Langkah 1 | Langkah 2 | Langkah 3 | Langkah 4 | Langkah 5 | Langkah 6 | Langkah 7 | Langkah 8 | Langkah 9 |
---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Pilih Kebijakan/Program/Kegiatan yang akan dianalisis | Data Pembuka Wawasan | Isu Gender | Kebijakan dan Rencana Ke Depan | Pengukuran Hasil | ||||
Faktor Kesenjangan | Sebab Kesenjangan Internal | Sebab Kesenjangan Eksternal | Reformulasi Tujuan | Rencana Aksi | Data Dasar (Base-line) | Indikator Gender | ||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 |
Program:
Program pemberdayaan masyarakat desa dan kelurahan
Kegiatan:
Pemberdayaan Lembaga Kemasyarakatan Tingkat Kecamatan
Sub Kegiatan:
Fasilitasi Pengembangan Usaha Ekonomi Masyarakat
Tujuan Sub Kegiatan:
Memberikan Fasilitasi Pengembangan Usaha Ekonomi Masyarakat |
Data Umum:
Peningkatan Pemberdayaan dan pengembangan Pelaku Usaha dalam mendukung aktivitas ekonomi masyarakat di Kecamatan Karang Pilang untuk meningkatakan keluarga atau masyarakat dengan Fasilitasi meliputi pembinaan, pelatihan , sosialisasi, bagi usaha mikro pemula maupun yang sudah mempunyai usaha, supaya lebih berkembang dan memiliki daya saing Jumlah UMKM yang ada di Kecamatan Tambaksari : 6260 UMKM. - Sudah memiliki NIB : 467 - Belum memiliki NIB : 5793
-
-
-
-
|
Akses:
Pelaku usaha mendapatkan akses dari kecamatan
Partisipasi:
Tidak semua pelaku usaha berpartisipasi mengikuti kegiatan yang diadakan Kecamatan.
Kontrol:
Kelompok UMKM mengikuti pelatihan berdasarkan undangan dari Kecamatan dan rekomendasi dari paguyupan UMKM.
Manfaat:
- Monitoring dan Evaluasi sebagai tolak ukur keberhasilan pembinaan dan peningkatan Ekonomi keluarga bagi pelaku UMKM. - Terdapat pelaku usaha yang belum memiliki ijin usaha sehingga bermanfat sebagai masukan untuk menetukan intervensi yang tepat bagi UMKM agar meningkat/ berdaya saing |
- SDM yang berwawasan gender terbatas ; - Sarana & Prasarana yang belum mendukung ; - SDM yang kurang memahami di bidang perekonomian ; - Kurangnya sosialisasi dalam pengurusan NIB ; - SDM yang melaksanakan pendataan masih orang yang sama . | - Kurangnya respon positive terkait adanya Bimtek, Pelatihan, dll ; - Tidak adanya waktu / kesempatan mengikuti Bimtek, Pelatihan dikarenakan banyaknya order dari customer yang harus dipenuhi tepat waktu ; - Kurangnya motivasi bagi UMKM dalam pengembangan usahanya . | - Meningkatkan jumlah frekuensi fasilitasi pengembangan usaha ekonomi masyarakat - Meningkatkan fasilitas produksi pemasaran dengan mempertimbangkan partisipasi masyarakat | 1. Pendataan UMKM : 12 kali; 2. Pembinaan bagi pelaku UMKM : 5 kali; 3. Fasilitasi penjualan produk UMKM : 12 bulan ; | Jumlah petugas pelaksana sub kegiatan : L : 2 orang P : 2 orang |
Output:
Jumlah Laporan Fasilitasi Pengembangan Usaha Ekonomi Masyarakat : 12 laporan
Outcome:
1. Persentase Potensi Usaha yang difasilitasi : 100% 2. Jumlah pelaku usaha yang di fasilitasi : 116 lembaga 3. Jumlah Laporan Fasilitasi Pengembangan Usaha Ekonomi Masyarakat : 12 laporan |