GENDER BUDGET STATEMENT (GBS)
Kecamatan Bulak

NAMA PERANGKAT DAERAH Kecamatan Bulak
UNIT ORGANISASI Kecamatan Bulak
TAHUN ANGGARAN 2021
PROGRAM Penyelenggaraan Pemerintahan dan Pelayanan Publik
KEGIATAN Pelaksanaan Urusan Pemerintahan dan Pelayanan Publik
SUB KEGIATAN Pelaksanaan Urusan Pemerintahan yang terkait dengan Nonperizinan
TUJUAN SUB KEGIATAN Meningkatkan Kualitas Pelaporan Kinerja Lembaga Kewilayahan
KODE SUB KEGIATAN 2.1.2.01.1.20.20.0931.03.0008
ANALISIS SITUASI
  1. Data Pembuka wawasan
    • Jumlah Warga Kecamatan Bulak L: 22.432 P: 22.545
    • Jumlah Tokoh Masyarakat yang menerima manfaat Operasional pengelolaan Administrasi L: 1.255 P: 167
    • Jumlah Tokoh Masyarakat (LPMK,RW,RT) yang menerima Operasional pengelolaan Administrasi . L: 148 P: 10
    • Pejabat yang pengawasan pada kegiatan tersebut Eselon III L : 1 P : 1 Eselon IV L : 4 P :1
    • Meningkatkan jumlah Tokoh masyarakat (LPMK,RW,RT) yang menerima manfaat Operasional Pengelolaan Administrasi L : 148 P : 10
  2. Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
    1. Faktor Kesenjangan :
      Akses:
      Adanya kesamaan kesempatan menerima informasi tentang Operasional Pengelolaan Administrasi Namun Jumlah Penerima informasi perempuan lebih rendah dari pada laki-laki. Dengan perbandingan Laki-laki (88.26 persen) Prempuan (11.74 persen)
      Partisipasi:
      Proporsi jumlah Tokoh Masyarakat (LPMK,RW,RT) yang menerima Operasional pengelolaan Administrasi lebih banyak laki-laki daripada perempuan dengan presentase laki-laki sebanyak 93,67 persen, perempuan 6,33 persen
      Kontrol:
      Proporsi pejabat yang melakukan pengawasan didominasi laki-laki
      Manfaat:
      Proporsi tokoh masyarakat (LPMK, RW,RT) yang memperbaiki mutu layanan laki-laki 93,67 persen lebih tinggi dari perempuan 6,33 persen
    2. Sebab Kesenjangan Internal :
      - Tidak semua SDM dalam OPD paham tentang konsep Gender atau pembanguna n responsif Gender. - Kurang tersedianya Operasional pengelolaan Administrasi untuk mendukung kesetaraan Gender
    3. Sebab Kesenjangan Eksternal :
      - Adanya persepsi masyarakat bahwa pengelola administrasi pelayanan adalah laki-laki - Adanya anggapan bahwa perempuan belum punya kemampuan pemahaman administrasi pelayanan yang baik
CAPAIAN SUB KEGIATAN
  1. Tolak Ukur :
    Meningkatkan mutu pelayanan Tokoh Masyarakat tentang administrasi kemasyaraka baik laki-laki maupun perempuan
  2. Indikator dan Target Kinerja :
    Output: Meningkatkan akses informasi tentang Operasional pengelolaan Administrasi khususnya bagi tokoh masyarakat perempuan sebesar 6,33 persen (tahun 2020) menjadi 41,33 persen (tahun 2021)
    Outcome: Meningkatnya akses informasi tentang Operasional pengelolaan Administrasi khususnya bagi tokoh masyarakat perempuan sebesar 6,33 persen (tahun 2020) menjadi 41,33 persen(tahun 2021)
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.) 1315311500
RENCANA AKSI
Aktivitas 1 Operasional Pengelolaan Administrasi LPMK, RW, RT
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS Output:
Meningkatkan akses informasi tentang Operasional pengelolaan Administrasi khususnya bagi tokoh masyarakat perempuan sebesar 6,33 persen (tahun 2020) menjadi 41,33 persen (tahun 2021)
Outcome:
Meningkatnya akses informasi tentang Operasional pengelolaan Administrasi khususnya bagi tokoh masyarakat perempuan sebesar 6,33 persen (tahun 2020) menjadi 41,33 persen(tahun 2021)