Gender Analysis Pathway
Dinas Pendidikan

Langkah 1 Langkah 2 Langkah 3 Langkah 4 Langkah 5 Langkah 6 Langkah 7 Langkah 8 Langkah 9
Pilih Kebijakan/Program/Kegiatan yang akan dianalisis Data Pembuka Wawasan Isu Gender Kebijakan dan Rencana Ke Depan Pengukuran Hasil
Faktor Kesenjangan Sebab Kesenjangan Internal Sebab Kesenjangan Eksternal Reformulasi Tujuan Rencana Aksi Data Dasar (Base-line) Indikator Gender
1 2 3 4 5 6 7 8 9
Program:
1.01.02 Program Pengelolaan Pendidikan
Kegiatan:
1.01.02.2.01 Pengelolaan Pendidikan Sekolah Dasar
Sub Kegiatan:
1.01.02.2.01.28 Pembinaan Kelembagaan dan Manajemen Sekolah
Tujuan Sub Kegiatan:
Tercapainya lembaga pendidikan/sekolah yang bermutu sesuai Standar Nasional Pendidikan
Data Umum:
Jumlah kepala Sekolah SD/MI : L: 282 (42,15%) P: 387 (57,85%)
Adanya kesamaan akses untuk lembaga pendidikan/sekolah yang bermutu sesuai Standar Nasional Pendidikan L: 282 (42,15%) P: 387 (57,85%)
Jumlah kepala Sekolah SD/MI : L: 282 (42,15%) P: 387 (57,85%)
Pejabat pengampu kegiatan Eselon II : L : 1 P : 0 Eselon III : L : 0 P : 1 Eselon IV : L : 0 P : 1
Jumlah kepala Sekolah SD/MI : L: 282 (42,15%) P: 387 (57,85%)
Akses:
Adanya kesamaan akses untuk lembaga pendidikan/sekolah yang bermutu sesuai Standar Nasional Pendidikan L: 282 (42,15%) P: 387 (57,85%)
Partisipasi:
Proporsi jumlah Kepala Sekolah SD/MI lebih besar perempuan daripada jumlah Kepala Sekolah SD/MI laki-laki
Kontrol:
Pejabat pengawas subkegiatan Pembinaan Kelembagaan dan Manajemen Sekolah didominasi oleh perempuan.
Manfaat:
Tercapainya lembaga yang mendapatkan pembinaan untuk peningkatan dan pemetaan mutu Sekolah Dasar
1. Masih adanya SDM di PD terkait yang belum memahami konsep gender 2. Belum terciptanya budaya organisasi yang ramah terhadap salah satu gender Mayoritas Kepala Sekolah SD/MI adalah perempuan, karena dianggap lebih mampu berpartisipasi di kegiatan Tercapainya lembaga pendidikan/sekolah yang bermutu sesuai Standar Nasional Pendidikan dan evaluasi yang responsive gender Sosialisasi sekolah Adiwiyata, Akreditasi sekolah, akreditasi perpustakaan sekolah dan perijinan sekolah Data Jumlah Kepala Sekolah SD/MI yang melaksanaan Evaluasi Pencapaian Pengelolaan Standart Nasional Pendidikan pada Sekolah Dasar, Pelaksanaan Koordinasi, Supervisi dan Fasilitasi Satuan pendidikan sekolah dasar dalam penjaminan mutu untuk memenuhi standart nasional pendidikan
Output:
Jumlah Sekolah Menengah Dasar yang Dilaksanakan Pembinaan Kelembagaan dan manajemen sekolah
Outcome:
Persentase SD terakreditasi minimal B (93,69%)