GENDER BUDGET STATEMENT (GBS)
Dinas Pendidikan

NAMA PERANGKAT DAERAH Dinas Pendidikan
UNIT ORGANISASI Dinas Pendidikan
TAHUN ANGGARAN 2022
PROGRAM 1.01.02 Program Pengelolaan Pendidikan
KEGIATAN 1.01.02.2.01 Pengelolaan Pendidikan Sekolah Dasar
SUB KEGIATAN 1.01.02.2.01.28 Pembinaan Kelembagaan dan Manajemen Sekolah
TUJUAN SUB KEGIATAN Meningkatkanya Mutu Kelembagaan dan Managemen Sekolah Dasar
KODE SUB KEGIATAN 1.01.02 Program Pengelolaan Pendidikan
ANALISIS SITUASI
  1. Data Pembuka wawasan
    • Jumlah kepala SD/MI: L: 463 (58,39%) P: 330 (41,61%)
    • Akses : Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan peningkatan dan pemetaan mutu kelembagaan Sekolah Dasar L: 463 (58,39%) P: 330 (41,61%)
    • Partisipasi : Jumlah kepala SD/MI yang mengikuti peningkatan dan pemetaan mutu kelembagaan Sekolah Dasar L: 463 (58,39%) P: 330 (41,61%)
    • Kontrol : Pejabat pengampu kegiatan Eselon II : L : 1 P : 0 Eselon III : L : 0 P : 1 Eselon IV : L : 0 P : 1
    • Manfaat : Agar Lembaga Pendidikan dapat meningkatkan mutunya sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan L: 463 (58,39%) P: 330 (41,61%)
  2. Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
    1. Faktor Kesenjangan :
      Akses:
      Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan peningkatan dan pemetaan mutu kelembagaan Sekolah Dasar L: 463 (58,39%) P: 330 (41,61%)
      Partisipasi:
      Proporsi jumlah kepala SD/MI laki-laki lebih besar daripada kepala SD/MI perempuan
      Kontrol:
      Pejabat pengawas subkegiatan Pembinaan Kelembagaan dan Manajemen Sekolah didominasi oleh perempuan.
      Manfaat:
      Agar Lembaga Pendidikan dapat meningkatkan mutunya sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan
    2. Sebab Kesenjangan Internal :
      1. Masih adanya SDM di PD terkait yang belum memahami konsep gender 2. Belum terciptanya budaya organisasi yang ramah terhadap salah satu gender
    3. Sebab Kesenjangan Eksternal :
      Mayoritas kepala SD/MI adalah laki-laki, karena dianggap lebih mampu menjadi top leader di sekolah.
CAPAIAN SUB KEGIATAN
  1. Tolak Ukur :
    Memantau pelaksanaan Pembinaan Kelembagaan dan Manajemen Sekolah yang responsive gender
  2. Indikator dan Target Kinerja :
    Output: Output Jumlah lembaga yang mendapatkan Peningkatan dan Pemetaan Mutu Kelembagaan Sekolah Dasar 260 lembaga
    Outcome: Outcome Ketepatan waktu pelayanan perizinan bidang pendidikan 100%
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.) 158493231
RENCANA AKSI
Aktivitas 1 1.01.02.2.01 Pengelolaan Pendidikan Sekolah Dasar
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS Output:
Output Jumlah lembaga yang mendapatkan Peningkatan dan Pemetaan Mutu Kelembagaan Sekolah Dasar 260 lembaga
Outcome:
Outcome Ketepatan waktu pelayanan perizinan bidang pendidikan 100%