GENDER BUDGET STATEMENT (GBS)
Dinas Pendidikan

NAMA PERANGKAT DAERAH Dinas Pendidikan
UNIT ORGANISASI Dinas Pendidikan
TAHUN ANGGARAN 2022
PROGRAM 1.01.02 Program Pengelolaan Pendidikan
KEGIATAN 1.01.02.2.01 Pengelolaan Pendidikan Sekolah Dasar
SUB KEGIATAN 1.01.02.2.01.23 Penyelenggaraan Proses Belajar dan Ujian bagi Peserta Didik
TUJUAN SUB KEGIATAN Memantau pelaksanaan kurikulum melalui kegiatan pembelajaran dan evaluas
KODE SUB KEGIATAN 1.01.02 Program Pengelolaan Pendidikan
ANALISIS SITUASI
  1. Data Pembuka wawasan
    • Jumlah kepala SD/MI: L: 463 (58,39%) P: 330 (41,61%)
    • Akses : Adanya kesamaan akses untuk mengikuti pelatihan penyusunan dokumen kurikulum. L: 463 (58,39%) P: 330 (41,61%)
    • Partisipasi : Jumlah kepala SD/MI yang mengikuti pelatihan penyusunan dokumen kurikulum L: 463 (58,39%) P: 330 (41,61%)
    • Kontrol : Pejabat pengampu kegiatan Eselon II : L : 1 P : 0 Eselon III : L : P : 1 Eselon IV : L : 1 P : 0
    • Manfaat : Jumlah kepala SD/MI yang mendapatkan pelatihan penyusunan dokumen kurikulum sehingga dokumen yang disusun sesuai dengan standar. L: 23.462 (51,43%) P: 22.153 (48,57%)
  2. Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
    1. Faktor Kesenjangan :
      Akses:
      Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan pelatihan penyusunan dokumen kurikulum L: 463 (58,39%) P: 330 (41,61%)
      Partisipasi:
      Proporsi jumlah kepala SD/MI laki-laki lebih besar daripada kepala SD/MI perempuan
      Kontrol:
      Pejabat pengawas subkegiatan Penyelenggaraan Proses Belajar dan Ujian bagi SD didominasi oleh laki-laki.
      Manfaat:
      Penyusunan dokumen kurikum telah sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh Kemendikbudristek
    2. Sebab Kesenjangan Internal :
      1. Masih adanya SDM di PD terkait yang belum memahami konsep gender 2. Belum terciptanya budaya organisasi yang ramah terhadap salah satu gender
    3. Sebab Kesenjangan Eksternal :
      Mayoritas kepala SD/MI adalah laki-laki, karena dianggap lebih mampu menjadi top leader di sekolah.
CAPAIAN SUB KEGIATAN
  1. Tolak Ukur :
    Memantau pelaksanaan kurikulum melalui kegiatan pembelajaran dan evaluasi yang responsive gender
  2. Indikator dan Target Kinerja :
    Output: Jumlah lembaga SD yang dibina dalam Penyelenggar aan Proses Belajar dan Ujian bagi Peserta Didik 650 lembaga
    Outcome: Persentase SD terakreditasi minimal B: 93,24%
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.) 270409910
RENCANA AKSI
Aktivitas 1 1.01.02.2.01 Pengelolaan Pendidikan Sekolah Dasar
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS Output:
Jumlah lembaga SD yang dibina dalam Penyelenggar aan Proses Belajar dan Ujian bagi Peserta Didik 650 lembaga
Outcome:
Persentase SD terakreditasi minimal B: 93,24%