Gender Analysis Pathway
Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata

Langkah 1 Langkah 2 Langkah 3 Langkah 4 Langkah 5 Langkah 6 Langkah 7 Langkah 8 Langkah 9
Pilih Kebijakan/Program/Kegiatan yang akan dianalisis Data Pembuka Wawasan Isu Gender Kebijakan dan Rencana Ke Depan Pengukuran Hasil
Faktor Kesenjangan Sebab Kesenjangan Internal Sebab Kesenjangan Eksternal Reformulasi Tujuan Rencana Aksi Data Dasar (Base-line) Indikator Gender
1 2 3 4 5 6 7 8 9
Program:
program pengembangan sumber daya pariwisata dan ekonomi kreatif
Kegiatan:
pelaksanaan peningkatan kapasitas sumber daya manusia pariwisata dan ekonomi kreatif tingkat dasar
Sub Kegiatan:
peningkatan peran serta masyarakat dalam pengembangan kamitraan pariwisata
Tujuan Sub Kegiatan:
memastikan pelaku usaha melaksanakan hasil kesepakatan
Data Umum:
jumlah jenis kelompok pemangku kepentingan pariwisata yang dilakukan penjajakan kerjasama 2 (dua) : jewnis usaha pariwisata dan non government organization (NGO)
usaha pariwisata di kota surabaya yang memiliki NIB
jumlah orang yang mengikuti peningkatan peran serta masyarakat dalam pengembangan kemitraan pariwisata : 250 orang
-
-
Akses:
baik laki-laki maupun perempuan mendapat akses ingormasi secara seimbang melalui media sosial pada sub kegiatan ini
Partisipasi:
pengusaha pariwisata dan non-govermental organization (NGO)
Kontrol:
pengontrol sub kegiatan ini adalah kepala bidang pariwisata yang dijabat oleh seorang perempuan
Manfaat:
meningkatkan peran serta masyarakat dalam pengembangan kemitraan pariwisata
1. SDM yang berwawasan gender cukup terbatas 2. sarana dan prasarana belum memadai 1. adanya anggapan bahwa banyak peraturan yang ahrus dipenuhi tentang perijinan berusaha 2. adanya persepsi bahwa seorang pemimpin harus laki-laki memastikan pelaku usaha melaksanakan hasil kesepakatan dengan lebih responsif gender menambah kelompok pemangku kepentingan pariwisata dalam penjajakan kerjasama dengan usaha pariwisata jenis lainnya jumlah jenis kelompok pemangku kepentingan pariwisata yang dilakukan penjajakan kerjasama sebanyak 4 jenis usaha pariwisata
Output:
jumlah kerjasama yang sudah di MoU kan sebanyak 64 MoU dari 2 jenis usaha pariwisata
Outcome:
meningkatnya jumlah kerjasama yang sudah di MoU kan