Gender Analysis Pathway
Dinas Pendidikan

Langkah 1 Langkah 2 Langkah 3 Langkah 4 Langkah 5 Langkah 6 Langkah 7 Langkah 8 Langkah 9
Pilih Kebijakan/Program/Kegiatan yang akan dianalisis Data Pembuka Wawasan Isu Gender Kebijakan dan Rencana Ke Depan Pengukuran Hasil
Faktor Kesenjangan Sebab Kesenjangan Internal Sebab Kesenjangan Eksternal Reformulasi Tujuan Rencana Aksi Data Dasar (Base-line) Indikator Gender
1 2 3 4 5 6 7 8 9
Program:
1.01.02 Program Pengelolaan Pendidikan
Kegiatan:
1.01.02.2.04 Pengelolaan Pendidikan Non Formal/Kesetaraan
Sub Kegiatan:
1.01.02.2.04.15 Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Nonformal/Kesetaraan
Tujuan Sub Kegiatan:
meningkatkan kompetensi guru dan tenaga kependidikan Nonformal/Kesetaraan lingkungan Dinas Pendidikan Kota Surabaya.
Data Umum:
Jumlah pendidik dan tenaga kependidikan PKBM: L: 182 (32,97%) P: 370 (67,03%)
Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan fasilitasi kenaikan pangkat/golongan, pemberian promosi, peningkatan kompetensi dan kualifikasi L: 182 (32,97%) P: 370 (67,03%)
Partisipasi : Jumlah pendidik dan tenaga kependidikan PKBM: L: 182 (32,97%) P: 370 (67,03%)
Kontrol : Pejabat pengampu kegiatan Eselon II : L : 1 P : 0 Eselon III : L : 1 P : 0 Eselon IV : L : 1 P : 0
Manfaat : Jumlah pendidik dan tenaga kependidikan PKBM yang mendapatkan fasilitasi kenaikan pangkat/golongan, pemberian promosi, peningkatan kompetensi dan kualifikasi: L: 182 (32,97%) P: 370 (67,03%)
Akses:
Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan fasilitasi kenaikan pangkat/golongan, pemberian promosi, peningkatan kompetensi dan kualifikasi L: 182 (32,97%) P: 370 (67,03%)
Partisipasi:
Proporsi jumlah pendidik dan tenaga kependidikan PKBM perempuan lebih besar daripada jumlah pendidik dan tenaga kependidikan laki-laki
Kontrol:
Kontrol: Pejabat pengawas subkegiatan Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Nonformal/Kesetaraan
Manfaat:
Pendidik dan tenaga kependidikan PKBM mendapatkan fasilitasi kenaikan pangkat/golongan, pemberian promosi, peningkatan kompetensi dan kualifikasi
1. Masih adanya SDM di PD terkait yang belum memahami konsep gender 2. Belum terciptanya budaya organisasi yang ramah terhadap salah satu gender Mayoritas pendidik dan tenaga kependidikan PKBM adalah perempuan, karena dianggap lebih mampu berpartisipasi di kegiatan Meningkatkan kompetensi guru dan tenaga kependidikan Nonformal/Kesetaraan lingkungan Dinas Pendidikan Kota Surabaya Pelatihan setara Daring bagi pendidik di Pelatihan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Data Jumlah pendidik dan tenaga kependidikan PKBM: L: 182 (32,97%) P: 370 (67,03%)
Output:
Jumlah pendidik dan tenaga kependidikan yang mendapatkan fasilitasi kenaikan pangkat/golongan, pemberian promosi, peningkatan kompetensi dan kualifikasi: 250 Orang
Outcome:
Indeks Pendidikan: 78,52 %