Gender Analysis Pathway
Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata

Langkah 1 Langkah 2 Langkah 3 Langkah 4 Langkah 5 Langkah 6 Langkah 7 Langkah 8 Langkah 9
Pilih Kebijakan/Program/Kegiatan yang akan dianalisis Data Pembuka Wawasan Isu Gender Kebijakan dan Rencana Ke Depan Pengukuran Hasil
Faktor Kesenjangan Sebab Kesenjangan Internal Sebab Kesenjangan Eksternal Reformulasi Tujuan Rencana Aksi Data Dasar (Base-line) Indikator Gender
1 2 3 4 5 6 7 8 9
Program:
Program Pemasaran Pariwisata
Kegiatan:
Pemasaran Pariwisata Dalam dan Luar Negeri Daya, Destinasi dan Kawasan Strategis Pariwisata Kabupaten/Kota
Sub Kegiatan:
Fasilitasi Kegiatan Pemasaran Pariwisata Baik dalam dan Luar Negeri Pariwisata Kabupaten/Kota
Tujuan Sub Kegiatan:
Memfasilitasi pelajar di Surabaya untuk menjadi Duta Wisata Cak dan Ning Surabaya
Data Umum:
Jumlah Peserta Cak dan Ning pada tahun 2022 Kota Surabaya: L : 32 P : 167
Jumlah Cak dan Ning terpilih (pemenang) pada tahun 2022 Kota Surabaya: L : 15 P : 15
-
-
-
Akses:
Baik laki-laki maupun perempuan mendapat akses informasi secara seimbang melalui media sosial pada sub-kegiatan ini
Partisipasi:
Yang mendaftar sebagai calon Cak dan Ning banyak didominasi perempuan
Kontrol:
Pengontrol sub kegiatan ini adalah Kepala Bidang Pariwisata yang dijabat oleh seorang Perempuan
Manfaat:
Jumlah Cak dan Ning terpilih (pemenang) pada tahun 2022 Kota Surabaya : L : 15 P : 15
1. SDM yang berwawasan wisata gender cukup terbatas 2. kurangnya kesadaran sebagai masyarakat sadar wisata 1. adanya anggapan/persepsi bahwa duta wisata hanya identik dengan perempuan 2. kurangnya informasi terkait peran serta duta wisata Cak dan Ning di dalam masyarakat Memfasilitasi pelajar atau pemuda yang berkesetaraan gender 1. meningkatkan promosi tentang peran serta Duta Wisata dalam mengembangkan destinasi wisata serta dalam bersosialisasi di dalam masyarakat. 2. Menambah wawasan terkait Destinasi Wisata Surabaya melalui media sosial Jumlah Cak dan Ning Surabaya terpilih (pemenang) L : 15 P : 15
Output:
Jumlah Duta Wisata Cak Ning 30 orang: L : 15 P : 15
Outcome:
Terpilihnya Duta Wisata yang dapat mengembangkan budaya dan pariwisata di Kota Surabaya serta mampu mempromosikan potensi budaya dan pariwisata yang ada di Kota Surabaya