Gender Analysis Pathway
Dinas Komunikasi dan Informatika

Langkah 1 Langkah 2 Langkah 3 Langkah 4 Langkah 5 Langkah 6 Langkah 7 Langkah 8 Langkah 9
Pilih Kebijakan/Program/Kegiatan yang akan dianalisis Data Pembuka Wawasan Isu Gender Kebijakan dan Rencana Ke Depan Pengukuran Hasil
Faktor Kesenjangan Sebab Kesenjangan Internal Sebab Kesenjangan Eksternal Reformulasi Tujuan Rencana Aksi Data Dasar (Base-line) Indikator Gender
1 2 3 4 5 6 7 8 9
Program:
Program Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik
Kegiatan:
Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota
Sub Kegiatan:
Pengelolaan Media Komunikasi Publik
Tujuan Sub Kegiatan:
Penyediaan publikasi informasi program Pemerintah Kota Surabaya
Data Umum:
Jumlah penduduk Kota Surabaya L: 1.473.744 (49,6%) P: 1.497.099 (50,4%)
Adanya kesamaan masyarakat untuk mendapatkan publikasi informasi program Pemerintah Kota Surabaya 466.696 Pengikut
Jumlah masyarakat yang mendapatkan publikasi informasi program Pemerintah Kota Surabaya melalui akun Sapawarga Kota Surabaya L: 40.435 (55,3%) P: 32.694 (44,7%) Jumlah masyarakat yang mendapatkan publikasi informasi program Pemerintah Kota Surabaya melalui akun Bangga Surabaya L: 225.467 (57,3%) P: 168.100 (42,7%)
Eselon II : L : 1 P : 0 Eselon III L: 1 P: 0 Eselon IV : L : 1 P : 0
Meningkatkan aksesibilitas masyarakat dalam menerima publikasi informasi terkait program Pemerintah Kota Surabaya L: 265.902 (57%) P: 200.794 (43%)
Akses:
Adanya kesamaan masyarakat untuk mendapatkan publikasi informasi program Pemerintah Kota Surabaya
Partisipasi:
Proporsi laki-laki (55,3%) yang mengikuti akun Sapawarga Kota Surabaya lebih tinggi dibanding perempuan (44,7%) Proporsi laki-laki (57,3%) yang mengikuti akun Bangga Surabaya lebih tinggi dibanding perempuan (42,7%)
Kontrol:
Pejabat pengawas kegiatan Pengelolaan Media Komunikasi Publik didominasi oleh laki-laki.
Manfaat:
Terwujudnya publikasi mengenai informasi program Pemerintah Kota Surabaya
1. Masih belum optimalnya SDM yang mengetahui tentang pembangunan responsif Gender 2. Masih belum optimalnya media KIE perihal edukasi Gender 1. Adanya anggapan pencari nafkah utama adalah laki-laki 2. Pekerjaan domestik hanya bisa dikerjakan oleh perempuan Menerima pengikut sosial media baik lakilaki maupun perempuan Melaksanakan pembuatan dashboard analisa insight sosial media 1. Adanya kesamaan masyarakat untuk mendapatkan publikasi informasi program Pemerintah Kota Surabaya 466.696 Pengikut 2. Jumlah masyarakat yang mendapatkan publikasi informasi program Pemerintah Kota Surabaya melalui akun Sapawarga Kota Surabaya L: 40.435 (55,3%) P: 32.694 (44,7%) masyarakat yang mendapatkan publikasi informasi program Pemerintah Kota Surabaya melalui akun Bangga Surabaya L: 225.467 (57,3%) P: 168.100 (42,7%) 3. Meningkatnya aksesibilitas masyarakat dalam menerima publikasi informasi terkait program Pemerintah Kota Surabaya L: 265.902 (57%) P: 200.794 (43%)
Output:
1. Meningkatkan kesamaan untuk mendapatkan informasi perihal publikasi informasi program Pemerintah Kota Surabaya. 2. Masyarakat yang mendapatkan publikasi informasi program Pemerintah Kota Surabaya melalui akun Sapawarga Kota Surabaya tidak mengalami penaikan maupun penurunan. Masyarakat yang mendapatkan publikasi informasi program Pemerintah Kota Surabaya melalui akun Bangga Surabaya tidak mengalami penaikan maupun penurunan
Outcome:
Terciptanya masyarakat yang menerima publikasi informasi terkait program Pemerintah Kota Surabaya