Gender Analysis Pathway
Dinas Pendidikan

Langkah 1 Langkah 2 Langkah 3 Langkah 4 Langkah 5 Langkah 6 Langkah 7 Langkah 8 Langkah 9
Pilih Kebijakan/Program/Kegiatan yang akan dianalisis Data Pembuka Wawasan Isu Gender Kebijakan dan Rencana Ke Depan Pengukuran Hasil
Faktor Kesenjangan Sebab Kesenjangan Internal Sebab Kesenjangan Eksternal Reformulasi Tujuan Rencana Aksi Data Dasar (Base-line) Indikator Gender
1 2 3 4 5 6 7 8 9
Program:
1.01.02 Program Pengelolaan Pendidikan
Kegiatan:
1.01.02.2.03 Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Sub Kegiatan:
1.01.02.2.03.17 Pembinaan Kelembagaan dan Manajemen PAUD
Tujuan Sub Kegiatan:
Pembinaan terhadap lembaga PAUD danmendorong lembaga PAUD agar meningkatkan mutu/kualitasnya
Data Umum:
Jumlah Kepala/Ketua TK: L: 14 (1,17%) P: 1.186 (98,83%)
Adanya kesamaan akses untuk pelaksanaan pengelolaan dan penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal Negeri : L: 14 (1,17%) P: 1.186 (98,83%)
Partisipasi : Jumlah Kepala/Ketua TK: L: 14 (1,17%) P: 1.186 (98,83%)
Kontrol : Pejabat pengampu kegiatan Eselon II : L : 1 P : 0 Eselon III : L : 1 P : 0 Eselon IV : L : 1 P : 0
Manfaat : Pelaksanaan Pembinaan Kelembagaan dan Manajemen serta mendorong lembaga PAUD meningkatkan mutu/kualitasnya
Akses:
Adanya kesamaan akses untuk pelaksanaan pengelolaan dan penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal Negeri : L: 14 (1,17%) P: 1.186 (98,83%)
Partisipasi:
Proporsi jumlah Kepala/Ketua TK perempuan lebih besar dari pada jumlah Guru Kepala/Ketua TK laki-laki
Kontrol:
Pejabat pengawas subkegiatan Pembinaan Kelembagaan dan Manajemen PAUD didominasi oleh laki-laki.
Manfaat:
Peningkatan kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan dalam pengembagan karir
1. Masih adanya SDM di PD terkait yang belum memahami konsep gender 2. Belum terciptanya budaya organisasi yang ramah terhadap salah satu gender Mayoritas Kepala/Ketua TK adalah prempuan, karena dianggap lebih mampu berpartisipasi di kegiatan Melakukan pembinaan terhadap lembaga PAUD dan evaluasi yang responsive gender 1. Pendampingan Satuan PAUD untuk Akreditasi, Dapodik, Profil, Pengisian Aplikasi PAUD 2. Pelayanan Perijinan 3. Mendukung program kerja bunda PAUD Kota Surabaya Adanya kesamaan akses untuk penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal Negeri L: 14 (1,17%) P: 1.186 (98,83%)
Output:
Jumlah PAUD yang Dilaksanakan Pembinaan Kelembagaan dan Manajemen
Outcome:
Persentase guru yang mendapat pengembangan karir : 28%