GENDER BUDGET STATEMENT (GBS)
Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata

NAMA PERANGKAT DAERAH Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata
UNIT ORGANISASI Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata
TAHUN ANGGARAN 2021
PROGRAM Pemasaran Pariwisata
KEGIATAN Peningkatan Promosi dan Event Wisata
SUB KEGIATAN Fasilitasi Kegiatan Pemasaran Pariwisata Baik Dalam dan Luar Negeri Pariwisata Kabupaten/Kota
TUJUAN SUB KEGIATAN 1. Pengenalan dan promosi potensi pariwisata, seni budaya , serta sejarah Kota Surabaya. 2. Pengembangan pengetahuan untuk sadar wisata, seni budaya dan sejarah Kota Surabaya khususnya bagi generasi muda Surabaya
KODE SUB KEGIATAN -
ANALISIS SITUASI
  1. Data Pembuka wawasan
    • Proyeksi Penduduk Kota Surabaya Tahu 2020 rentang usia 15-24 tahun (data BPS Kota Surabaya) L : 253.103 orang P : 265.182 orang
    • -
    • -
    • -
    • -
  2. Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
    1. Faktor Kesenjangan :
      Akses:
      Jumlah peserta yang mendaftar: L : 58 orang (27,49%) P : 153 orang (72,51%)
      Partisipasi:
      Peserta yang lolos seleksi (sampai tahap akhir): L : 15 orang (50%) P : 15 orang (50%) Peserta yang tidak lolos seleksi (sampai tahap akhir) L : 43 orang (23,76%) P : 138 (76,24%)
      Kontrol:
      Pejabat pengampu yang melakukan pengawasan : Eselon II : L : 0 P : 1 Eselon III: L : 0 P : 1 Eselon IV : L : 0 P :1
      Manfaat:
      Tersedianya SDM Cak dan Ning yang berkompeten untuk mempromosikan potensi pariwisata, seni budaya, serta sejarah Kota Surabaya L : 15 orang (50%) P : 15 orang (50%)
    2. Sebab Kesenjangan Internal :
      Tidak adanya media KIE tentang konsep Gender
    3. Sebab Kesenjangan Eksternal :
      1. Perempuan lebih menyukai mengikuti kontes daripada laki-laki 2. Adanya anggapan di masyarakat bahwa konteks tidak penting untuk laki-laki
CAPAIAN SUB KEGIATAN
  1. Tolak Ukur :
    1. Meningkatnya pemahaman promosi potensi pariwisata, seni budayaserta sejarah Kota Surabaya baik laki-laki maupun perempuan 2. Meningkatnya pengetahuan untuk sadar wisata, seni budaya dan sejarah Kota Surabaya baik laki-laki maupun perempuan
  2. Indikator dan Target Kinerja :
    Output: Meningkatnya jumlah peserta yang mendaftar : Laki-laki dari 58 orang (27,49%) menjadi 68 orang (28,33%) Perempuan dari 153 orang (72,51%) menjadi 172 orang (71,67%)
    Outcome: Tercapaianya SDM Cak dan Ning yang berkompeten untuk mempromosikan potensi pariwisata, seni budaya serta sejarah kota surabaya
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.) 1463582889
RENCANA AKSI
Aktivitas 1 Pemasaran Pariwisata
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS Output:
Meningkatnya jumlah peserta yang mendaftar : Laki-laki dari 58 orang (27,49%) menjadi 68 orang (28,33%) Perempuan dari 153 orang (72,51%) menjadi 172 orang (71,67%)
Outcome:
Tercapaianya SDM Cak dan Ning yang berkompeten untuk mempromosikan potensi pariwisata, seni budaya serta sejarah kota surabaya