GENDER BUDGET STATEMENT (GBS)
Dinas Pendidikan

NAMA PERANGKAT DAERAH Dinas Pendidikan
UNIT ORGANISASI Dinas Pendidikan
TAHUN ANGGARAN 2022
PROGRAM 1.01.02 Program Pengelolaan Pendidikan
KEGIATAN 1.01.02.2.01 Pengelolaan Pendidikan Sekolah Dasar
SUB KEGIATAN 1.01.02.2.01.27 Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Sekolah Dasar
TUJUAN SUB KEGIATAN Tersedianya guru (Pendidik) dan Tenaga Kependidikan yang diharapkan dengan kualifikasi dan kemampuannya dapat melaksanakan pekerjaan dengan baik dan berkualitas, sesuai dengan Undang-undang Sisdiknas No 20 tahun 2003
KODE SUB KEGIATAN Program: 1.01.02 Program Pengelolaan Pendidikan
ANALISIS SITUASI
  1. Data Pembuka wawasan
    • Jumlah Guru yang Mendapatkan Penilaian Kinerja jenjang SD L: 2.728 (26%) P: 7.765 (74%)
    • Akses : Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan penilain kinerja jenjang SD L: 2.728 (26%) P: 7.765 (74%
    • Partisipasi : Jumlah Guru yang berpartisipasi mendapatkan Penilaian Kinerja jenjang SD L: 2.728 (26%) P: 7.765 (74%)
    • Kontrol : Pejabat pengampu kegiatan Eselon II : L : 1 P : 0 Eselon III : L : 1 P : 0 Eselon IV : L : 1 P : 0
    • Manfaat : Jumlah Guru yang Mendapatkan Penilaian Kinerja jenjang SD dengan predikat baik L: 2.728 (26%) P: 7.765 (74%)
  2. Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
    1. Faktor Kesenjangan :
      Akses:
      Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan Penilaian Kinerja jenjang SD L: 2.728 (26%) P: 7.765 (74%)
      Partisipasi:
      Proporsi jumlah guru SD perempuan lebih besar daripada lakilaki
      Kontrol:
      Kontrol: Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Sekolah Dasar didominasi oleh perempuan
      Manfaat:
      Manfaat: Tersedianya guru sesuai dengan kualifikasi sesuai dengan UU Nomor 20 tahun 2003.
    2. Sebab Kesenjangan Internal :
      1. Masih adanya SDM di PD terkait yang belum memahami konsep gender 2. Belum terciptanya budaya organisasi yang ramah terhadap salah satu gender
    3. Sebab Kesenjangan Eksternal :
      Pekerjaan guru didominasi oleh perempuan, karen aguru perempuan lebih sabar dalam mendidik anak
CAPAIAN SUB KEGIATAN
  1. Tolak Ukur :
    Memantau pelaksanaan penilaian kinerja guru SD yang responsif gender.
  2. Indikator dan Target Kinerja :
    Output: Output Jumlah Guru yang Mendapatkan Penilaian Kinerja 11.556 orang
    Outcome: Outcome Jumlah Guru yang mendapatkan pengembangan karir 19%
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.) 25059509310
RENCANA AKSI
Aktivitas 1 1.01.02.2.01 Pengelolaan Pendidikan Sekolah Dasar
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS Output:
Output Jumlah Guru yang Mendapatkan Penilaian Kinerja 11.556 orang
Outcome:
Outcome Jumlah Guru yang mendapatkan pengembangan karir 19%