Langkah 1 | Langkah 2 | Langkah 3 | Langkah 4 | Langkah 5 | Langkah 6 | Langkah 7 | Langkah 8 | Langkah 9 |
---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Pilih Kebijakan/Program/Kegiatan yang akan dianalisis | Data Pembuka Wawasan | Isu Gender | Kebijakan dan Rencana Ke Depan | Pengukuran Hasil | ||||
Faktor Kesenjangan | Sebab Kesenjangan Internal | Sebab Kesenjangan Eksternal | Reformulasi Tujuan | Rencana Aksi | Data Dasar (Base-line) | Indikator Gender | ||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 |
Program:
Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Umum
Kegiatan:
Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Umum Sesuai Penugasan Kepala Daerah
Sub Kegiatan:
Fasilitasi, Koordinasi dan Pembinaan ( Bimtek Sosialisasi Konsultasi ) Wawasan Kebangsaan dan Ketahanan Nasional
Tujuan Sub Kegiatan:
Untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap wawasan kebangsaan dan ketahanan nasional |
Data Umum:
Jumlah Warga Kecamatan Krembangan L : 57.890 P : 58.600
Jumlah Tokoh Masyarakat yang menerima informasi tentang Fasilitasi, Koordinasidan Pembinaan ( Bimtek, Sosialisasi, Konsultasi ) wawasan Kebangsaan dan Ketahanan Nasional
L : 373
P : 58
Jumlah Tokoh Masyarakat (LPMK,RW,RT)dalam kegiatan Fasilitasi, Koordinasidan Pembinaan ( Bimtek, Sosialisasi, Konsultasi ) wawasan Kebangsaan dan Ketahanan Nasional di Wilayah Kecamatan: .
L : 373
P : 58
Pejabat yang melakukan pengawasan pada kegiatan tersebut
L : 18
P : 15
Meningkatnya jumlah Tokoh Masyarakat (LPMK,RW,RT) yang mengikuti pembinaan wawasan kebangsaan dan ketahanan nasional
L : 373
P : 58
|
Akses:
Adanya kesamaan kesempatan menerima informasi tentang Fasilitasi, Koordinasi dan Pembinaan ( Bimtek, Sosialisasi, Konsultasi ) wawasan Kebangsaan dan Ketahanan Nasional masyarakat di Wilayah Kecamatan: Namun Jumlah penerima informasi perempuan lebih rendah daripada laki-laki. Dengan perbandingan Laki laki ( 95 %) Perempuan (5 %)
Partisipasi:
o Proporsi jumlah Tokoh Masyarakat (LPMK,RW,RT)yang menerima Fasilitasi, Koordinasi dan Pembinaan ( Bimtek, Sosialisasi, Konsultasi ) wawasan Kebangsaan dan Ketahanan Nasional lebih banyak laki-laki daripada perempuan dengan presentase laki-laki sebanyak 95 %, perempuan 5%.
Kontrol:
Proporsi pejabat yang melakukan pengawasan terhadap kegiatan ini didominasi laki”
Manfaat:
Proporsi Tokoh Masyarakat (LPMK,RW,RT) Laki-laki yang mengikuti kegiatan Fasilitasi, Koordinasi dan Pembinaan ( Bimtek, Sosialisasi, Konsultasi ) wawasan Kebangsaan dan Ketahanan Nasional lebih tinggi dari perempuan Dengan perbandingan Laki laki (95 %) Perempuan (5 %) |
- Tidak semua SDM dalam OPD paham tentang konsep Gender atau pembangunan responsif Gender. - Kurang antusias warga masyarakat dalam mengikuti kegiatan tersebut | Adanya persepsi masyarakat bahwa Fasilitasi, Koordinasi Pembinaan ( Bimtek, Sosialisasi, Konsultasi ) wawasan Kebangsaan dan Ketahanan Nasional adalah laki-laki. Adanya anggapan bahwa perempuan belum punya kemampuan pemahaman Fasilitasi, Koordinasi dan Pembinaan ( Bimtek, Sosialisasi, Konsultasi ) wawasan Kebangsaan dan Ketahanan Nasional | Meningkatkan rasa perduli dan rasa cinta tanah air dan bangsa kepada masyarakat baik yang laki-laki maupun yg perempuan | Meningkatkan mutu pelayanan Tokoh Masyarakat tentang pemahaman mengenai wawasan kebangsaan dan ketahanan nasional baik kepada laki-laki maupun perempuan | Jumlah Tokoh Masyarakat yang menerima informasi dan mengikuti kegiatan tentang Fasilitasi, Koordinasidan Pembinaan ( Bimtek, Sosialisasi, Konsultasi ) wawasan Kebangsaan dan Ketahanan Nasional L : 373 P : 58 |
Output:
Meningkatkan akses informasi tentang tentang Fasilitasi, Koordinasi dan Pembinaan ( Bimtek, Sosialisasi, Konsultasi ) wawasan Kebangsaan dan Ketahanan Nasional masyarakat di Wilayah Kecamatan: dari (2022) L : 95 (%) Menjadi (2023) L: 95 (%) dari (2022) P: 5 (%) Menjadi (2023) P: 5 (%)
Outcome:
Meningkatnya Tokoh Masyarakat (LPMK,RW,RT) yang mengikuti kegiatan Fasilitasi, Koordinasi dan Pembinaan ( Bimtek, Sosialisasi, Konsultasi ) wawasan Kebangsaan dan Ketahanan Nasional. dari (2022) L: 95 (%) Menjadi (2023) L : 95 (%) dari (2022) P : 5 (%) Menjadi (2023) P: 5 (%) |