Gender Analysis Pathway
Dinas Pendidikan

Langkah 1 Langkah 2 Langkah 3 Langkah 4 Langkah 5 Langkah 6 Langkah 7 Langkah 8 Langkah 9
Pilih Kebijakan/Program/Kegiatan yang akan dianalisis Data Pembuka Wawasan Isu Gender Kebijakan dan Rencana Ke Depan Pengukuran Hasil
Faktor Kesenjangan Sebab Kesenjangan Internal Sebab Kesenjangan Eksternal Reformulasi Tujuan Rencana Aksi Data Dasar (Base-line) Indikator Gender
1 2 3 4 5 6 7 8 9
Program:
1.01.02 Program Pengelolaan Pendidikan
Kegiatan:
1.01.02.2.03 Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini
Sub Kegiatan:
1.01.02.2.03.13 Penyelenggaraan Proses Belajar PAUD
Tujuan Sub Kegiatan:
Agar Peserta didik Paud memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut untuk menjamin pemenuhan hak tumbuh kembang anak usia dini
Data Umum:
Jumlah peserta didik PAUD: L: 72 (0,91%) P: 7.878 (99,09%)
Adanya kesamaan akses untuk mengikuti proses belajar L: 72 (0,91%) P: 7.878 (99,09%)
Partisipasi : Jumlah peserta didik PAUD: L: 72 (0,91%) P: 7.878 (99,09%)
Kontrol : Pejabat pengampu kegiatan Eselon II : L : 1 P : 0 Eselon III : L : 1 P : 0 Eselon IV : L : 0 P : 1
Manfaat : Jumlah peserta didik PAUD yang mengikuti proses belajar: L: 72 (0,91%) P: 7.878 (99,09%)
Akses:
Adanya kesamaan akses untuk mengikuti proses belajar L: 72 (0,91%) P: 7.878 (99,09%)
Partisipasi:
Proporsi jumlah peserta didik PAUD perempuan lebih besar daripada jumlah peserta didik PAUD laki-laki
Kontrol:
Pejabat pengawas subkegiatan Penyelenggaraan Proses Belajar PAUD didominasi oleh laki-laki.
Manfaat:
peserta didik PAUD mengikuti proses belajar
1. Masih adanya SDM di PD terkait yang belum memahami konsep gender 2. Belum terciptanya budaya organisasi yang ramah terhadap salah satu gender Mayoritas peserta didik PAUD adalah perempuan karena dianggap lebih mampu berpartisipasi di sekolah. 1. Agar Peserta didik Paud memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut 2. untuk menjamin pemenuhan hak tumbuh kembang anak usia dini, diperlukan upaya peningkatan kesehatan, gizi, perawatan, pengasuhan, perlindungan, kesejahteraan, dan rangsangan pendidikan yang dilakukan secara simultan, sistematis, menyeluruh, terintegrasi, dan berkesinambungan 1. Pemberian Jasa Pelayanan Tenaga Pendidik PAUD 2. Pemberian Makanan Tambahan bagi peserta didik PAUD 3. Pelaksanaan Prasiaga PAUD yang meliputi tahapan sbb: a. Orientasi Teknik Sistem Pengelolahan Penyelenggaraan Prasiaga PAUD b. Bimbingan Teknik pembina prasiaga PAUD c. Gebyar Prasiaga PAUD d. Family camp PAUD 4. Pelaksanaan rangkaian PAUD HI, sbb: a. Bunda PAUD Menyapa b. Sosialisasi Lingkungan Sekolah Sehat (LSS) Bagi Satuan PAUD c. Kelas Inspirasi Bunda PAUD d. Gerakan Bunda PAUD Mendongeng e. Gerakan Ayo Ke PAUD f. EduCity Tour (Wisata Pendidikan) Bersama Bunda PAUD Data Jumlah peserta didik PAUD yang mengikuti proses belajar L: 72 (0,91%) P: 7.878 (99,09%)
Output:
Jumlah peserta didik PAUD yang mengikuti proses belajar 88.678 Peserta Didik
Outcome:
Indeks Pendidikan: 78,52%