Gender Analysis Pathway
Kecamatan Wonocolo

Langkah 1 Langkah 2 Langkah 3 Langkah 4 Langkah 5 Langkah 6 Langkah 7 Langkah 8 Langkah 9
Pilih Kebijakan/Program/Kegiatan yang akan dianalisis Data Pembuka Wawasan Isu Gender Kebijakan dan Rencana Ke Depan Pengukuran Hasil
Faktor Kesenjangan Sebab Kesenjangan Internal Sebab Kesenjangan Eksternal Reformulasi Tujuan Rencana Aksi Data Dasar (Base-line) Indikator Gender
1 2 3 4 5 6 7 8 9
Program:
Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Kelurahan
Kegiatan:
Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Margorejo
Sub Kegiatan:
Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Margorejo
Tujuan Sub Kegiatan:
Meningkatkan kapasitas dan mutu pelayanan serta pemenuhan kebutuhan masyarakat di Kelurahan Margorejo
Data Umum:
Jumlah Penduduk Kelurahan Margorejo Total 10.628 Jiwa, Laki-laki : 5.241, Perempuan : 5.387
Tokoh Pelaksana : LPMK : 1 Laki-laki : 0 Perempuan : 1 ; RW : 8 Laki-laki : 7 Perempuan : 1 ; RT : 36 Laki-laki : 32 Perempuan : 4
Modin : 16 Laki-laki : 8 Perempuan : 8
PKK : 26 Laki-laki : 2 Perempuan : 24
Babinsa : 2 Laki-laki : 2, Perempuan : 0 Bhabinkamtibmas : 1 Laki-laki : 1, Perempuan : 0
Akses:
Adanya kesamaan antara laki-laki dan perempuan dalam menerima informasi. Jumlah penerima informasi dan pemberi layanan kependudukan laki-laki dan perempuan sama perbandingannya yaitu : Laki-laki : 50% Perempuan : 50%
Partisipasi:
Proporsi jumlah LPMK, RW, RT yang menerima opersional Tahun 2025 LPMK : 1 Laki-laki : 0 Perempuan : 1 ; RW : 8 Laki-laki : 7 Perempuan : 1 ; RT : 36 Laki-laki : 32 Perempuan : 4 .
Kontrol:
Pejabat pengambil keputusan dalam sub kegiatan ini lebih banyak perempuan
Manfaat:
Masyarakat yang memperoleh manfaat dari pelayanan kemasyarakatan baik laki-laki maupun perempuan sama. Untuk perbaikan mutu pelayanan sarana dan prasaran sangat diperlakukan dalam kelancaran pelayanan.
1. Kurangnya kemampuan dalam mengoperasikan IT 2. SDM yang berwawasan gender cukup terbatas 3. Keterlambatan dalam mengetahui peraturan baru. 1. Keterbatasan koneksi jaringan internet 2. Tidak memiliki sarana dan prasarana yang memadai dalam pelayanan masyarakat Meningkatkan kapasitas dan mutu pelayanan serta pemenuhan kebutuhan masyarakat di Kelurahan margorejo yang Rensponsive Gender 1. Memberikan bantuan biaya opersional untuk ketua LPMK, RW, dan RT dalam rangka pelayanan masyarakat 2. Memberikan bantuan opersional balai berupa penggantian tagihan listrik Pada tahun 2025 Sub Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan berupa komponen : - Biaya Operasional LPMK, RW dan RT di Wilayah Kelurahan Margorejo - Biaya Operasional Balai RW dan RT wilayah Kelurahan Kelurahan Margorejo
Output:
Terpenuhinya sarana untuk mendukung pelayanan di Balai RW Kelurahan Margorejo seperti Komputer dan Printer
Outcome:
- Persentase Kelurahan yang menindaklanjuti konsep inovasi 87.5% - Jumlah kelurahan yang dikembangkan potensi wilayahnya target 1 Kelurahan - Jumlah Pokmasdan Ormas yang melaksanakan pemberdayaan masyarakat di Kelurahan