Gender Analysis Pathway
Dinas Pendidikan

Langkah 1 Langkah 2 Langkah 3 Langkah 4 Langkah 5 Langkah 6 Langkah 7 Langkah 8 Langkah 9
Pilih Kebijakan/Program/Kegiatan yang akan dianalisis Data Pembuka Wawasan Isu Gender Kebijakan dan Rencana Ke Depan Pengukuran Hasil
Faktor Kesenjangan Sebab Kesenjangan Internal Sebab Kesenjangan Eksternal Reformulasi Tujuan Rencana Aksi Data Dasar (Base-line) Indikator Gender
1 2 3 4 5 6 7 8 9
Program:
1.01.02 Program Pengelolaan Pendidikan
Kegiatan:
1.01.02.2.04 Pengelolaan Pendidikan Nonformal/Kesetar aa
Sub Kegiatan:
1.01.02.2.04.15 Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Nonformal/Kesetar aan
Tujuan Sub Kegiatan:
Meningkatkan kompetensi tenaga pendidik di lembaga pendidikan nonformal
Data Umum:
Jumlah tutor PKBM: L: 162 (35,06%) P: 300 (64,94%
Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan pengembangan karir. L: 162 (35,06%) P: 300 (64,94%)
Jumlah tutor PKBM yang mengikuti pengembangan karir L: 162 (35,06%) P: 300 (64,94%)
Pejabat pengampu kegiatan Eselon II : L : 1 P : 0 Eselon III : L : 1 P : 0 Eselon IV : L : 1 P : 0
Jumlah tutor PKBM yang mendapatkan pengembangan karir. L: 162 (35,06%) P: 300 (64,94%)
Akses:
Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan pengembangan karir L: 162 (35,06%) P: 300 (64,94%)
Partisipasi:
Proporsi jumlah tutor PKBM perempuan lebih besar daripada tutor PKBM laki-laki
Kontrol:
Pejabat pengawas subkegiatan Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Nonformal/Kesetaraa didominasi oleh lakilaki.
Manfaat:
Peningkatan pengembangan karir tutor PKBM di lembaga pendidikan nonformal
1. Masih adanya SDM di PD terkait yang belum memahami konsep gender 2. Belum terciptanya budaya organisasi yang ramah terhadap salah satu gender Mayoritas tutor PKBM adalah, karena perempuan dianggap lebih sabar dalam memberikan layanan Pendidikan kejar paket A/B/C Meningkatkan kompetensi tenaga pendidik di lembaga pendidikan nonformal sesuai standart penyelenggara an Pendidikan dan Pelatihan. Pelatihan setara Daring bagi pendidik di Pelatihan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Data pelaksanaan pengembang an karir tutor PKBM sebagai berikut: L: 162 (35,06%) P: 300 (64,94%)
Output:
Jumlah pendidik dan tenaga kependidikan non formal yang mendapatkan pelatihan 250 oran
Outcome:
Persentase guru yang mendapat pengembangan karir 19%