Langkah 1 | Langkah 2 | Langkah 3 | Langkah 4 | Langkah 5 | Langkah 6 | Langkah 7 | Langkah 8 | Langkah 9 |
---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Pilih Kebijakan/Program/Kegiatan yang akan dianalisis | Data Pembuka Wawasan | Isu Gender | Kebijakan dan Rencana Ke Depan | Pengukuran Hasil | ||||
Faktor Kesenjangan | Sebab Kesenjangan Internal | Sebab Kesenjangan Eksternal | Reformulasi Tujuan | Rencana Aksi | Data Dasar (Base-line) | Indikator Gender | ||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 |
Program:
1.01.02 Program Pengelolaan Pendidikan
Kegiatan:
1.01.02.2.04 Pengelolaan Pendidikan Nonformal/Kesetar aan
Sub Kegiatan:
1.01.02.2.04.16 Pembinaan Kelembagaan dan Manajemen Sekolah Nonformal/Kesetar aan
Tujuan Sub Kegiatan:
Memberikan pemahaman dan pengetahuan dalam rangka meningkatkan peran pengelola LKP dan PKBM sebagai fasilitator peningkatan mutu dari segi pengelolaan operasional kelembagaan maupun dari segi pembelajaran |
Data Umum:
Jumlah kepala PKBM: L: 11 (37,93%) P: 18 (62,07%)
Adanya kesamaan
akses untuk mengikuti
pembinaan dalam
kelembagaan dan
pembelajaran
L: 11 (37,93%)
P: 18 (62,07%)
Jumlah kepala PKBM
yang mengikuti
pembinaan dalam
kelembagaan dan
pembelajaran
L: 11 (37,93%)
P: 18 (62,07%)
Pejabat pengampu kegiatan Eselon II :
L : 1
P : 0
Eselon III :
L : 1
P : 0
Eselon IV :
L : 1
P : 0
Jumlah kepala PKBM
yang mendapatkan
pembinaan dalam
kelembagaan dan
pembelajaran
sehingga pembinaan
yang dilaksanakan
sesuai dengan standar.
L: 11 (37,93%)
P: 18 (62,07%)
|
Akses:
Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan pembinaan dalam kelembagaan dan pembelajaran L: 11 (37,93%) P: 18 (62,07%)
Partisipasi:
Proporsi jumlah kepala PKBM perempuan lebih besar daripada kepala PKBM lakilaki
Kontrol:
Pejabat pengawas subkegiatan Pembinaan Kelembagaan dan Manajemen Sekolah Nonformal/Kesetaraan didominasi oleh lakilaki.
Manfaat:
Pembinaan dalam kelembagaan dan pembelajaran telah sesuai dengan standar nasional pendidikan |
1. Masih adanya SDM di PD terkait yang belum memahami konsep gender 2. Belum terciptanya budaya organisasi yang ramah terhadap salah satu gender | Mayoritas kepala PKBM adalah perempuan, karena dianggap lebih mampu menjadi top leader di sekolah. | Memberikan pemahaman dan pengetahuan dalam rangka meningkatkan peran pengelola LKP dan PKBM sebagai fasilitator peningkatan mutu dari segi pengelolaan operasional kelembagaan maupun dari segi pembelajaran yang responsive gender | Mengadakan sosialisasi dan pembinaan lembaga secara daring melalui zoom | Data pelaksanaan pelatihan pembinaan dalam kelembagaan dan pembelajaran sebagai berikut: L: 11 (37,93%) P: 18 (62,07%) |
Output:
Jumlah lembaga nonformal/keset araan yang dibina 102 lembaga
Outcome:
Persentase Pendidikan Nonformal/Keset araan yang sesuai standar nasional pendidikan 85,44% |