Gender Analysis Pathway
Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah

Langkah 1 Langkah 2 Langkah 3 Langkah 4 Langkah 5 Langkah 6 Langkah 7 Langkah 8 Langkah 9
Pilih Kebijakan/Program/Kegiatan yang akan dianalisis Data Pembuka Wawasan Isu Gender Kebijakan dan Rencana Ke Depan Pengukuran Hasil
Faktor Kesenjangan Sebab Kesenjangan Internal Sebab Kesenjangan Eksternal Reformulasi Tujuan Rencana Aksi Data Dasar (Base-line) Indikator Gender
1 2 3 4 5 6 7 8 9
Program:
Program Pengelolaan Keuangan Daerah
Kegiatan:
Koordinasi dan Pelaksanaan Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Daerah
Sub Kegiatan:
Penyusunan Analisis laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD
Tujuan Sub Kegiatan:
Meningkatkan Jumlah Dokumen Hasil Analisis Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Sasaran Sub Kegiatan Dokumen Laporan Keuangan Pemerintah Daerah
Data Umum:
Jumlah Perangkat Daerah di Kota Surabaya : 60 Perangkat Daerah Data bendahara dan Pejabat Penatausahaan Keuangan di lingkungan Pemerintah Kota Surabaya
L : 44 P : 93 Eselon III: L : 1 P : 0
-
-
-
Akses:
Adanya akses informasi terkait Dokumen Hasil Analisis Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD
Partisipasi:
Proporsi Pejabat Pengelola Keuangan Perangkat Daerah, berjenis kelamin perempuan lebih tinggi daripada laki- laki
Kontrol:
Proporsi pejabat pengampu Sub Kegiatan Penyusunan Analisis laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD lebih dominan laki-laki daripada perempuan
Manfaat:
Manfaat di Sub Kegiatan Penyusunan Analisis laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD banyak dirasakan oleh kaum perempuan
- Tingkat kemampua n bendahara dan Pejabat Penatausa haan Keuangan Perangkat Daerah masih belum optimal - Masih adanya dominasi perempua n dalam proses penatausa haan keuangan Perangkat Daerah - Adanya perubahan kebijakan terkait pengelolaan keuangan - Perkembangan teknologi yang berdampak pada perubahan sistem aplikasi pengelolaan keuangan - Meningkatkan jumlah Dokumen Hasil Analisis Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD - Meningkatkan penatausahaan pengelolaan keuangan, penyajian Laporan Keuangan Pemerintah Daerah dan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD yang akurat, transparan serta akuntabel Peningkatan kompetensi bendahara dan Pejabat Penatausahaan Keuangan dalam bentuk - Pendampinga n kepada Perangkat Daerah terkait mekanisme penatausaha an keuangan - Sosialisasi Perwali tentang Tata Cara Penghapusan Piutang Retribusi - Sosialisasi Undang- Undang nomor 7 Tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan oleh Direktorat Jenderal Pajak Kantor wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Timur - Sosialisasi Internet Banking Sub Kegiatan Penyusuna n Analisis Laporan Pertanggun gjawaban Pelaksana an APBD pada tahun 2022 telah melaksana kan serangkaia n pendampin gan dan sosilisasi dalam upaya peningkata n kompetensi bendahara dan Pejabat Penatausa haan Keuangan Perangkat Daerah
Output:
Terlaksananya peningkatan kompetensi bendahara dan Pejabat Penatausahaan Keuangan bagi 137 orang
Outcome:
Indikator Sub Kegiatan Jumlah Dokumen Hasil Analisis Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Indikator Kegiatan Jumlah Dokumen Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD yang disusun Indikator Program Persentase ketepatan waktu penyusunan dokumen anggaran