NAMA PERANGKAT DAERAH
|
Dinas Pendidikan |
UNIT ORGANISASI
|
Dinas Pendidikan |
TAHUN ANGGARAN
|
2022 |
PROGRAM
|
1.01.02
Program
Pengelolaan
Pendidikan |
KEGIATAN
|
1.01.02.2.01
Pengelolaan
Pendidikan
Sekolah Dasar |
SUB KEGIATAN
|
1.01.02.2.01.23
Penyelenggaraan
Proses Belajar dan
Ujian bagi Peserta
Didik |
TUJUAN SUB KEGIATAN
|
Memantau
pelaksanaan
kurikulum melalui
kegiatan pembelajaran dan
evaluas |
KODE SUB KEGIATAN
|
1.01.02 Program Pengelolaan Pendidikan |
ANALISIS SITUASI
|
-
Data Pembuka wawasan
- Jumlah kepala SD/MI:
L: 463 (58,39%)
P: 330 (41,61%)
- Akses :
Adanya kesamaan akses
untuk mengikuti pelatihan
penyusunan dokumen
kurikulum.
L: 463 (58,39%)
P: 330 (41,61%)
- Partisipasi :
Jumlah kepala SD/MI
yang mengikuti pelatihan
penyusunan dokumen
kurikulum
L: 463 (58,39%)
P: 330 (41,61%)
- Kontrol :
Pejabat pengampu
kegiatan
Eselon II :
L : 1
P : 0
Eselon III :
L :
P : 1
Eselon IV :
L : 1
P : 0
- Manfaat : Jumlah kepala SD/MI
yang mendapatkan
pelatihan penyusunan
dokumen kurikulum
sehingga dokumen yang
disusun sesuai dengan
standar.
L: 23.462 (51,43%)
P: 22.153 (48,57%)
- Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
- Faktor Kesenjangan :
Akses:
Adanya kesamaan
akses untuk
mendapatkan
pelatihan penyusunan
dokumen kurikulum
L: 463 (58,39%)
P: 330 (41,61%)
Partisipasi:
Proporsi jumlah kepala
SD/MI laki-laki lebih
besar daripada kepala
SD/MI perempuan
Kontrol:
Pejabat pengawas
subkegiatan
Penyelenggaraan
Proses Belajar dan
Ujian bagi
SD didominasi oleh
laki-laki.
Manfaat:
Penyusunan dokumen
kurikum telah sesuai
dengan standar yang
telah ditetapkan oleh
Kemendikbudristek
- Sebab Kesenjangan Internal :
1. Masih
adanya
SDM di PD
terkait yang
belum
memahami
konsep
gender
2. Belum
terciptanya
budaya
organisasi
yang ramah
terhadap
salah satu
gender
- Sebab Kesenjangan Eksternal :
Mayoritas
kepala SD/MI
adalah laki-laki,
karena
dianggap lebih
mampu menjadi
top leader di
sekolah.
|
CAPAIAN SUB KEGIATAN
|
-
Tolak Ukur :
Memantau
pelaksanaan
kurikulum
melalui
kegiatan
pembelajaran
dan evaluasi
yang
responsive
gender
-
Indikator dan Target Kinerja :
Output: Jumlah
lembaga SD
yang dibina
dalam
Penyelenggar
aan Proses
Belajar dan
Ujian bagi
Peserta Didik
650 lembaga
Outcome: Persentase
SD
terakreditasi
minimal B:
93,24%
|
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.)
|
270409910 |
RENCANA AKSI
|
Aktivitas 1 |
1.01.02.2.01 Pengelolaan Pendidikan Sekolah Dasar |
|
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS
|
Output:
Jumlah
lembaga SD
yang dibina
dalam
Penyelenggar
aan Proses
Belajar dan
Ujian bagi
Peserta Didik
650 lembaga
Outcome:
Persentase
SD
terakreditasi
minimal B:
93,24%
|