Gender Analysis Pathway
Dinas Pendidikan

Langkah 1 Langkah 2 Langkah 3 Langkah 4 Langkah 5 Langkah 6 Langkah 7 Langkah 8 Langkah 9
Pilih Kebijakan/Program/Kegiatan yang akan dianalisis Data Pembuka Wawasan Isu Gender Kebijakan dan Rencana Ke Depan Pengukuran Hasil
Faktor Kesenjangan Sebab Kesenjangan Internal Sebab Kesenjangan Eksternal Reformulasi Tujuan Rencana Aksi Data Dasar (Base-line) Indikator Gender
1 2 3 4 5 6 7 8 9
Program:
1.01.02 Program Pengelolaan Pendidikan
Kegiatan:
1.01.02.2.02 Pengelolaan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama
Sub Kegiatan:
1.01.02.2.02.41 Pembinaan Kelembagaan dan Manajemen Sekolah
Tujuan Sub Kegiatan:
Meningkatkan mutu pembinaan pada kelembagaan dan managemen Sekolah Menengah
Data Umum:
Jumlah Kepala SMP/MTs: L: 176 (52,69%) P: 158 (47,31%)
Akses : Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan pembinaan L: 176 (52,69%) P: 158 (47,31%)
Partisipasi : Jumlah Kepala SMP/MTs: L: 176 (52,69%) P: 158 (47,31%)
Kontrol : Pejabat pengampu kegiatan Eselon II : L : 1 P : 0 Eselon III : L : 0 P : 1 Eselon IV : L : 0 P : 1
Manfaat : Jumlah Kepala SMP/MTs yang mendapatkan pembinaan: L: 176 (52,69%) P: 158 (47,3%)
Akses:
Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan pembinaan L: 176 (52,69%) P: 158 (47,31%)
Partisipasi:
Proporsi jumlah Kepala SMP/MTs laki-laki lebih besar daripada jumlah Kepala SMP/MTs perempuan
Kontrol:
Pejabat pengawas subkegiatan Pembinaan Kelembagaan dan Manajemen Sekolah didominasi oleh laki-laki.
Manfaat:
Kepala SMP/MTs yang mendapatkan pembinaan
1. Masih adanya SDM di PD terkait yang belum memahami konsep gender 2. Belum terciptanya budaya organisasi yang ramah terhadap salah satu gender Mayoritas Kepala SMP/MTs adalah laki-laki, karena dianggap lebih mampu berpartisipasi di sekolah. Meningkatkanya Mutu Kelembagaan dan Managemen Sekolah Menengah Belanja Jasa Asistensi/Pakar/Praktisi untuk sosialisasi akreditasi/reakreditasi serta pendampingan tenaga ahli terkait masalah kelembagaan Data Jumlah Kepala SMP/MTs yang mendapatkan pembinaan L: 176 (52,69%) P: 158 (47,31%)
Output:
Jumlah SMP/MTs yang mendapatkan pembinaan: 225 Satuan Pendidikan
Outcome:
Indeks Pendidikan: 78,52%