Gender Analysis Pathway
Dinas Pendidikan

Langkah 1 Langkah 2 Langkah 3 Langkah 4 Langkah 5 Langkah 6 Langkah 7 Langkah 8 Langkah 9
Pilih Kebijakan/Program/Kegiatan yang akan dianalisis Data Pembuka Wawasan Isu Gender Kebijakan dan Rencana Ke Depan Pengukuran Hasil
Faktor Kesenjangan Sebab Kesenjangan Internal Sebab Kesenjangan Eksternal Reformulasi Tujuan Rencana Aksi Data Dasar (Base-line) Indikator Gender
1 2 3 4 5 6 7 8 9
Program:
1.01.02 Program Pengelolaan Pendidikan
Kegiatan:
1.01.02.2.04 Pengelolaan Pendidikan Non Formal/Kesetaraan
Sub Kegiatan:
1.01.02.2.04.16 Pembinaan Kelembagaan dan Manajemen Sekolah Nonformal/Kesetaraan
Tujuan Sub Kegiatan:
Memberikan pemahaman dan pengetahuan dalam rangka meningkatkan peran pengelola LKP dan PKBM sebagai fasilitator peningkatan mutu dari segi pengelolaan operasional kelembagaan maupun dari segi pembelajaran
Data Umum:
Jumlah kepala/ketua PKBM: L: 14 (46,67%) P: 16 (53,33%)
Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan pembinaan kelembagaan dan manajemen L: 14 (46,67%) P: 16 (53,33%)
Partisipasi : Jumlah kepala/ketua PKBM: L: 14 (46,67%) P: 16 (53,33%)
Kontrol : Pejabat pengampu kegiatan Eselon II : L : 1 P : 0 Eselon III : L : 1 P : 0 Eselon IV : L : 1 P : 0
Manfaat : Jumlah kepala/ketua PKBM yang mendapatkan mendapatkan pembinaan kelembagaan dan manajemen: L: 14 (46,67%) P: 16 (53,33%)
Akses:
Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan pembinaan kelembagaan dan manajemen L: 14 (46,67%) P: 16 (53,33%)
Partisipasi:
Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan pembinaan kelembagaan dan manajemen L: 14 (46,67%) P: 16 (53,33%)
Kontrol:
Pejabat pengawas subkegiatan Pembinaan Kelembagaan dan Manajemen Sekolah Nonformal/Kesetaraan didominasi oleh laki-laki.
Manfaat:
Kepala/ketua PKBM dapat mendapatkan pembinaan kelembagaan dan manajemen
Masih adanya SDM di PD terkait yang belum memahami konsep gender 2. Belum terciptanya budaya organisasi yang ramah terhadap salah satu gender Mayoritas kepala/ketua PKBM adalah perempuan, karena dianggap lebih mampu berpartisipasi di kegiatan Memberikan pemahaman dan pengetahuan dalam rangka meningkatkan peran pengelola LKP dan PKBM sebagai fasilitator peningkatan mutu dari segi pengelolaan operasional kelembagaan maupun dari segi pembelajaran Sosialisasi dan pembinaan lembaga Data Jumlah kepala/ketua PKBM yang mendapatkan pembinaan kelembagaan dan manajemen L: 14 (46,67%) P: 16 (53,33%)
Output:
Jumlah kepala/ketua PKBM yang mendapatkan pembinaan kelembagaan dan manajemen: 293 satuan pendidikan
Outcome:
Indeks Pendidikan: 78,52%