Gender Analysis Pathway
Dinas Pendidikan

Langkah 1 Langkah 2 Langkah 3 Langkah 4 Langkah 5 Langkah 6 Langkah 7 Langkah 8 Langkah 9
Pilih Kebijakan/Program/Kegiatan yang akan dianalisis Data Pembuka Wawasan Isu Gender Kebijakan dan Rencana Ke Depan Pengukuran Hasil
Faktor Kesenjangan Sebab Kesenjangan Internal Sebab Kesenjangan Eksternal Reformulasi Tujuan Rencana Aksi Data Dasar (Base-line) Indikator Gender
1 2 3 4 5 6 7 8 9
Program:
1.01.02 Program Pengelolaan Pendidikan
Kegiatan:
1.01.02.2.03 Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Sub Kegiatan:
1.01.02.2.03.16 Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan PAUD
Tujuan Sub Kegiatan:
Meningkatkan kompetensi guru PAUD agar dapat mengemban kewenangannya dengan cara yang mudah diakses
Data Umum:
Jumlah guru PAUD yang mendapat penilaian kinerja : L: 42 (0,98%) P: 4.245 (99,02%)
Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan L: 42 (0,98%) P: 4.245 (99,02%)
Partisipasi : Jumlah siswa Jumlah guru PAUD yang mendapat penilaian kinerja : L: 42 (0,98%) P: 4.245 (99,02%)
Kontrol : Pejabat pengampu kegiatan Eselon II : L : 1 P : 0 Eselon III : L : 1 P : 0 Eselon IV : L : 1 P : 0
Manfaat : Jumlah Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang Mendapatkan Fasilitasi Kenaikan Pangkat/Golongan, Pemberian Promosi, Peningkatan Kompetensi dan Kualifikasi L: 42 (0,98%) P: 4.245 (99,02%)
Akses:
Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan L: 42 (0,98%) P: 4.245 (99,02%)
Partisipasi:
Proporsi jumlah Guru PAUD laki-laki lebih besar dari pada jumlah Guru PAUD perempuan
Kontrol:
Pejabat pengawas subkegiatan Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan PAUD didominasi oleh laki-laki
Manfaat:
Peningkatan kompetensi Guru dan Tenaga Kependiidkan dalam pengembagan karir
1. Masih adanya SDM di PD terkait yang belum memahami konsep gender 2. Belum terciptanya budaya organisasi yang ramah terhadap salah satu gender Mayoritas Guru PAUD adalah perempuan, karena dianggap lebih mampu berpartisipasi di kegiatan Meningkatkan kompetensi guru PAUD agar dapat mengemban kewenangannya dengan cara yang mudah diaksesdan evaluasi yang responsive gender 1. Sosialisasi Pendidikan dan Pelatihan Berjenjang bagi Pendidik tingkat PAUD 2. Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Berjenjang bagi Pendidik tingkat PAUD 3. Beasiswa S1 RPL PAUD 4. Sosialisasi PKG bagi Pendidik jenjang PAUD 5. Sosialisasi website Siagus bagi Operator TK Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan L: 42 (0,98%) P: 4.245 (99,02%)
Output:
Jumlah Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang Mendapatkan Fasilitasi Kenaikan Pangkat/Golongan, Pemberian Promosi, Peningkatan Kompetensi dan Kualifikasi
Outcome:
Persentase guru PAUD yang kompeten : 100%