Gender Analysis Pathway
Dinas Pendidikan

Langkah 1 Langkah 2 Langkah 3 Langkah 4 Langkah 5 Langkah 6 Langkah 7 Langkah 8 Langkah 9
Pilih Kebijakan/Program/Kegiatan yang akan dianalisis Data Pembuka Wawasan Isu Gender Kebijakan dan Rencana Ke Depan Pengukuran Hasil
Faktor Kesenjangan Sebab Kesenjangan Internal Sebab Kesenjangan Eksternal Reformulasi Tujuan Rencana Aksi Data Dasar (Base-line) Indikator Gender
1 2 3 4 5 6 7 8 9
Program:
1.01.02 Program Pengelolaan Pendidikan
Kegiatan:
1.01.02.2.04 Pengelolaan Pendidikan Non Formal/Kesetaraan
Sub Kegiatan:
1.01.02.2.04.12 Penyelenggaraan Proses Belajar Nonformal/Kesetaraan
Tujuan Sub Kegiatan:
Peserta didik memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut untuk menjamin pemenuhan hak peserta didik
Data Umum:
Jumlah peserta didik: L: 2.175 (34,59%) P: 4.113 (65,41%)
Adanya kesamaan akses untuk mengikuti proses belajar L: 2.175 (34,59%) P: 4.113 (65,41%)
Partisipasi : Jumlah peserta didik: L: 2.175 (34,59%) P: 4.113 (65,41%)
Kontrol : Pejabat pengampu kegiatan Eselon II : L : 1 P : 0 Eselon III : L : 1 P : 0 Eselon IV : L : 0 P : 1
Manfaat : Jumlah peserta didik yang mengikuti proses belajar: L: 2.175 (34,59%) P: 4.113 (65,41%)
Akses:
Adanya kesamaan akses untuk mengikuti proses belajar L: 2.175 (34,59%) P: 4.113 (65,41%)
Partisipasi:
Proporsi jumlah peserta didik perempuan lebih besar daripada jumlah peserta didik laki-laki
Kontrol:
Pejabat pengawas subkegiatan Penyelenggaraan Proses Belajar Nonformal/Kesetaraan didominasi oleh laki-laki.
Manfaat:
Peserta didik mengikuti proses belajar
1. Masih adanya SDM di PD terkait yang belum memahami konsep gender 2. Belum terciptanya budaya organisasi yang ramah terhadap salah satu gender Mayoritas peserta didik adalah perempuan, karena dianggap lebih mampu berpartisipasi di sekolah. 1. Agar Peserta didik memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut 2. untuk menjamin pemenuhan hak peserta didik 1. Pemberian Jasa Pelayanan Tenaga Pendidik PNF 2. Pemberian Jasa Pelayanan Tenaga Pendidik Keagamaan 3. Pelaksanaan Penilaian Akhir Jenjang 4. Pelaksanaan Asesmen Nasional 5. Monitoring Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar PNF Data jumlah peserta didik yang mengikuti proses belajar: L: 2.175 (34,59%) P: 4.113 (65,41%)
Output:
Jumlah peserta didik yang mengikuti proses belajar: 2.792 Peserta Didik
Outcome:
Indeks Pendidikan: 78,52%