Gender Analysis Pathway
Dinas Kesehatan

Langkah 1 Langkah 2 Langkah 3 Langkah 4 Langkah 5 Langkah 6 Langkah 7 Langkah 8 Langkah 9
Pilih Kebijakan/Program/Kegiatan yang akan dianalisis Data Pembuka Wawasan Isu Gender Kebijakan dan Rencana Ke Depan Pengukuran Hasil
Faktor Kesenjangan Sebab Kesenjangan Internal Sebab Kesenjangan Eksternal Reformulasi Tujuan Rencana Aksi Data Dasar (Base-line) Indikator Gender
1 2 3 4 5 6 7 8 9
Program:
Pemenuhan Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) dan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM)
Kegiatan:
Penyediaan Fasilitas Pelayanan Kesehatan untuk UKM dan UKP Kewenangan Daerah Kabupaten/Kota
Sub Kegiatan:
Rehabilitasi dan Pemeliharaan Puskesmas
Tujuan Sub Kegiatan:
Menyediakan sarana prasarana fasilitas kesehatan yang layak dan sesuai standar
Data Umum:
Data Kependudukan warga Kota Surabaya padat tahun 2021 berdasarkan data Dispendukcapil adalah 2.970.952 jiwa, dengan rincian sebagai berikut: L : 1.472.817 jiwa (49,57 persen) P : 1.498.135 jiwa (50,43 persen)
Ketersediaan Puskesmas di wilayah Surabaya tersebar pada 5 wilayah pusat, utara, selatan, timur dan barat dengan total 63 puskesmas
Dari 63 Puskesmas yang merupakan puskesmas rawat 24 jam one day care sebanyak 22 puskesmas
40 persen dari PKM atau 25 puskesmas yang ada belum sesuai standar alur layanan dikarenakan kondisi bangunan puskesmas yang belum mendukung
Jumlah kunjungan pasien puskesmas tahun 2021 1.869.371 orang dengan rincian: L : 758.941 (40,60 persen) P: 1.110.430 (59,40 persen)
Akses:
Kondisi sarana prasarana puskesmas
Partisipasi:
Masyarakat/ Penduduk Kota Surabaya masih ada yang enggan berobat ke PKM
Kontrol:
-
Manfaat:
Warga Kota Surabaya yang ber KTP Surabaya akan mendapatkan pelayanan kesehatan secara merata
1. Masih ada sarana prasarana puskesmas yang belum memperhatikan pasien kelompok rentan 2. Secara menyeluruh, anggaran yang dibutuhkan untuk pemeliharaan dan perbaikan puskesmas cukup besar 3. Belum terstandarisasinya sarana prasarana puskesmas sesuai dengan kebutuhan dan kebijakan yang ada misalnya belum terpilah kamar mandi laki-laki dan perempuan 4. Penerima manfaat pelayanan PKM masih didominasi oleh perempuan dibandingkan laki-laki dengan selisih 18,8 persen Masih ada masyarakat Kota Surabaya yang beranggapan berobat ke PKM ribet dan obatnya selalu generik. Meningkatkan ketersediaan sarana prasarana puskesmas yang sesuai standar dan berkeadilan gender 1. Melakukan identifikasi kondisi sarana prasarana PKM serta merencanakan proses renovasi dan pemeliharaan sesuai hasil identifikasi kebutuhan 2. Melakukan renovasi dan pemeliharaan sarana prasarana dan bangunan PKM 3. Promosi terhadap keberadaan dan jenis layanan yang tersedla PKM sehingga semakin dekat dengan masyarakat 1. 25 PKM atau 40 persen dari total PKM mempunyai kondisi yang membutuhkan perbaikan/ renovasi 2. 22 PKM dari 63 PKM sudah mempunyai status rawat inap 3. Jumlah kunjungan pasien PKM selama thn 2021 1.869.371 orang atau turun 1,4 persen dari tahun sebelumnya 4. Akses masyarakat Surabaya yang berobat ke PKM sejumlah 62,92 persen dari total penduduk
Output:
1. Tersusun laporan identifikasi kebutuhan pemeliharaan PKM serta rencana perbaikannya 2. Tersedianya fasilitas sarana prasarana PKM sesuai standar yang berkeadilan gender 3. Adanya peningkatan jumlah kunjungan pasien PKM dari tahun sebelumnya minimal 3 persen 4. Meningkatnya angka persentase masyarakat Surabaya yang memanfaatkan pelayanan PKM minimal 65 persen memanfaatkan pelayanan PRIM minimal 65K
Outcome:
Menyediakan sarana prasarana fasilitas kesehatan yang layak dan sesuai standar