Gender Analysis Pathway
Kecamatan Kenjeran

Langkah 1 Langkah 2 Langkah 3 Langkah 4 Langkah 5 Langkah 6 Langkah 7 Langkah 8 Langkah 9
Pilih Kebijakan/Program/Kegiatan yang akan dianalisis Data Pembuka Wawasan Isu Gender Kebijakan dan Rencana Ke Depan Pengukuran Hasil
Faktor Kesenjangan Sebab Kesenjangan Internal Sebab Kesenjangan Eksternal Reformulasi Tujuan Rencana Aksi Data Dasar (Base-line) Indikator Gender
1 2 3 4 5 6 7 8 9
Program:
PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA DAN KELURAHAN
Kegiatan:
Pemberdayaan Lembaga Kemasyarakatan Tingkat Kecamatan
Sub Kegiatan:
Fasilitasi Pengembangan Usaha Ekonomi Masyarakat
Tujuan Sub Kegiatan:
Meningkatkan Jumlah frekuensi fasilitasi pengembangan usaha ekonomi masyarakat dan meningkatkan kualitas produksi pemasaran
Data Umum:
Jenis UMKM yang ada di Kecamatan Kenjeran antara lain : 1. UMKM makanan dan Minuman L: 14 P :152 2. UMKM Handycraf f L:12 P:31 UMKM Tokel L:6 P:35
Jumlah UMKM UMKM aktif :378 UMKM yang tidak aktif : 0
Fasilitasi Pengurusan NIB yang diadakan di Kecamatan dan Kelurahan Jumlah UMKM yang ber NIB : 326 Jumlah UMKM yang belum ber NIB :52
Melakukan pembinaan : 1 . Pembinaan Pengemasan Produk : 1 kali 2. Pembinaan Pemasaran Produk : 1 kali
difasilitasi untuk pemasaran melalui : 1. epeken 2. bazar UMKM dilakukan secara rutin setiap minggu 5. Galery UMKM di Kantor Kecamatan Kenjeran Pejabat Pelaksana sub kegiatan 2022 L: 2 P: 4
Akses:
Pelaku usaha mendapatkan akses dari kecamatan
Partisipasi:
Tidak semua Pelaku usaha berpartisipasi mengikuti kegiatan yang diadakan dikecamatan
Kontrol:
Kelompok UMKM mengikuti pelatihan berdasarkan undangan dari kecamatan dan rekomendasi dari Paguyuban UMKM
Manfaat:
Peningkatan ekonomi keluarga bagi pelaku UMKM Didapat data pelaku Usaha mikro baik yang ber NIB atau belum, sehingga bermanfat sebagai masukan untuk menetukan intervensi yang tepat bagi UMKM agar meningkat/ berdaya
- Kurangnya sosialisasi dalam pengurusan NIB - SDM yang melaksanaka n pendataan masih orang yang sama - Kelompok UMKM dalam Paguyuban belum memahami pentingnya NIB - Adanya persepsi dari masyarakat jika kegiatankegiatan terkait urusan kesra lebih sesuai jika dilaksanakan perempuan - Kurangnya motivasi bagi UMKM dalam pengembang an usahanya Meningkatkan Jumlah frekuensi fasilitasi pengembangan usaha ekonomi masyarakat dan meningkatkan kualitas produksi pemasaran dengan mempertimbangkan partisipasi masyarakat atau pengusaha 1. Pendataan UMKM 1 kali 2. Pembinaan bagi pelaku UMKM 2 kali 3. Pelatihan Pemasaran secara Online 2 kali 4. Pelatihan Pembuatan Produk terpilih 6 kali 6. Fasilitasi penjualan produk 52 kali tiap minggu ( bazar UMKM ) 7. Koordinasi dengan dinas terkait 12 kali setiap bulan Pejabat Pelaksana sub kegiatan 2022 L: 2 P: 4 Pejabat Pelaksana sub kegiatan 2023 L: 2 P: 4
Output:
Terselenggaranya Sosialisasi pelatihan dan Penerbitan NIB
Outcome:
Indikator sub kegiatan : Jumlah frekuensi fasilitasi pengembangan usaha ekonomi masyarakat Indikator kegiatan : Jumlah Potensi Usaha yang difasilitasi Indikator Program : Persentase Potensi Usaha yang difasilitas