NAMA PERANGKAT DAERAH
|
Dinas Pendidikan |
UNIT ORGANISASI
|
Dinas Pendidikan |
TAHUN ANGGARAN
|
2022 |
PROGRAM
|
1.01.02
Program
Pengelolaan
Pendidikan |
KEGIATAN
|
1.01.02.2.01
Pengelolaan
Pendidikan
Sekolah Dasar |
SUB KEGIATAN
|
1.01.02.2.01.28
Pembinaan
Kelembagaan dan
Manajemen
Sekolah |
TUJUAN SUB KEGIATAN
|
Meningkatkanya
Mutu
Kelembagaan dan
Managemen Sekolah Dasar |
KODE SUB KEGIATAN
|
1.01.02
Program
Pengelolaan
Pendidikan |
ANALISIS SITUASI
|
-
Data Pembuka wawasan
- Jumlah kepala SD/MI:
L: 463 (58,39%)
P: 330 (41,61%)
- Akses :
Adanya kesamaan
akses untuk
mendapatkan
peningkatan dan
pemetaan mutu
kelembagaan Sekolah
Dasar
L: 463 (58,39%)
P: 330 (41,61%)
- Partisipasi :
Jumlah kepala SD/MI
yang mengikuti
peningkatan dan
pemetaan mutu
kelembagaan Sekolah
Dasar
L: 463 (58,39%)
P: 330 (41,61%)
- Kontrol :
Pejabat pengampu
kegiatan
Eselon II :
L : 1
P : 0
Eselon III :
L : 0
P : 1
Eselon IV :
L : 0
P : 1
- Manfaat :
Agar Lembaga
Pendidikan dapat
meningkatkan mutunya
sesuai dengan Standar
Nasional Pendidikan
L: 463 (58,39%)
P: 330 (41,61%)
- Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
- Faktor Kesenjangan :
Akses:
Adanya kesamaan
akses untuk
mendapatkan
peningkatan dan
pemetaan mutu
kelembagaan Sekolah
Dasar
L: 463 (58,39%)
P: 330 (41,61%)
Partisipasi:
Proporsi jumlah kepala
SD/MI laki-laki lebih
besar daripada kepala
SD/MI perempuan
Kontrol:
Pejabat pengawas
subkegiatan
Pembinaan
Kelembagaan dan
Manajemen Sekolah
didominasi oleh
perempuan.
Manfaat:
Agar Lembaga
Pendidikan dapat
meningkatkan mutunya
sesuai dengan Standar
Nasional Pendidikan
- Sebab Kesenjangan Internal :
1. Masih
adanya
SDM di PD
terkait yang
belum
memahami
konsep
gender
2. Belum
terciptanya
budaya
organisasi
yang ramah
terhadap
salah satu
gender
- Sebab Kesenjangan Eksternal :
Mayoritas
kepala SD/MI
adalah laki-laki,
karena
dianggap lebih
mampu menjadi
top leader di
sekolah.
|
CAPAIAN SUB KEGIATAN
|
-
Tolak Ukur :
Memantau
pelaksanaan
Pembinaan
Kelembagaan
dan
Manajemen
Sekolah
yang
responsive
gender
-
Indikator dan Target Kinerja :
Output: Output
Jumlah lembaga
yang
mendapatkan
Peningkatan
dan Pemetaan
Mutu
Kelembagaan
Sekolah Dasar
260 lembaga
Outcome: Outcome
Ketepatan waktu
pelayanan
perizinan bidang
pendidikan
100%
|
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.)
|
158493231 |
RENCANA AKSI
|
Aktivitas 1 |
1.01.02.2.01 Pengelolaan Pendidikan Sekolah Dasar |
|
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS
|
Output:
Output
Jumlah lembaga
yang
mendapatkan
Peningkatan
dan Pemetaan
Mutu
Kelembagaan
Sekolah Dasar
260 lembaga
Outcome:
Outcome
Ketepatan waktu
pelayanan
perizinan bidang
pendidikan
100%
|