Gender Analysis Pathway
Dinas Komunikasi dan Informatika

Langkah 1 Langkah 2 Langkah 3 Langkah 4 Langkah 5 Langkah 6 Langkah 7 Langkah 8 Langkah 9
Pilih Kebijakan/Program/Kegiatan yang akan dianalisis Data Pembuka Wawasan Isu Gender Kebijakan dan Rencana Ke Depan Pengukuran Hasil
Faktor Kesenjangan Sebab Kesenjangan Internal Sebab Kesenjangan Eksternal Reformulasi Tujuan Rencana Aksi Data Dasar (Base-line) Indikator Gender
1 2 3 4 5 6 7 8 9
Program:
Program Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik
Kegiatan:
Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota
Sub Kegiatan:
Pelayanan Informasi Publik
Tujuan Sub Kegiatan:
Melaksanakan Pelayanan Informasi Publik yang Berkualitas
Data Umum:
Pelayanan Informasi melaksanakan penyediaan layanan pengaduan atau permohonan informasi masyarakat yaitu layanan yang menerima pengaduan atau permohonan informasi dari masyarakat untuk kemudian dilakukan penanganannya
Jumlah penduduk Kota Surabaya sebanyak 3.017.382 jiwa yang terdiri dari laki-laki sebanyak 1.494.317 jiwa dan perempuan sebanyak 1.523.658 jiwa
Jumlah masyarakat tahun 2024 yang membuat pengaduan secara online adalah 11.472
Dengan komposisi laki-laki 8.156 (71,09%) dan perempuan 3.316 (28,91%)
Jumlah masyarakat yang melakukan permohonan informasi dan dokumentasi publik secara offline adalah 70 dengan komposisi laki-laku 46 (65,7%) dan perempuan 24 (34,3%)
Akses:
Warga Surabaya mendapatkan akses yang sama untuk melakukan pengaduan atau permohonan informasi, yaitu melalui aplikasi Wargaku
Partisipasi:
Warga yang melakukan pengaduan atau permohonan informasi lebih banyak laki-laki daripada perempuan dengan persentase laki-laki 71,09% dibanding perempuan 28,91%
Kontrol:
Warga dapat menyampaikan pengaduan dan permohonan informasi sesuai permasalahan mereka dan akan disampaikan kepada OPD sesuai topik untuk ditindaklanjuti
Manfaat:
Semua pengaduan atau permohonan informasi yang masuk direspon dan ditindaklanjuti oleh Pemerintah Kota Surabaya
Layanan pengaduan atau permohonan informasi masyarakat dibuka untuk masyarakat umum dari semua kalangan Masyarakat laki-laki lebih berperan aktif dalam memanfaatkan layanan pengaduan atau permohonan informasi daripada perempuan Melaksanakan pelayanan informasi publik yang berkualitas dan responsif gender Sosialisasi pelayanan pengaduan atau permohonan informasi kepada masyarakat terutama untuk kalangan perempuan Jumlah masyarakat tahun 2024 yang membuat pengaduan secara online adalah 11.472 dengan komposisi laki-laki 8.156 (71,09%) dan perempuan 3.316 (28,91)
Output:
Terlaksananya sosialisasi pelayanan pengaduan kepada masyarakat terutama untuk kalangan perempuan
Outcome:
Indikator Program : Persentase kecepatan respon/tanggapan pengaduan melalui aplikasi WargaKu ≤ 24 jam Indikator Kegiatan : Kecepatan respon terhadap permohonan informasi atau penjelasan ke PPID ≤ 17 hari kerja Indikator Sub Kegiatan : Jumlah dokumen hasil pelayanan informasi publik