Gender Analysis Pathway
Dinas Pendidikan

Langkah 1 Langkah 2 Langkah 3 Langkah 4 Langkah 5 Langkah 6 Langkah 7 Langkah 8 Langkah 9
Pilih Kebijakan/Program/Kegiatan yang akan dianalisis Data Pembuka Wawasan Isu Gender Kebijakan dan Rencana Ke Depan Pengukuran Hasil
Faktor Kesenjangan Sebab Kesenjangan Internal Sebab Kesenjangan Eksternal Reformulasi Tujuan Rencana Aksi Data Dasar (Base-line) Indikator Gender
1 2 3 4 5 6 7 8 9
Program:
1.01.02 Program Pengelolaan Pendidikan
Kegiatan:
1.01.02.2.04 Pengelolaan Pendidikan Nonformal/Kesetaraan
Sub Kegiatan:
1.01.02.2.04.10 Penyediaan Biaya Personil Peserta Didik Nonformal/Kesetaraan
Tujuan Sub Kegiatan:
Terwujudnya Satuan Pendidikan yang memenuhi Standar Nasional Pendidikan
Data Umum:
Jumlah Siswa SKB (Sanggar Kegiatan Belajar): L: 37 (71,15%) P: 15 (28,85%)
Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan biaya operasional pendidikan L: 37 (71,15%) P: 15 (28,85%)
Partisipasi : Jumlah Siswa SKB (Sanggar Kegiatan Belajar): L: 37 (71,15%) P: 15 (28,85%)
Kontrol : Pejabat pengampu kegiatan Eselon II : L : 1 P : 0 Eselon III : L : 1 P : 0 Eselon IV : L : 1 P : 0
Manfaat : Jumlah SKB (Sanggar Kegiatan Belajar) untuk mendapatkan untuk mendapatkan biaya operasional pendidikan L: 37 (71,15%) P: 15 (28,85%)
Akses:
Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan biaya operasional pendidikan L: 37 (71,15%) P: 15 (28,85%)
Partisipasi:
Proporsi jumlah Siswa SKB (Sanggar Kegiatan Belajar) laki-laki lebih besar dari pada SKB (Sanggar Kegiatan Belajar) perempuan
Kontrol:
Pejabat pengawas subkegiatan Penyediaan Biaya Personil Peserta Didik Nonformal/Kesetaraan didominasi oleh laki-laki.
Manfaat:
Peserta didik dapat mendapatkan layanan pendidikan yang layak tanpa adanya pungutan
1. Masih adanya SDM di PD terkait yang belum memahami konsep gender 2. Belum terciptanya budaya organisasi yang ramah terhadap salah satu gender Mayoritas Siswa SKB (Sanggar Kegiatan Belajar) adalah laki-laki, karena dianggap lebih mampu berpartisipasi di kegiatan belajar Terwujudnya Satuan Pendidikan yang memenuhi Standar Nasional Pendidikan dan evaluasi yang responsive gender Pemberian biaya operasional kegiatan SKB dalam rangka penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar peserta didik SKB Data Jumlah Siswa SKB (Sanggar Kegiatan Belajar): L: 37 (71,15%) P: 15 (28,85%)
Output:
Satuan Pendidikan yang mendapat penyediaan biaya personil 1 lembaga
Outcome:
Persentase Pendidikan Nonformal/Kesetaraan yang sesuai standar nasional pendidikan : 87,60%