Gender Analysis Pathway
Dinas Pendidikan

Langkah 1 Langkah 2 Langkah 3 Langkah 4 Langkah 5 Langkah 6 Langkah 7 Langkah 8 Langkah 9
Pilih Kebijakan/Program/Kegiatan yang akan dianalisis Data Pembuka Wawasan Isu Gender Kebijakan dan Rencana Ke Depan Pengukuran Hasil
Faktor Kesenjangan Sebab Kesenjangan Internal Sebab Kesenjangan Eksternal Reformulasi Tujuan Rencana Aksi Data Dasar (Base-line) Indikator Gender
1 2 3 4 5 6 7 8 9
Program:
1.01.04 Program Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Kegiatan:
1.01.04.2.01 Pemerataan Kuantitas dan Kualitas Pendidik dan Tenaga Kependidikan bagi Satuan Pendidikan Dasar, PAUD, dan Pendidikan Non Formal/Kesetaraan
Sub Kegiatan:
1.01.04.2.01.02 Penataan Pendistribusian Pendidik dan Tenaga Kependidikan bagi Satuan Pendidikan Dasar, PAUD, dan Pendidikan Nonformal/Kesetaraan
Tujuan Sub Kegiatan:
Mendistribusikan guru dan tenaga kependidikan sesuai kebutuhan sekolah serta meningkatkan kesejahteraan guru
Data Umum:
Jumlah penerima Jaspel TPP bagi pendidik sd dan smp negeri/swasta: L: 440 (32,09%) P: 931 (67,91%)
Adanya kesamaan akses pendistribusian pendidik dan tenaga kependidikan bagi satuan pendidikan dasar, PAUD dan pendidikan Non Formal/Kesetaraan L: 440 (32,09%) P: 931 (67,91%)
Jumlah penerima Jaspel TPP bagi pendidik sd dan smp negeri/swasta: L: 440 (32,09%) P: 931 (67,91%)
Kontrol : Pejabat pengampu kegiatan Eselon II : L : 1 P : 0 Eselon III : L : 1 P : 0 Eselon IV : L : 0 P : 1
Manfaat : Penataan pendistribusian pendidik dan tenaga kependidikan bagi satuan pendidikan dasar, PAUD dan pendidikan Non Formal/Kesetaraan sesuai dengan kebutuhan : L: 440 (32,09%) P: 931 (67,91%)
Akses:
Adanya kesamaan akses pendistribusian pendidik dan tenaga kependidikan bagi satuan pendidikan dasar, PAUD dan pendidikan Non Formal/Kesetaraan L: 440 (32,09%) P: 931 (67,91%)
Partisipasi:
Proporsi jumlah penerima Jaspel TPP bagi pendidik sd dan smp negeri/swasta perempuan lebih besar daripada jumlah penerima Jaspel TPP bagi pendidik sd dan smp negeri/swasta laki-laki
Kontrol:
Pejabat pengawas subkegiatan Penataan Pendistribusian Pendidik dan Tenaga Kependidikan bagi Satuan Pendidikan Dasar, PAUD, dan Pendidikan Nonformal/Kesetaraan didominasi oleh perempuan
Manfaat:
Pemerataan guru dan tenaga kependidikan sesuai dengan kebutuhan sekolah serta dapat meninngkatkan kesejahteraan guru
1. Masih adanya SDM di PD terkait yang belum memahami konsep gender 2. Belum terciptanya budaya organisasi yang ramah terhadap salah satu gender Mayoritas penerima Jaspel TPP bagi pendidik sd dan smp negeri/swasta adalah perempuan , karena dianggap lebih mampu berpartisipasi di kegiatan Mendistribusikan guru dan tenaga kependidikan sesuai kebutuhan sekolah serta meningkatkan kesejahteraan guru dan evaluasi yang responsive gender - Pemberian Tambahan Perbaikan Penghasilan - Penyaluran BKK Propinsi berupa BPPDGS dan Honorarium Kinerja Guru Non PNS Jumlah penerima Jaspel TPP bagi pendidik sd dan smp negeri/swasta: L: 440 (32,09%) P: 931 (67,91%)
Output:
Jumlah Laporan Hasil Pelaksanaan Penataan Pendistribusian Pendidik dan Tenaga Kependidikan Satuan Pendidikan Dasar, PAUD, dan Pendidikan Non Formal/Kesetaraan 350 laporan
Outcome:
Pemetaan pendistribusian guru dan tenaga kependidikan sesuai dengan kebutuhan sekolah dengan indeks pendidikan : 78,52