NAMA PERANGKAT DAERAH
|
Dinas Pendidikan |
UNIT ORGANISASI
|
Dinas Pendidikan |
TAHUN ANGGARAN
|
2022 |
PROGRAM
|
1.01.02
Program
Pengelolaan
Pendidikan |
KEGIATAN
|
1.01.02.2.01
Pengelolaan
Pendidikan Sekolah
Dasa |
SUB KEGIATAN
|
1.01.02.2.01.29
Pengelolaan Dana
Bos Sekolah Dasar |
TUJUAN SUB KEGIATAN
|
Agar peserta didik
dapat mendapatkan
layanan pendidikan
tanpa adanya
pungutan |
KODE SUB KEGIATAN
|
1.01.02 Program Pengelolaan Pendidikan |
ANALISIS SITUASI
|
-
Data Pembuka wawasan
- Jumlah siswa
SD/MI:
L: 161.495
(51,53%)
P: 151.923
(48,47%)
- Akses :
Adanya
kesamaan
akses untuk
mendapatkan
pengelolaan
dana bos
sekolah dasar
L: 161.495
(51,53%)
P: 151.923
(48,47%)
- Partisipasi :
Jumlah siswa
SD/MI yang
mendapatkan pengelolaan
dana bos
sekolah dasar
L: 161
.495
(51,53%)
P: 151
.923
(48,47%)
- Kontrol :
Pejabat
pengampu
kegiatan
Eselon II :
L : 1
P : 0
Eselon III :
L :
0
P :
1
Eselon IV :
L :
0
P : 1
- Manfaat :
Jumlah siswa
SD/MI yang
mendapatkan
pengelolaan
dana bos
sekolah dasar
tanpa adanya
pungutan
.
L: 161
.495
(51,53%)
P: 151
.923 (48,47%)
- Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
- Faktor Kesenjangan :
Akses:
Adanya kesamaan
akses untuk
mendapatkan
pengelolaan dana bos
sekolah dasar
L: 161.495 (51,53%)
P: 151.923 (48,47%)
Partisipasi:
Proporsi jumlah siswa
SD/MI laki-laki lebih
besar daripada siswa
SD/MI perempuan
Kontrol:
Pejabat pengawas
subkegiatan
Pengelolaan Dana Bos
Sekolah Dasar
SD didominasi oleh
perempuan.
Manfaat:
Agar peserta didik
dapat mendapatkan
layanan pendidikan
tanpa adanya
pungutan
- Sebab Kesenjangan Internal :
1. Masih
adanya
SDM di PD
terkait yang
belum
memahami
konsep
gender
2. Belum
terciptanya
budaya
organisasi
yang ramah
terhadap
salah satu
gender
- Sebab Kesenjangan Eksternal :
Mayoritas siswa
SD/MI adalah
laki-laki, karena
jumlah
penduduk usia
7-12 tahun
didominasi oleh
laki-laki
|
CAPAIAN SUB KEGIATAN
|
-
Tolak Ukur :
Memantau
pelaksanaan
Pengelolaan
Dana BOS
Sekolah Dasar
dan evaluasi
yang
responsive
gender
-
Indikator dan Target Kinerja :
Output: Jumlah
Lembaga SD
Penerima BOS
285 lembaga
Outcome: Angka
Kelulusan (AL)
SD/MI 100%
|
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.)
|
134279329920 |
RENCANA AKSI
|
Aktivitas 1 |
1.01.02.2.01 Pengelolaan Pendidikan Sekolah Dasar |
|
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS
|
Output:
Jumlah
Lembaga SD
Penerima BOS
285 lembaga
Outcome:
Angka
Kelulusan (AL)
SD/MI 100%
|