Gender Analysis Pathway
Kecamatan Tandes

Langkah 1 Langkah 2 Langkah 3 Langkah 4 Langkah 5 Langkah 6 Langkah 7 Langkah 8 Langkah 9
Pilih Kebijakan/Program/Kegiatan yang akan dianalisis Data Pembuka Wawasan Isu Gender Kebijakan dan Rencana Ke Depan Pengukuran Hasil
Faktor Kesenjangan Sebab Kesenjangan Internal Sebab Kesenjangan Eksternal Reformulasi Tujuan Rencana Aksi Data Dasar (Base-line) Indikator Gender
1 2 3 4 5 6 7 8 9
Program:
Program Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Kelurahan
Kegiatan:
Program Pemberdayaan Mayarakat Desa dan Kelurahan
Sub Kegiatan:
Fasilitasi Pengembangan Usaha Ekonomi Masyarakat
Tujuan Sub Kegiatan:
Laporan Fasilitasi Pengembangan Usaha Ekonomi Masyarakat
Data Umum:
Jumlah UMKM/Pelaku Usaha dI Kecamatan Tandes yang terdata adalah L : 1877; P : 2121
Jumlah Pelaku Usaha yg menerima intervensi L : 1877; P : 2121
Jumlah Pelaku Usaha yg aktif L : 867; P : 1250
Pejabat yang melakukan pengawasan pada kegiatan tersebut - Eselon III: L : 2; P :0 - Eselon IV: L :1; P :0 - Staf : L : 1; P : 3
Meningkatnya perekonomian/pendapatan Masyarakat/pelaku usaha L : 867; P : 1250
Akses:
Adanya kesamaan kesempatan menerima informasi & kesempatan tentang Kegiatan Dengan perbandingan Laki laki (21,7%) Perempuan (25,56 %)
Partisipasi:
Proporsi jumlah Pelaku Usaha/UMKM yg masih aktif lebih banyak perempuan daripada laki-laki dengan presentase laki-laki sebanyak 21,7 %, perempuan 25,56 %.
Kontrol:
Proporsi pejabat yang melakukan pengawasan terhadap kegiatan ini didominasi perempuan.
Manfaat:
Proporsi Pelaku Usaha/UMKM yg masih aktif dalam mengikuti kegiatan dan bertahan dimasa pandemi lebih tinggi perempuan daripada laki -laki
a. Tidak semua Pelaku Usaha yg paham dan mengerti tentang ilmu marketing dan pengembangan usaha b. Kurang tersedianya Sarana dan Prasarana untuk mendukung kegiatan perekonomian Adanya persepsi masyarakat bahwa Pelaku UMKM lebih tepat/baik perempuan karena dianggap lebih telaten Meningkatkan Pemahaman dan pengetahuan dan kemampuan pelaku usaha / UMKM tentang peluang usaha dan ilmu marketing a. Pelatihan Marketing dan peluang usaha b. Mencari peluang usaha dg bekerjasama dg CSR Jumlah Pelaku usaha/UMKM yang menerima informasi tentang Kegiatan pengembangan usaha dan peluang usaha L : 867 P :1250
Output:
Meningkatkan akses informasi pengembangan usaha dan peningkatan peluang usaha bagi UMKM dari (2022) L 498 (36%) Menjadi (2023) L 867 (64%) dari (2022 P 758 (38%) Menjadi (2023) P 1250 (62%)
Outcome:
Meningkatnya omset dan kreatifitas pelaku Usaha/UMKM dari (2022) L 498 (36%) Menjadi (2023) L 867 (64%) dari (2022) P 758 (38%) Menjadi (2023) P 1250 (62%)