Gender Analysis Pathway
Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga

Langkah 1 Langkah 2 Langkah 3 Langkah 4 Langkah 5 Langkah 6 Langkah 7 Langkah 8 Langkah 9
Pilih Kebijakan/Program/Kegiatan yang akan dianalisis Data Pembuka Wawasan Isu Gender Kebijakan dan Rencana Ke Depan Pengukuran Hasil
Faktor Kesenjangan Sebab Kesenjangan Internal Sebab Kesenjangan Eksternal Reformulasi Tujuan Rencana Aksi Data Dasar (Base-line) Indikator Gender
1 2 3 4 5 6 7 8 9
Program:
Penyelenggaraan Jalan
Kegiatan:
Penyelenggaraan Jalan Kabupaten/Kota
Sub Kegiatan:
Pembangunan Jalan
Tujuan Sub Kegiatan:
Meningkatkan konektivitas antar wilayah dengan mewujudkan jaringan jalan yang terpadu
Data Umum:
Jumlah penduduk Kota Surabaya yang melalui fasilitas tersebut 2.971.646 Jiwa L: 1.473.241 Jiwa (49.6%) P: 1.498.405 Jiwa (50.4%)
-
-
-
-
Akses:
Adanya kesamaan akses informasi Pembangunan Jalan Paving Baru antara laki-laki dan perempuan. Namun, pengguna lebih banyak laki-laki.
Partisipasi:
Proporsi jumlah penduduk yang melewati fasilitas tersebut masih didominasi oleh laki-laki.
Kontrol:
Jumlah pejabat pengawas kegiatan Pembangunan Jalan paving, didominasi oleh laki-laki.
Manfaat:
Tersedianya konektifitas serta optimalisai jalan, yang dapat dimanfaatkan penduduk kota surabaya. 1. Kontrol lebih banyak dilakukan oleh laki-laki, baik dari perencanaan, desain, pembangunan maupun pengawasan 2. Manfaat lebih banyak dirasakan oleh laki-laki
Ada SDM yang belum memahami pembangunan yang resposif gender/pembangunan yang mempertimbangkan kebutuhan laki-laki dan perempuan. Anggapan bahwa pembangunan jalan paving adalah untuk kepentingan laki-laki, bahwa yang melewati jalan didominasi oleh laki-laki. Karena anggapan bahwa yang bekerja ke luar rumah memanfaatkan jalan lebih banyak laki-laki, sedangkan perempuan di rumah saja Mewujudkan sistem infrastruktur kota yang terakses, terkoneksi dan menjamin mobilitas melalui ketahanan terhadap bencana, sinkronisasi sistem penataan ruang dan pertahanan, pengoptimalan, utilitas, dan sistem drainase kota serta jaringan transportasi kota yang terpadu. Baik laki-laki maupun perempuan. 1. Belanja bahan – bahan bangunan dan konstruksi 2. Pembangunan Jalan Flexible Pavement 3. Pembangunan Pedestrian dengan Saluran 4. Pembuatan Lantai Atas Pedestrian 5. Pembangunan Jalan Paving Baru adanya kesamaan akses tentang informasi pembangunan jalan sebanyak 2.971.646 Jiwa L: 1.473.241 Jiwa P: 1.498.405 Jiwa Keikutsertaan berdasarkan kategori. Data tentang penduduk kota surabaya yang melalui fasilitas tersebut.sebanyak 2.971.646 Jiwa L: 1.473.241 Jiwa P: 1.498.405 Jiwa Tersedia dan meningkatnya Kinerja Jalan, yang dapat dimanfaatkan penduduk kota surabaya, Sejumlah 9 Lokasi.
Output:
Terwujudnya akses informasi tentang Pembangunan Jalan, yang bisa dimanfaatkan oleh penduduk Kota Surabaya sebanyak : 2.971.646 Jiwa. L : 1.473.241 Jiwa (49.6%) P : 1.498.405 Jiwa (50.4%)
Outcome:
Tersedianya konektifitas serta optimalisai jalan, jembatan, dan kelengkapannya yang dapat dimanfaatkan penduduk kota surabaya. Sejumlah 9 Lokasi dan 300 Lokasi.