GENDER BUDGET STATEMENT (GBS)
Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan

NAMA PERANGKAT DAERAH Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan
UNIT ORGANISASI Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan
TAHUN ANGGARAN 2022
PROGRAM Program Pemberdayaan Usaha Menengah, Usaha Kecil, dan Usaha Mikro (UMKM)
KEGIATAN Pemberdayaan Usaha Mikro yang Dilakukan melalui Pendataan, Kemitraan, Kemudahan Perizinan, Penguatan Kelembagaan dan Koordinasi dengan Para Pemangku Kepentingan
SUB KEGIATAN Pemberdayaan Kelembagaan Potensi dan Pengembangan Usaha Mikro
TUJUAN SUB KEGIATAN 1. Meningkatkan kualitas pengelolaan usaha pedagang di Sentra Wisata Kuliner 2. Mengoptimalkan pemungutan retribusi pemakaian kekayaan daerah
KODE SUB KEGIATAN 2.17.07.2.01.04
ANALISIS SITUASI
  1. Data Pembuka wawasan
    • Jumlah SWK yg dikelola pada tahun 2021 yaitu 48 SWK dengan rincian: 1154 pedagang P: 652 orang L: 502 orang
    • Kegiatan tahun 2021 merupakan kegiatan yang ada di RPJMD 2017-2021
    • Jumlah SWK yg dikelola pada sampai dengan bulan Juli 2022 yaitu 49 SWK dengan rincian: 1.273 pedagang P: 741 orang L: 532 orang
    • Rencana anggaran tahun 2022 akan memfasilitasi sebanyak 10 SWK
    • Jumlah sentra usaha yang pelaku usaha mikronya telah mendapatkan fasilitasi Pelatihan Peningkatan Kualitas Produk pada tahun 2022 sebanyak 4 SWK
  2. Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
    1. Faktor Kesenjangan :
      Akses:
      Pedagang perempuan dan laki-laki memiliki kesempatan yang setara dalam mengakses informasi, intervensi, dan pembinaan yang dilakukan oleh pendamping SWK
      Partisipasi:
      Pedagang yg berpartisipasi dalam kegiatan Pelatihan Peningkatan Cita Rasa Masakan dan Tata Cara Pelayanan, Penataan, dan Penyajian Menu Di SWK pada bulan Juni tahun 2022 sebanyak 4 SWK dengan rincian: Total pedagang: 88 orang P: 53 pedagang L: 35 pedagang
      Kontrol:
      - Tim dari bidang Pemberdayaan Usaha Mikro yang dipimpin oleh Ketua Bidang perempuan - Sub Koordinator Pengembangan Usaha Mikro yang dipimpin oleh laki-laki
      Manfaat:
      Manfaat kegiatan Pelatihan Peningkatan Cita Rasa Masakan dan Tata Cara Pelayanan, Penataan, dan Penyajian Menu Di SWK lebih banyak diperoleh pedagang perempuan dengan rincian: P: 53 pedagang L: 35 pedagang
    2. Sebab Kesenjangan Internal :
      - Belum semua pimpinan responsif gender - Belum semua sarana dan prasarana sepenuhnya mendukung upaya pengurangan gender gap - Budaya organisasi yang masih menganggap bahwa pelaku usaha mikro yang lebih aktif adalah perempuan
    3. Sebab Kesenjangan Eksternal :
      - Masyarakat yang masih awam terhadap pengarustamaan gender - Pedagang lebih didominasi oleh perempuan untuk membantu perekonomian rumah tangga - Sosialisasi terkait pengarustamaan gender belum menyeluruh - Sarana dan prasarana yang kurang memadai - Pedagang SWK yang kurang konsisten dalam berjualan dan tidak bertahan lama berjualan
CAPAIAN SUB KEGIATAN
  1. Tolak Ukur :
    - Meningkatnya pelaku usaha mikro baik laki-laki maupun perempuan responsif gender - Meningkatkan kualitas produk penjualan di SWK yang memperhatikan kebutuhan laki-laki maupun perempuan - Memfasilitasi pedagang SWK binaan dengan pelatihan Pelatihan Peningkatan Kualitas Produk dengan harapan mengurangi gender gap pada pelanggan
  2. Indikator dan Target Kinerja :
    Output: Jumlah sentra usaha yang pelaku usaha mikronya telah mendapatkan fasilitasi Pelatihan Peningkatan Kualitas Produk: 4 SWK SWK Studio yang telah difasilitasi Pelatihan Kreasi Makanan / Minuman Kekinian mampu mengurangi gender gap pada pelanggan dengan rincian sebagai berikut: L: 60% P:40% Sedangkan 6 SWK lain akan difasilitasi Pelatihan Peningkatan Kualitas Produk dengan rincian sebagai berikut: P: 55% L: 45%
    Outcome: Persentase pertumbuhan produktivitas pelaku usaha mikro
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.) 4020810219
RENCANA AKSI
Aktivitas 1 Pemberdayaan Usaha Mikro yang Dilakukan melalui Pendataan, Kemitraan, Kemudahan Perizinan, Penguatan Kelembagaan dan Koordinasi dengan Para Pemangku Kepentingan
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS Output:
Jumlah sentra usaha yang pelaku usaha mikronya telah mendapatkan fasilitasi Pelatihan Peningkatan Kualitas Produk: 4 SWK SWK Studio yang telah difasilitasi Pelatihan Kreasi Makanan / Minuman Kekinian mampu mengurangi gender gap pada pelanggan dengan rincian sebagai berikut: L: 60% P:40% Sedangkan 6 SWK lain akan difasilitasi Pelatihan Peningkatan Kualitas Produk dengan rincian sebagai berikut: P: 55% L: 45%
Outcome:
Persentase pertumbuhan produktivitas pelaku usaha mikro