Langkah 1 | Langkah 2 | Langkah 3 | Langkah 4 | Langkah 5 | Langkah 6 | Langkah 7 | Langkah 8 | Langkah 9 |
---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Pilih Kebijakan/Program/Kegiatan yang akan dianalisis | Data Pembuka Wawasan | Isu Gender | Kebijakan dan Rencana Ke Depan | Pengukuran Hasil | ||||
Faktor Kesenjangan | Sebab Kesenjangan Internal | Sebab Kesenjangan Eksternal | Reformulasi Tujuan | Rencana Aksi | Data Dasar (Base-line) | Indikator Gender | ||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 |
Program:
PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA DAN KELURAHAN
Kegiatan:
Pemberdayaan Lembaga Kemasyarakatan Tingkat Kecamatan
Sub Kegiatan:
Fasilitasi Pengembangan Usaha Ekonomi Masyarakat
Tujuan Sub Kegiatan:
Meningkatkan Jumlah frekuensi fasilitasi pengembangan usaha ekonomi masyarakat dan meningkatkan kualitas produksi pemasaran |
Data Umum:
Jenis UMKM yang ada di Kecamatan Wonokromo : 1. UMKM Makanan dan Minuman L: 146 P: 466
difasilitasi untuk pemasaran melalui : 1. epeken 2. Toko online 3. Kerjasama dengan hotel (hampers) 4. bazar UMKM dilakukan secara rutin 5. Galery UMKM di Kantor Kecamatan Wonokromo Pejabat Pelaksana sub kegiatan 2022 L: 5 P: 3 Jumlah Petugas tugas pendataan Tahun 2022 : L = 1 P = 5
Jumlah UMKM UMKM aktif : 951 UMKM yang tidak aktif :
Melakukan pembinaan : 1. Pembinaan Pembuatan Produk : 2 kali 2. Pembinaan Pengemasan Produk : 1 kali 3. Pembinaan Pemasaran Produk : 1 kali 4. Pembinaan Pengurusan Perijinan : 4 kali
Fasilitasi Pengurusan NIB yang diadakan di Kecamatan dan Kelurahan Jumlah UMKM yang ber NIB : 593 Jumlah UMKM yang belum ber NIB : 351
|
Akses:
Pelaku usaha mendapatkan akses dari kecamatan
Partisipasi:
Tidak semua Pelaku usaha berpartisipasi mengikuti kegiatan yang diadakan dikecamatan
Kontrol:
Kelompok UMKM mengikuti pelatihan berdasarkan undangan dari kecamatan dan rekomendasi dari Paguyuban UMKM
Manfaat:
Peningkatan ekonomi keluarga bagi pelaku UMKM Didapat data pelaku Usaha mikro baik yang ber NIB atau belum, sehingga bermanfat sebagai masukan untuk menetukan intervensi yang tepat bagi UMKM agar meningkat/ berdaya |
Kurangnya sosialisasi dalam pengurusan NIB - SDM yang melaksanakan pendataan masih orang yang sama | Adanya persepsi dari masyarakat jika kegiatan-kegiatan terkait urusan kesra lebih sesuai jika dilaksanakan perempuan - Kurangnya motivasi bagi UMKM dalam pengembangan usahanya | Meningkatkan Jumlah frekuensi fasilitasi pengembangan usaha ekonomi masyarakat dan meningkatkan kualitas produksi pemasaran dengan mempertimbangkan partisipasi masyarakat atau pengusaha | Pendataan UMKM 12 kali 2. Pembinaan bagi pelaku UMKM 3 kali 3. Pelatihan Pemasaran secara Online 4 kali 4. Pelatihan Pembuatan Produk terpilih 1 kali 5. Penyelenggaraan bazzar UMKM 7. Koordinasi dengan dinas terkait 3 kali | Pejabat Pelaksana sub kegiatan 2023 L: 5 P: 2 Jumlah Petugas tugas pendataan Tahun 2022 : L = 1 P = 5 Pejabat Pelaksana sub kegiatan 2023 L: 4 P: 4 Jumlah Petugas pendataan Tahun 2023 : L = 1 P = 4 |
Output:
Jumlah frekuensi fasilitasi pengembangan usaha ekonomi masyarakat pada tahun berjalan (t)
Outcome:
Jumlah frekuensi fasilitasi pengembangan usaha ekonomi masyarakat |