Gender Analysis Pathway
Kecamatan Gayungan

Langkah 1 Langkah 2 Langkah 3 Langkah 4 Langkah 5 Langkah 6 Langkah 7 Langkah 8 Langkah 9
Pilih Kebijakan/Program/Kegiatan yang akan dianalisis Data Pembuka Wawasan Isu Gender Kebijakan dan Rencana Ke Depan Pengukuran Hasil
Faktor Kesenjangan Sebab Kesenjangan Internal Sebab Kesenjangan Eksternal Reformulasi Tujuan Rencana Aksi Data Dasar (Base-line) Indikator Gender
1 2 3 4 5 6 7 8 9
Program:
Program Penyelenggaraan Pemerintahan dan Pelayanan Publik
Kegiatan:
Pelaksanaan Urusan Pemerintahan yang dilimpahkan kepada camat
Sub Kegiatan:
Pelaksanaan urusan peemerintahan yang terkait dengan non perizinan
Tujuan Sub Kegiatan:
Meningkatkan pelayanan kependudukan di kecamatan
Data Umum:
Jumlah penduduk di Kecamatan Gayungan Kota Surabaya L: 21485 P: 22514
Jumlah warga yang mengurus pelayanan kependudukan laki-laki sebesar 35 persen sedangkan perempuan 65 persen
Jumlah warga yang mengurus pelayanan kependudukan pada tahun 2023 laki-laki sebesar 814 sedangkan perempuan sebanyak 1709
Yang melakukan pengawasan pada kegiatan tersebut Kec. Gayungan ASN L: 4 P:9 Non ASN L: 4 P: 4
Yang melakukan pengawasan pada kegiatan tersebut Kel. Menanggal ASN L: 9 P: 1 Non ASN L : 3 P : 6 Kel.Dukuh Menanggal ASN L : 3 P : 7 Non ASN L : 4 P : 3 Kel. Ketintang ASN L : 7 P :3 Non ASN L : 4 P : 4 Kel. Gayungan ASN L: 4 P : 6 Non ASN L : 4 P : 4
Akses:
Seharusnya Laki-laki dan perempuan memiliki akses dan peranan yang sama dalam mengurus pelayanan kependudukan
Partisipasi:
Partisipasi perempuan lebih besar dalam mengurus administrasi kependudukan dari pada laki-laki
Kontrol:
ang melakukan pengawasan pada kegiatan tersebut Kec. Gayungan ASN L: 4 P:9 Non ASN L: 4 P: 4 Kel. Menanggal ASN L: 9 P: 1 Non ASN L : 3 P : 6 Kel.Dukuh Menanggal ASN L : 3 P : 7 Non ASN L : 4 P : 3 Kel. Ketintang ASN L : 7 P :3 Non ASN L : 4 P : 4 Kel. Gayungan ASN L: 4 P : 6 Non ASN L : 4 P : 4
Manfaat:
1. Menigkatkan jumlah pelayanan administrasi kependudukan kepada warga baik laki-laki maupun perempuan
1. terbatasnya SDM untuk memberikan pelayanan kependudukan dalam mengoperasikan aplikasi adminduk 2. Anggaran yang digunakan adalah APBD dan sudah memadai 3. Sarana dan prasarana dalam sub kegiatan adminduk masih terbatas (blanko dan komputer) 4. Sistem aplikasi yang digunakan dalam pelayanan terkadang mengalami kendala 1. Kurangnya pemahaman masyarakat terhadap pentingnya administrasi kependudukan 2. masih adanya budaya bahwa laki-laki hanya bekerja diluar sedangkan perempuan yang seharusnya mengurus administrasi kependudukan 1. meningkatkan partisipasi masyarakat baik laki-laki maupun perempuan dalam pelayanan kependudukan 2. Maningkatkan pelayanan kependudukan yang ada di kecamatan maupun di kelurahan 1. Menerima serta memverifikasi berkas pelayanan di Front office 2. Sosialisasi pemahaman pentingnya administrasi kependudukan di kecamatan gayungan baik laki-laki maupun perempuan sama. 3. Sosialisasi pemahaman berkas administrasi kependudukan tidak melihat laki-laki dan perempuan 1. Jumlah penduduk di Kecamatan Gayungan Kota Surabaya L: 21485 P: 22514 2. Jumlah warga yang mengurus pelayanan kependudukan pada tahun 2024 laki-laki sebesar 814 sekitar 35 persen sedangkan perempuan sebanyak 1709 sekitar 65 persen 3. Yang melakukan pengawasan pada kegiatan tersebut Kec. Gayungan ASN L: 4 P:9 Non ASN L: 4 P: 4 Kel. Menanggal ASN L: 9 P: 1 Non ASN L : 3 P : 6 Kel.Dukuh Menanggal ASN L : 3 P : 7 Non ASN L : 4 P : 3 Kel. Ketintang ASN L : 7 P :3 Non ASN L : 4 P : 4 Kel. Gayungan ASN L: 4 P : 6 Non ASN L : 4 P : 4
Output:
1. meningkatkan jumlah administrasi kependudukan di wilayah kecamatan gayungan baik laki-laki maupun perempuan sama besar sekitar 40 persen dibanding 60 persen 2. Meningkatnya jumlah warga yang mengurus administrasi kependudukan sama besar yaitu laki-laki sebesar 1009 sekitar 40 persen sedangkan perempuan sebesar 1514 sekitar 60 persen
Outcome:
meningkatnya pemahaman masyarakat pentingnya administrasi kependudukan