Gender Analysis Pathway
Dinas Perhubungan

Langkah 1 Langkah 2 Langkah 3 Langkah 4 Langkah 5 Langkah 6 Langkah 7 Langkah 8 Langkah 9
Pilih Kebijakan/Program/Kegiatan yang akan dianalisis Data Pembuka Wawasan Isu Gender Kebijakan dan Rencana Ke Depan Pengukuran Hasil
Faktor Kesenjangan Sebab Kesenjangan Internal Sebab Kesenjangan Eksternal Reformulasi Tujuan Rencana Aksi Data Dasar (Base-line) Indikator Gender
1 2 3 4 5 6 7 8 9
Program:
Penyelenggaraan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ)
Kegiatan:
Pelaksanaan Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas untuk Jaringan Jalan Kabupaten / Kota
Sub Kegiatan:
Penataan Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas untuk Jaringan Jalan Kabupaten / Kota (Survey Kinerja Lalu Lintas Tahap I)
Tujuan Sub Kegiatan:
Memperoleh data kecepatan rata-rata pada ruas-ruas jalan di Kota Surabaya pada Tahun 2022 Tahap I. Dapat tersusun laporan analisa kecepatan kendaraan di Kota Surabaya melalui Survey Kinerja Lalu Lintas Tahap I.
Data Umum:
Kota Surabaya terdiri dari ±3 juta jiwa dengan luas sekitar 326.360 hektar yang seringkali mengalami kemacetan lalu lintas
Akses informasi kajian survey kinerja lalu lintas tahap I L : 55 persen P : 45 persen
Kegiatan kajian survey kinerja lalu lintas tahap I Lintas mengerahkan personil / pegawai L : 70 persen P : 30 persen
Jumlah pengakses kajian L : 60 persen P : 40 persen
Jumlah pengakses kajian L : 60 persen P : 40 persen
Akses:
Peluang akses dalam menggunakan kajian adalah sama (masyarakat, mahasiswa, peneliti, dan lainnya)
Partisipasi:
Partisipasi gender dalam pekerjaan survey lapangan (survey kinerja) kebanyakan adalah laki laki (pegawai didominasi laki-laki)
Kontrol:
Pejabat yang melakukan pengawasan terhadap kegiatan survey kinerja lalu lintas tahap I didominasi Laki-laki.
Manfaat:
Meminimalisir kemacetan lalu lintas di Surabaya dan dapat menciptakan keamanan bagi semua gender
Belum optimalnya pemahaman SDM perihal konsep gender Masih banyak anggapan bahwa perempuan hanya mengurusi pekerjaan internal. Banyak komponen masyarakat yang tidak mengetahui informasi PUG ketika proses pekerjaan maupun survey lapangan kegiatan kinerja lalu lintas berlangsung. Melakukan kajian terkait kinerja lalu lintas sehingga memperoleh data kecepatan rata-rata pada ruas-ruas jalan di Kota Surabaya pada Tahun 2022 Tahap I agar nyaman dan aman untuk semua gender. Melaksanakan kegiatan Penataan Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas untuk Jaringan Jalan Kabupaten / Kota melalui Survey Kinerja Lalu Lintas Tahap I agar dalam proses pelaksanaannya dapat sesuai dengan kaidah PUG. Sosialisasi kepada seluruh Pegawai Penataan Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas untuk pelaksanaan survey kinerja lalu lintas tahap I sesuai lokasi yang telah ditentukan. Berkoordinasi dengan aparatur terkait lainnya maupun berkoordinasi dengan tenaga ahli atau pakar. Akses informasi kajian survey kinerja lalu lintas tahap I L : 55 persen P : 45 persen Kegiatan kajian survey kinerja lalu lintas tahap I Lintas mengerahkan personil / pegawai tahun 2021 L : 70 persen P : 30 persen tahun 2022 L : 70 persen P : 30 persen Jumlah pengakses kajian tahun 2021 L : 60 persen P : 40 persen tahun 2022 L : 60 persen P : 40 persen
Output:
Tersedianya hasil penelitian berupa dokumen survey kinerja lalu lintas tahap I di Kota Surabaya yang responsif gender.
Outcome:
Terciptanya lalu lintas di Kota Surabaya yang selamat, aman, tertib, lancar dan terkendali untuk semua jenis kendaraan yang beroperasi bagi laki-laki maupun perempuan. Pengendara di Kota Surabaya setara gender baik laki laki maupun perempuan merasa aman, tertib, lancar. Meningkatnya studi terkait oleh umum, mahasiswa maupun ahli/pakar.