Gender Analysis Pathway
Dinas Pendidikan

Langkah 1 Langkah 2 Langkah 3 Langkah 4 Langkah 5 Langkah 6 Langkah 7 Langkah 8 Langkah 9
Pilih Kebijakan/Program/Kegiatan yang akan dianalisis Data Pembuka Wawasan Isu Gender Kebijakan dan Rencana Ke Depan Pengukuran Hasil
Faktor Kesenjangan Sebab Kesenjangan Internal Sebab Kesenjangan Eksternal Reformulasi Tujuan Rencana Aksi Data Dasar (Base-line) Indikator Gender
1 2 3 4 5 6 7 8 9
Program:
1.01.02 Program Pengelolaan Pendidikan
Kegiatan:
1.01.02.2.02 Pengelolaan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama
Sub Kegiatan:
1.01.02.2.02.40 Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama
Tujuan Sub Kegiatan:
Tersedianya Guru (Pendidik) dan Tenaga Kependidikan yang diharapkan dengan kualifikasi dan kemampuannya dapat melaksanakan pekerjaan dengan baik dan berkualitas.sesuai dengan Undang-undang Sisdiknas No 20 tahun 2003 yang menyatakan bahwa Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan dan akhlak yang mulia
Data Umum:
Jumlah pendidik dan tenaga kependidikan SMP: L: 1.843 (35,35%) P: 3.370 (64,65%)
Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan fasilitasi kenaikan pangkat/golongan,pemberian promosi, peningkatan kompetensi dan kualifikasi L: 1.843 (35,35%) P: 3.370 (64,65%)
Partisipasi : Jumlah pendidik dan tenaga kependidikan SMP: L: 1.843 (35,35%) P: 3.370 (64,65%)
Kontrol : Pejabat pengampu kegiatan Eselon II : L : 1 P : 0 Eselon III : L : 0 P : 1 Eselon IV : L : 0 P : 1
Manfaat : Jumlah pendidik dan tenaga kependidikan SMP yang mendapatkan fasilitasi kenaikan pangkat/golongan,pemberian promosi, peningkatan kompetensi dan kualifikasi: L: 1.843 (35,35%) P: 3.370 (64,65%)
Akses:
Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan penilaian kinerja L: 1.843 (35,35%) P: 3.370 (64,65%)
Partisipasi:
Proporsi jumlah pendidik dan tenaga kependidikan SMP perempuan lebih besar daripada jumlah pendidik dan tenaga kependidikan SMP laki-laki
Kontrol:
Pejabat pengawas subkegiatan Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama didominasi oleh perempuan
Manfaat:
Pendidik dan tenaga kependidikan mendapatkan fasilitasi kenaikan pangkat/golongan,pemberian promosi, peningkatan kompetensi dan kualifikasi
Mayoritas pendidik dan tenaga kependidikan SMP adalah perempuan, karena dianggap lebih mampu berpartisipasi di sekolah. Mayoritas pendidik dan tenaga kependidikan SMP adalah perempuan, karena dianggap lebih mampu berpartisipasi di sekolah. Tersedianya Guru (Pendidik) dan Tenaga Kependidikan yang diharapkan dengan kualifikasi dan kemampuannya dapat melaksanakan pekerjaan dengan baik dan berkualitas.sesuai dengan Undang-undang Sisdiknas No 20 tahun 2003 yang menyatakan bahwa Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan dan akhlak yang mulia 1. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru SMP 2. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Pengawas SMP 3. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Kepala SMP 4. Penguatan Tim Penilai Angka Kredit. Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan, narasumber yang menyampaikan materi adalah dari guru dan kepala sekolah yang telah mengikuti TOT, akademisi Perguruan Tinggi dan praktisi/pakar Data Jumlah pendidik dan tenaga kependidikan SMP yang mendapatkan fasilitasi kenaikan pangkat/golongan,pemberian promosi, peningkatan kompetensi dan kualifikasi: L: 1.843 (35,35%) P: 3.370 (64,65%)
Output:
Output Jumlah pendidik dan tenaga kependidikan SMP yang mendapatkan fasilitasi kenaikan pangkat/golongan,pemberian promosi, peningkatan kompetensi dan kualifikasi: 1.013 orang
Outcome:
Indeks Pendidikan: 78,52%