Langkah 1 | Langkah 2 | Langkah 3 | Langkah 4 | Langkah 5 | Langkah 6 | Langkah 7 | Langkah 8 | Langkah 9 |
---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Pilih Kebijakan/Program/Kegiatan yang akan dianalisis | Data Pembuka Wawasan | Isu Gender | Kebijakan dan Rencana Ke Depan | Pengukuran Hasil | ||||
Faktor Kesenjangan | Sebab Kesenjangan Internal | Sebab Kesenjangan Eksternal | Reformulasi Tujuan | Rencana Aksi | Data Dasar (Base-line) | Indikator Gender | ||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 |
Program:
1.01.02 Program Pengelolaan Pendidikan
Kegiatan:
1.01.02.2.04 Pengelolaan Pendidikan Nonformal/Kesetar aa
Sub Kegiatan:
1.01.02.2.04.15 Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Nonformal/Kesetar aan
Tujuan Sub Kegiatan:
Meningkatkan kompetensi tenaga pendidik di lembaga pendidikan nonformal |
Data Umum:
Jumlah tutor PKBM: L: 162 (35,06%) P: 300 (64,94%
Adanya
kesamaan akses
untuk
mendapatkan
pengembangan
karir.
L: 162 (35,06%)
P: 300 (64,94%)
Jumlah tutor
PKBM yang
mengikuti
pengembangan
karir
L: 162 (35,06%)
P: 300 (64,94%)
Pejabat
pengampu
kegiatan
Eselon II :
L : 1
P : 0
Eselon III :
L : 1
P : 0
Eselon IV :
L : 1
P : 0
Jumlah tutor
PKBM yang
mendapatkan
pengembangan
karir.
L: 162 (35,06%)
P: 300 (64,94%)
|
Akses:
Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan pengembangan karir L: 162 (35,06%) P: 300 (64,94%)
Partisipasi:
Proporsi jumlah tutor PKBM perempuan lebih besar daripada tutor PKBM laki-laki
Kontrol:
Pejabat pengawas subkegiatan Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Nonformal/Kesetaraa didominasi oleh lakilaki.
Manfaat:
Peningkatan pengembangan karir tutor PKBM di lembaga pendidikan nonformal |
1. Masih adanya SDM di PD terkait yang belum memahami konsep gender 2. Belum terciptanya budaya organisasi yang ramah terhadap salah satu gender | Mayoritas tutor PKBM adalah, karena perempuan dianggap lebih sabar dalam memberikan layanan Pendidikan kejar paket A/B/C | Meningkatkan kompetensi tenaga pendidik di lembaga pendidikan nonformal sesuai standart penyelenggara an Pendidikan dan Pelatihan. | Pelatihan setara Daring bagi pendidik di Pelatihan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) | Data pelaksanaan pengembang an karir tutor PKBM sebagai berikut: L: 162 (35,06%) P: 300 (64,94%) |
Output:
Jumlah pendidik dan tenaga kependidikan non formal yang mendapatkan pelatihan 250 oran
Outcome:
Persentase guru yang mendapat pengembangan karir 19% |