Gender Analysis Pathway
Dinas Perhubungan

Langkah 1 Langkah 2 Langkah 3 Langkah 4 Langkah 5 Langkah 6 Langkah 7 Langkah 8 Langkah 9
Pilih Kebijakan/Program/Kegiatan yang akan dianalisis Data Pembuka Wawasan Isu Gender Kebijakan dan Rencana Ke Depan Pengukuran Hasil
Faktor Kesenjangan Sebab Kesenjangan Internal Sebab Kesenjangan Eksternal Reformulasi Tujuan Rencana Aksi Data Dasar (Base-line) Indikator Gender
1 2 3 4 5 6 7 8 9
Program:
Program Peningkatan Sistem Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas
Kegiatan:
Pemeliharaan Perlengkapan Jalan (Pedestrian Crossing Traffic Light-PCTL)
Sub Kegiatan:
Pemeliharaan Perlengkapan Jalan (Pedestrian Crossing Traffic Light-PCTL)
Tujuan Sub Kegiatan:
Memberikan kenyamanan dan meningkatkan keselamatan pengguna jalan
Data Umum:
Data pengguna PCTL yang terpasang di depan sekolah sebanyak 72 unit : L = 40 persen P = 60 persen
Adanya kesamaan informasi perihal penggunaan PTCL di Kota Surabaya : L = 50 persen P = 50 persen
Jumlah pejalan kaki yang menggunakan PCTL : L = 40 persen P = 60 persen
Eselon II : L = 1 P = 0 Eselon III : L = 1 P = 0 Eselon IV : L = 1 P = 0
Meningkatnya kenyamanan dan keselamatan pengguna jalan : L = 50 persen P = 50 persen
Akses:
Adanya kesamaan informasi perihal penggunaan PCTL di Kota Surabaya. Namun jumlah pejalan kaki Laki-laki yang mendapatkan informasi perihal penggunaan PCTL lebih rendah dibanding Perempuan
Partisipasi:
Proporsi pejalan kaki Laki-laki yang menggunakan PTCL, lebih rendah dibandingan Perempuan
Kontrol:
Pejabat yang melakukan pengawasan terhadap kegiatan Pemeliharaan Perlengkapan Jalan didominasi Laki-laki.
Manfaat:
Proporsi pejalan kaki yang menggunakan PCTL Laki-laki untuk mengurangi / mencegah kecelakaan dan meningkatkan keselamatan pengguna jalan lebih rendah dibandingkan laki-laki
Belum optimalnya pemahaman SDM perihal konsep gender. Masih adanya anggapan bahwa perempuan saja yang membutuhkan PCTL untuk menyebrang laki-laki tidak Memberikan kenyamanan dan meningkatkan keselamatan pengguna jalan baik lai-laki maupun perempuan Melakukan Pemeliharaan Perlengkan Jalan. Melakukan Pengadaan Penunjang Perlengkapan Jalan. Melakukan Pemeliharaan APILL. Melakukan Pemeliharaan CCTV dan VMS. Melakukan Pemeliharaan Marka. Melakukan Pemeliharaan Rambu. Melakukan Pembiayaan tenaga operasional pemeliharaan perlengkapan jalan. Adanya kesamaan informasi perihal penggunaan PTCL di Kota Surabaya : L = 50 persen P = 50 persen Jumlah pejalan kaki yang menggunakan PCTL : L = 40 persen P = 60 persen Meningkatnya kenyamanan dan keselamatan pengguna jalan : L = 50 persen P = 50 persen
Output:
Meningkatnya akses informasi perihal penggunaan PTCL di Kota Surabaya : L : dari 50 persen menjadi 70 persen P : dari 50 persen menjadi 70 persen Meningkatnya pejalan kaki yang menggunakan PCTL : L : dari 40 persen menjadi 60 persen P : dari 60 persen menjadi 80 persen
Outcome:
Meningkatnya kenyamanan dan keselamatan pengguna jalan: L : dari 50 persen menjadi 70 persen P : dari 50 persen menjadi 70 persen