GENDER BUDGET STATEMENT (GBS)
Dinas Pendidikan

NAMA PERANGKAT DAERAH Dinas Pendidikan
UNIT ORGANISASI Dinas Pendidikan
TAHUN ANGGARAN 2022
PROGRAM 1.01.02 Program Pengelolaan Pendidikan
KEGIATAN 1.01.02.2.01 Pengelolaan Pendidikan Sekolah Dasa
SUB KEGIATAN 1.01.02.2.01.29 Pengelolaan Dana Bos Sekolah Dasar
TUJUAN SUB KEGIATAN Agar peserta didik dapat mendapatkan layanan pendidikan tanpa adanya pungutan
KODE SUB KEGIATAN 1.01.02 Program Pengelolaan Pendidikan
ANALISIS SITUASI
  1. Data Pembuka wawasan
    • Jumlah siswa SD/MI: L: 161.495 (51,53%) P: 151.923 (48,47%)
    • Akses : Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan pengelolaan dana bos sekolah dasar L: 161.495 (51,53%) P: 151.923 (48,47%)
    • Partisipasi : Jumlah siswa SD/MI yang mendapatkan pengelolaan dana bos sekolah dasar L: 161 .495 (51,53%) P: 151 .923 (48,47%)
    • Kontrol : Pejabat pengampu kegiatan Eselon II : L : 1 P : 0 Eselon III : L : 0 P : 1 Eselon IV : L : 0 P : 1
    • Manfaat : Jumlah siswa SD/MI yang mendapatkan pengelolaan dana bos sekolah dasar tanpa adanya pungutan . L: 161 .495 (51,53%) P: 151 .923 (48,47%)
  2. Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
    1. Faktor Kesenjangan :
      Akses:
      Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan pengelolaan dana bos sekolah dasar L: 161.495 (51,53%) P: 151.923 (48,47%)
      Partisipasi:
      Proporsi jumlah siswa SD/MI laki-laki lebih besar daripada siswa SD/MI perempuan
      Kontrol:
      Pejabat pengawas subkegiatan Pengelolaan Dana Bos Sekolah Dasar SD didominasi oleh perempuan.
      Manfaat:
      Agar peserta didik dapat mendapatkan layanan pendidikan tanpa adanya pungutan
    2. Sebab Kesenjangan Internal :
      1. Masih adanya SDM di PD terkait yang belum memahami konsep gender 2. Belum terciptanya budaya organisasi yang ramah terhadap salah satu gender
    3. Sebab Kesenjangan Eksternal :
      Mayoritas siswa SD/MI adalah laki-laki, karena jumlah penduduk usia 7-12 tahun didominasi oleh laki-laki
CAPAIAN SUB KEGIATAN
  1. Tolak Ukur :
    Memantau pelaksanaan Pengelolaan Dana BOS Sekolah Dasar dan evaluasi yang responsive gender
  2. Indikator dan Target Kinerja :
    Output: Jumlah Lembaga SD Penerima BOS 285 lembaga
    Outcome: Angka Kelulusan (AL) SD/MI 100%
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.) 134279329920
RENCANA AKSI
Aktivitas 1 1.01.02.2.01 Pengelolaan Pendidikan Sekolah Dasar
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS Output:
Jumlah Lembaga SD Penerima BOS 285 lembaga
Outcome:
Angka Kelulusan (AL) SD/MI 100%