Gender Analysis Pathway
Kecamatan Sukomanunggal

Langkah 1 Langkah 2 Langkah 3 Langkah 4 Langkah 5 Langkah 6 Langkah 7 Langkah 8 Langkah 9
Pilih Kebijakan/Program/Kegiatan yang akan dianalisis Data Pembuka Wawasan Isu Gender Kebijakan dan Rencana Ke Depan Pengukuran Hasil
Faktor Kesenjangan Sebab Kesenjangan Internal Sebab Kesenjangan Eksternal Reformulasi Tujuan Rencana Aksi Data Dasar (Base-line) Indikator Gender
1 2 3 4 5 6 7 8 9
Program:
PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA DAN KELURAHAN
Kegiatan:
Pemberdayaan Lembaga Kemasyarakatan Tingkat Kecamatan
Sub Kegiatan:
Penyediaan Sarana dan Prasarana Lembaga Kemasyarakatan
Tujuan Sub Kegiatan:
Meningkatkan Pelaksanaan Pelayanan kepada Masyarakat di Wilayah Kecamatan
Data Umum:
Pemenuhan jaringan internet untuk RW di lingkungan kelurahan
Jumlah Penduduk Kecamatan Sukomanunggal Per 31 Desember 2023 L = 52.030 P = 52.756 Jumlah RW se Kecamatan Sukomanunggal sejumlah RW = 36
Kelurahan Putat Gede : LPMK : 1 ( L= 1) RW : 4 ( P = 1 L = 3) RT : 18 ( P= 4 L= 14) Kelurahan Simomulyo : LPMK : 1 (L= 1) RW : 7 (P= 1 L= 6) RT : 51 (P= 5 L= 46)
Kelurahan Simomulyo Baru : LPMK : 1 (L= 1) RW :10 (P= 0 L= 10) RT :97 (P= 10 L= 87) Kelurahan Sonokwijenan : LPMK :1 (L= 1) RW :6 (P= 1 L= 5) RT :36 (P= 5 L= 31)
Kelurahan Sukomanunggal : LPMK :1 (L= 1) RW :5 (P= 1 L= 4) RT :32 (P= 6 L= 26) Kelurahan Tanjungsari : LPMK :1 (L= 1) RW :4 (P= 0 L= 4) RT :47 (P= 6 L= 41)
Akses:
Laki-laki dan perempuan memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan akses internet di Balai RW
Partisipasi:
Masih minimnya warga menggunakan internet secara online dalam kepengurusan kependudukan
Kontrol:
Lembaga masyarakat setempat
Manfaat:
1) Membantu Masyarakat yang berpenghasilan rendah dalam pengurusan adminduk 2) Membantu warga sekitar khususnya yang anak-anaknya yang masih bersekolah
Tidak semua SDM dalam OPD paham tentang Gender/Responsif gender. Kurang tersedianya operasional pengelola administasi untuk mendukung kesetaraan gender. 1)Adanya persepsi masyarakat bahwa lembaga RW adalah laki-laki. 2)Adanya anggapan bahwa perempuan hanya beraktifitas untuk pengurusan Rumah Tangga Meningkatkan kualitas pelayanan publik di lingkup RT, RW, dan LPMK dengan tersedianya internet di Balai RW 1) Monitoring Internet Balai RW Bulanan 2) Laporan Kecepatan Akses Jaringan Merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap bulan
Output:
1. Memberikan kemudahan bagi warga khususnya Ketua RT dan RW 2. Banyaknya Warga yang terbantu
Outcome:
Membantu Masyarakat yang berpenghasilan rendah dalam pengurusan adminduk