Gender Analysis Pathway
Bagian Umum Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Langkah 1 Langkah 2 Langkah 3 Langkah 4 Langkah 5 Langkah 6 Langkah 7 Langkah 8 Langkah 9
Pilih Kebijakan/Program/Kegiatan yang akan dianalisis Data Pembuka Wawasan Isu Gender Kebijakan dan Rencana Ke Depan Pengukuran Hasil
Faktor Kesenjangan Sebab Kesenjangan Internal Sebab Kesenjangan Eksternal Reformulasi Tujuan Rencana Aksi Data Dasar (Base-line) Indikator Gender
1 2 3 4 5 6 7 8 9
Program:
Program Penunjang Urusan Pemerintahan Daerah Kabupaten/Kota
Kegiatan:
Penyediaan Jasa Penunjang Urusan Pemerintahan Daerah
Sub Kegiatan:
Penyediaan Jasa Surat Menyurat
Tujuan Sub Kegiatan:
Terpenuhinya pelayanan tata usaha umum, persuratan, dan kepegawaian di lingkungan Sekretariat Daerah
Data Umum:
Jumlah pejabat struktural di Bagian Umum & Prokopim : L : 3 (75%) P : 1 (25%)
Jumlah seluruh pegawai di Bagian Umum & Prokopim : L : 227 (76,41%) P : 70 (23,59%)
Jumlah staf di Sub Bagian TU & Kepegawaian : L : 10 (52,63%) P : 9 (47,67%)
Jumlah staf di Sub Bagian TU & Kepegawaian : L : 10 (52,63%) P : 9 (47,67%)
Jumlah staf di Sub Bagian TU & Kepegawaian : L : 10 (52,63%) P : 9 (47,67%)
Akses:
Adanya kesenjangan kewajiban dalam melakukan pelayanan surat di Loket Digital Surat Masuk
Partisipasi:
Jumlah staf yang melakukan pelayanan surat di Loket Digital Surat Masuk di tahun 2024 : L : 2 (66,67%) P : 1 (33,33%) Dari data tersebut, terdapat perbedaan, yakni jumlah laki-laki lebih banyak daripada perempuan dalam melakukan pelayanan surat
Kontrol:
Ka. Sub Bagian TU & Kepegawaian L : 0 P : 1
Manfaat:
Dengan adanya jadwal bergilir dalam pelayanan surat pada Loket Digital Surat masuk, diharapkan setiap staf memiliki kewajiban dan tanggung jawab yang sama.
Masih kurangnya SDM di Sub Bagian TU & Kepegawaian yang memiliki kemampuan berkomunikasi dan kemampuan pelayanan publik yang baik Banyaknya anggapan bahwa petugas loket laki-laki lebih tegas dan tanggap dalam melakukan pelayanan surat Terpenuhinya pelayanan tata usaha umum, persuratan, dan kepegawaian di lingkungan Sekretariat Daerah Melakukan rapat koordinasi internal terkait pengembangan Loket Digital Surat Masuk 1. Sosialisasi pengembangan Aplikasi Surat Masuk Online (SMOL) 2. Monitoring & Evaluasi Aplikasi SMOL dan Loket Digital Surat Masuk 3. Melakukan penjadwalan bergilir petugas pelayanan Loket Digital Surat Masuk Melakukan rapat koordinasi internal terkait pengembangan Loket Digital Surat Masuk Tahun 2024 diikuti oleh : L : 12 (54,55%) P : 10 (45,44%)
Output:
Indikator Aktivitas : Jumlah pegawai yang melakukan pelayanan di Loket Digital Surat Masuk L : 2 (33,33%) P : 4 (66,67%) Indikator Sub Kegiatan : Jumlah laporan penyediaan jasa surat menyurat 12 Laporan Indikator Kegiatan : Persentase ketersediaan jasa pelayanan umum kantor dan jasa surat menyurat yang tepat waktu dan tepat sasaran 100% Indikator Program : Persentase ketepatan waktu penyediaan jasa surat menyurat dan penyediaan jasa pelayanan umum kantor 100%
Outcome:
kebiajkan pelayanan umum berbasis gender