuan dari 19.980 ( 48,66%) menjadi 20.080 (48,66%)