Gender Analysis Pathway
Kecamatan Sukomanunggal

Langkah 1 Langkah 2 Langkah 3 Langkah 4 Langkah 5 Langkah 6 Langkah 7 Langkah 8 Langkah 9
Pilih Kebijakan/Program/Kegiatan yang akan dianalisis Data Pembuka Wawasan Isu Gender Kebijakan dan Rencana Ke Depan Pengukuran Hasil
Faktor Kesenjangan Sebab Kesenjangan Internal Sebab Kesenjangan Eksternal Reformulasi Tujuan Rencana Aksi Data Dasar (Base-line) Indikator Gender
1 2 3 4 5 6 7 8 9
Program:
PROGRAM PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DAN PELAYANAN PUBLIK
Kegiatan:
Koordinasi Penyelenggaraan Kegiatan Pemerintahan di Tingkat Kecamatan
Sub Kegiatan:
Pelaksanaan Urusan Pemerintahan yang terkait dengan Nonperizinan
Tujuan Sub Kegiatan:
Terselesaikannya pelayanan kepada masyarakat terkait administrasi kependudukan dan non perizinan
Data Umum:
Kebutuhan Masyarakat dalam pelayanan
Jumlah Penduduk Kecamatan Sukomanunggal Per 31 Desember 2023 L = 52.030 P = 52.756 Jumlah RW se Kecamatan Sukomanunggal sejumlah RW = 36
Kelurahan Putat Gede : LPMK : 1 ( L= 1) RW : 4 ( P = 1 L = 3) RT : 18 ( P= 4 L= 14) Kelurahan Simomulyo : LPMK : 1 (L= 1) RW : 7 (P= 1 L= 6) RT : 51 (P= 5 L= 46)
Kelurahan Simomulyo Baru : LPMK : 1 (L= 1) RW :10 (P= 0 L= 10) RT :97 (P= 10 L= 87) Kelurahan Sonokwijenan : LPMK :1 (L= 1) RW :6 (P= 1 L= 5) RT :36 (P= 5 L= 31)
Kelurahan Sukomanunggal : LPMK :1 (L= 1) RW :5 (P= 1 L= 4) RT :32 (P= 6 L= 26) Kelurahan Tanjungsari : LPMK :1 (L= 1) RW :4 (P= 0 L= 4) RT :47 (P= 6 L= 41)
Akses:
Adanya kesamaan akses dalam mendapatkan informasi terkait dengan pemahaman dalam mendapatkan pelayanan pemerintahan dan pelayanan publik
Partisipasi:
Dalam upaya mewujudkan kesetaraan gender, setiap individu perlu menghindari adanya sikap diskriminasi dalam memberikan pelayanan publik kepada masyarakat
Kontrol:
Yang memiliki kontrol dalam pelayanan pemerintahan dan pelayanan publik adalah Camat melalui Kepala Seksi Pemerintahan dan Pelayanan Publik
Manfaat:
Memudahkan Masyarakat dalam Pengurusan Kependudukan
Tidak semua SDM dalam OPD paham tentang Gender/Responsif gender. Kurang tersedianya operasional pengelola administasi untuk mendukung kesetaraan gender. Pengetahuan masyarakat yang kurang terhadap prosedur dan akses layanan oublik Tujuan pelaksanaan subkegiatan adalah untuk memudahkan dalam pengurusan kependudukan 1) Melakukan pendataan dan sosialisasi terkait adminduk 2) Melakukan koordinasi terkait dengan kekurangan dalam pelayanan 3) Pembuatan Standar Pelayanan Ada 6 jenis layanan untuk masyarakat di Kecamatan dan 13 Jenis layanan di Kelurahan
Output:
Tercapainya data terpilah untuk laporan kepengurusan administrasi kependudukan
Outcome:
Masyarakat memperoleh kemudahan dalam Pengurusan Kependudukan