GENDER BUDGET STATEMENT (GBS)
Kecamatan Tenggilis Mejoyo

NAMA PERANGKAT DAERAH Kecamatan Tenggilis Mejoyo
UNIT ORGANISASI Kecamatan Tenggilis Mejoyo
TAHUN ANGGARAN 2023
PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA DAN KELURAHAN
KEGIATAN Pemberdayaan Lembaga Kemasyarakatan Tingkat Kecamatan
SUB KEGIATAN Fasilitasi Pengembangan Usaha Ekonomi Masyarakat
TUJUAN SUB KEGIATAN Meningkatkan Jumlah frekuensi fasilitasi pengembangan usaha ekonomi masyarakat dan meningkatkan kualitas produksi pemasaran
KODE SUB KEGIATAN Program Pemberdayaan Masyarakat Desa Dan Kelurahan
ANALISIS SITUASI
  1. Data Pembuka wawasan
    • Jenis UMKM yang ada di Kecamatan Tenggilis Mejoyo : 1. UMKM Makanan dan Minuman 2. UMKM Handycraft 3. UMKM Tokel 4. UMKM Produksi tempe
    • Jumlah UMKM yang aktif
    • Fasilitasi Pengurusan NIB yang diadakan di Kecamatan dan Kelurahan
    • Melakukan pembinaan : 1. Pembinaan Pembuatan Produk 2. Pembinaan Pengemasan Produk 3. Pembinaan Pemasaran Produk
    • difasilitasi untuk pemasaran melalui : 1. epeken 2. toko online 3 kerjasama dengan hotel (hampers) dan toko waralaba (indomaret dan alfamart) 4. bazar UMKM dilakukan secara rutin 2 bulan sekali 5. Galery UMKM di Kantor Kecamatan Tenggilis Mejoyo
  2. Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
    1. Faktor Kesenjangan :
      Akses:
      Pelaku usaha mendapatkan akses dari kecamatan
      Partisipasi:
      Tidak semua Pelaku usaha berpartisipasi mengikuti kegiatan yang diadakan dikecamatan
      Kontrol:
      Kelompok UMKM mengikuti pelatihan berdasarkan undangan dari kecamatan dan rekomendasi dari Paguyuban UMKM
      Manfaat:
      Peningkatan ekonomi keluarga bagi pelaku UMKM
    2. Sebab Kesenjangan Internal :
      - Kurangnya sosialisasi dalam pengurusan NIB - SDM yang melaksanakan pendataan masih orang yang sama
    3. Sebab Kesenjangan Eksternal :
      - Kelompok UMKM dalam Paguyuban belum memahami pentingnya NIB - Adanya persepsi dari masyarakat jika kegiatan-kegiatan terkait urusan kesra lebih sesuai jika dilaksanakan perempuan - Kurangnya motivasi bagi UMKM dalam pengembangan usahanya
CAPAIAN SUB KEGIATAN
  1. Tolak Ukur :
    Meningkatkan Jumlah frekuensi fasilitasi pengembangan usaha ekonomi masyarakat dan meningkatkan kualitas produksi pemasaran dengan mempertimbangkan partisipasi masyarakat atau pengusaha
  2. Indikator dan Target Kinerja :
    Output: Jumlah frekuensi fasilitasi pengembangan usaha ekonomi masyarakat
    Outcome: Jumlah Potensi Usaha yang difasilitasi
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.) 21780000
RENCANA AKSI
Aktivitas 1 Pemberdayaan Lembaga Kemasyarakatan Tingkat Kecamatan
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS Output:
Jumlah frekuensi fasilitasi pengembangan usaha ekonomi masyarakat
Outcome:
Jumlah Potensi Usaha yang difasilitasi