Gender Analysis Pathway
Dinas Komunikasi dan Informatika

Langkah 1 Langkah 2 Langkah 3 Langkah 4 Langkah 5 Langkah 6 Langkah 7 Langkah 8 Langkah 9
Pilih Kebijakan/Program/Kegiatan yang akan dianalisis Data Pembuka Wawasan Isu Gender Kebijakan dan Rencana Ke Depan Pengukuran Hasil
Faktor Kesenjangan Sebab Kesenjangan Internal Sebab Kesenjangan Eksternal Reformulasi Tujuan Rencana Aksi Data Dasar (Base-line) Indikator Gender
1 2 3 4 5 6 7 8 9
Program:
Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik
Kegiatan:
Pelayanan Keluhan dan Pengaduan Masyarakat, Permohonan Informasi dan Dokumentasi Publik
Sub Kegiatan:
Pelayanan Informasi Publik
Tujuan Sub Kegiatan:
Memberikan pelayanan dengan menerima keluhan dan pengaduan masyarakat serta permohonan informasi dan dokumentasi publik
Data Umum:
Jumlah penduduk Kota Surabaya L: 1.568.984 (49,7%) P: 1.588.142 (50,3%)
Adanya kesamaan untuk mendapatkan informasi perihal layanan Keluhan dan Pengaduan Masyarakat, Permohonan Informasi dan Dokumentasi Publik. 903.413 Orang
1. Jumlah masyarakat yang melakukan keluhan dan pengaduan serta Permohonan Informasi dan Dokumentasi Publik secara offline L: 6 (60%) P: 4 (40%) 2. Jumlah masyarakat yang melakukan keluhan dan pengaduan serta Permohonan Informasi dan Dokumentasi Publik secara online L: 2.376 (66%) P: 1.203 (34%)
Eselon II : L : 1 P : 0 Eselon III L: 0 P:1 Eselon IV : L : 0 P : 1
Meningkatnya aksesibilitas masyarakat dalam menyampaikan Keluhan dan Pengaduan Masyarakat, Permohonan Informasi dan Dokumentasi Publik L: 2.382 (66%) P: 1.207 (34%)
Akses:
Adanya kesamaan masyarakat untuk mendapatkan informasi perihal layanan Pelayanan Keluhan dan Pengaduan Masyarakat, Permohonan Informasi dan Dokumentasi Publik
Partisipasi:
1. Proporsi laki-laki (60%) yang melakukan Keluhan dan Pengaduan serta Permohonan Informasi dan Dokumentasi Publik secara offline lebih tinggi dibandingkan perempuan (40%) 2. Proporsi laki-laki (66%) yang melakukan Keluhan dan Pengaduan serta Permohonan Informasi dan Dokumentasi Publik secara online lebih tinggi dibanding perempuan (34%)
Kontrol:
Pejabat pengawas kegiatan Pelayanan Keluhan dan Pengaduan Masyarakat, Permohonan Informasi dan Dokumentasi Publik didominasi oleh perempuan
Manfaat:
Meningkatkan aksesibilitas perempuan (66%) dalam menyampaikan Keluhan dan Pengaduan Masyarakat, Permohonan Informasi dan Dokumentasi Publik lebih rendah dibandingkan laki-laki (34%)
1. Masih belum optimalnya SDM yang mengetahui tentang pembangunan responsif Gender 2. Masih belum optimalnya media KIE perihal edukasi Gender 1. Adanya anggapan pencari nafkah utama adalah laki-laki 2. Pekerjaan domestik hanya bisa dikerjakan oleh perempuan Menerima Keluhan dan Pengaduan Masyarakat serta Permohonan Informasi dan Dokumentasi Publik baik laki-laki maupun perempuan 1. Melaksanakan pengadaan cetak Buku Rekapitulasi Keluhan dan Pengaduan Masyarakat, Permohonan Informasi dan Dokumentasi Publik guna bahan evaluasi dan pelaporan 2. Melaksanakan pengadaan penyediaan maps guna mendukung akurasi lokasi untuk layanan Keluhan dan Pengaduan Masyarakat, Permohonan Informasi dan Dokumentasi Publik 1. Adanya kesamaan untuk mendapatkan informasi perihal layanan Keluhan dan Pengaduan Masyarakat, Permohonan Informasi dan Dokumentasi Publik. 618.095 Orang 2. Jumlah masyarakat yang melakukan keluhan dan pengaduan, serta Permohonan Informasi dan Dokumentasi Publik secara offline L: 18 (56%) P: 14 (44%) Jumlah masyarakat yang melakukan keluhan dan pengaduan serta Permohonan Informasi dan Dokumentasi Publik secara online L: 2.038 (65%) P: 1.117 (35%) 3. Meningkatnya aksesibilitas masyarakat dalam menyampaikan Keluhan dan Pengaduan Masyarakat, Permohonan Informasi dan Dokumentasi Publik L: 2.056 (65%) P: 1.131 (35%)
Output:
1. Meningkatkan kesamaan untuk mendapatkan informasi perihal layanan Keluhan dan Pengaduan Masyarakat, Permohonan Informasi dan Dokumentasi Publik. Dari 618.095 orang menjadi 903.413 orang (46%) 2. Masyarakat yang melakukan keluhan dan pengaduan, serta Permohonan Informasi dan Dokumentasi Publik secara offline mengalami penurunan (dikarenakan kondisi pandemi). Laki-laki dari 18 orang menjadi 6 orang (67%) Perempuan dari 14 orang menjadi 4 orang (71%) Meningkatnya Jumlah masyarakat yang melakukan keluhan dan pengaduan serta Permohonan Informasi dan Dokumentasi Publik secara online Laki-laki dari 2.038 orang menjadi 2.376 orang (17%) Perempuan dari 1.117 orang menjadi 1.203 orang (8%)
Outcome:
Terciptanya masyarakat yang transparan dalam menyampaikan Keluhan dan Pengaduan Masyarakat, Permohonan Informasi dan Dokumentasi Publik