Langkah 1 | Langkah 2 | Langkah 3 | Langkah 4 | Langkah 5 | Langkah 6 | Langkah 7 | Langkah 8 | Langkah 9 |
---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Pilih Kebijakan/Program/Kegiatan yang akan dianalisis | Data Pembuka Wawasan | Isu Gender | Kebijakan dan Rencana Ke Depan | Pengukuran Hasil | ||||
Faktor Kesenjangan | Sebab Kesenjangan Internal | Sebab Kesenjangan Eksternal | Reformulasi Tujuan | Rencana Aksi | Data Dasar (Base-line) | Indikator Gender | ||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 |
Program:
Penyelenggaraan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ)
Kegiatan:
Pelaksanaan Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas untuk Jaringan Jalan Kabupaten / Kota
Sub Kegiatan:
Penataan Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas untuk Jaringan Jalan Kabupaten / Kota (Survey Kinerja Lalu Lintas Tahap I)
Tujuan Sub Kegiatan:
Memperoleh data kecepatan rata-rata pada ruas-ruas jalan di Kota Surabaya pada Tahun 2022 Tahap I. Dapat tersusun laporan analisa kecepatan kendaraan di Kota Surabaya melalui Survey Kinerja Lalu Lintas Tahap I. |
Data Umum:
Kota Surabaya terdiri dari ±3 juta jiwa dengan luas sekitar 326.360 hektar yang seringkali mengalami kemacetan lalu lintas
Akses informasi kajian survey kinerja lalu lintas tahap I
L : 55 persen
P : 45 persen
Kegiatan kajian survey kinerja lalu lintas tahap I Lintas mengerahkan personil / pegawai
L : 70 persen
P : 30 persen
Jumlah pengakses kajian
L : 60 persen
P : 40 persen
Jumlah pengakses kajian
L : 60 persen
P : 40 persen
|
Akses:
Peluang akses dalam menggunakan kajian adalah sama (masyarakat, mahasiswa, peneliti, dan lainnya)
Partisipasi:
Partisipasi gender dalam pekerjaan survey lapangan (survey kinerja) kebanyakan adalah laki laki (pegawai didominasi laki-laki)
Kontrol:
Pejabat yang melakukan pengawasan terhadap kegiatan survey kinerja lalu lintas tahap I didominasi Laki-laki.
Manfaat:
Meminimalisir kemacetan lalu lintas di Surabaya dan dapat menciptakan keamanan bagi semua gender |
Belum optimalnya pemahaman SDM perihal konsep gender | Masih banyak anggapan bahwa perempuan hanya mengurusi pekerjaan internal. Banyak komponen masyarakat yang tidak mengetahui informasi PUG ketika proses pekerjaan maupun survey lapangan kegiatan kinerja lalu lintas berlangsung. | Melakukan kajian terkait kinerja lalu lintas sehingga memperoleh data kecepatan rata-rata pada ruas-ruas jalan di Kota Surabaya pada Tahun 2022 Tahap I agar nyaman dan aman untuk semua gender. Melaksanakan kegiatan Penataan Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas untuk Jaringan Jalan Kabupaten / Kota melalui Survey Kinerja Lalu Lintas Tahap I agar dalam proses pelaksanaannya dapat sesuai dengan kaidah PUG. | Sosialisasi kepada seluruh Pegawai Penataan Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas untuk pelaksanaan survey kinerja lalu lintas tahap I sesuai lokasi yang telah ditentukan. Berkoordinasi dengan aparatur terkait lainnya maupun berkoordinasi dengan tenaga ahli atau pakar. | Akses informasi kajian survey kinerja lalu lintas tahap I L : 55 persen P : 45 persen Kegiatan kajian survey kinerja lalu lintas tahap I Lintas mengerahkan personil / pegawai tahun 2021 L : 70 persen P : 30 persen tahun 2022 L : 70 persen P : 30 persen Jumlah pengakses kajian tahun 2021 L : 60 persen P : 40 persen tahun 2022 L : 60 persen P : 40 persen |
Output:
Tersedianya hasil penelitian berupa dokumen survey kinerja lalu lintas tahap I di Kota Surabaya yang responsif gender.
Outcome:
Terciptanya lalu lintas di Kota Surabaya yang selamat, aman, tertib, lancar dan terkendali untuk semua jenis kendaraan yang beroperasi bagi laki-laki maupun perempuan. Pengendara di Kota Surabaya setara gender baik laki laki maupun perempuan merasa aman, tertib, lancar. Meningkatnya studi terkait oleh umum, mahasiswa maupun ahli/pakar. |